TikTok adalah rumah bagi setiap orang yang ingin mencari hiburan, edukasi dan kegembiraan. Untuk menjaga lingkungan ini, kami telah membuat kemajuan penting dalam satu tahun terakhir untuk mengembangkan infrastruktur keamanan dan kenyamanan kami lebih jauh. Pada bulan Januari lalu, kami telah memperbaharui Panduan Komunitas TikTok karena ingin membuat nilai-nilai yang kami miliki lebih jelas di bulan ini, kami memperbaharui panduan tersebut untuk mengilustrasikan bagaimana kami memerhatikan isu yang kompleks, seperti menyakiti diri sendiri dan perundungan yang terus terjadi.

Untuk memperluas hal itu, hub Trust and Safety global meluncurkan fitur keamanan, menginisiasi kerjasama dengan para ahli dalam industri - dan bertujuan untuk menjaga TikTok sebagai rumah untuk keamanan, kreativitas, dan ekspresi yang otentik. Menuju tahun baru ini, kami merefleksikan kembali bagaimana TikTok berkembang dan apa yang kami pelajari di tahun 2020 ini.

Mempromosikan Kebenaran di TikTok

Kami sangat memperhatikan tentang mempromosikan kebenaran dan pembatasan penyebaran misinformasi. Sepanjang tahun ini, kami memperkuat kebijakan secara integritas dan memperkenalkan tambahan opsi pelaporan untuk membantu komunitas kami dalam menandai konten dan akun. Kami juga mengembangkan kerjasama dengan lembaga pengecek fakta untuk menilai keakuratan konten yang terkait dengan Pemilu, COVID-19, vaksin, dan konten lainnya.

Pada saat yang sama, kami membuat investasi yang signifikan dalam edukasi literasi digital untuk membantu pengguna membuat keputusan yang tepat tentang konten yang mereka lihat secara online - Mulai dari seri Amerika Serikat "Be Informed" hingga kampanye #thinkbe4youdo di Singapura dan inisiatif literasi media bersama Lembaga Masyarakat Génération Numérique di Prancis.

Untuk mempertahankan akuntabilitas secara publik, kami telah menandatangani European Union's Code of Practice on Disinformation dan ikrar dalam melawan disinformasi di TikTok untuk mendukung konten dan interaksi yang benar. Kami percaya misinformasi dapat merusak lingkungan berbasis kepercayaan yang merupakan hak dan hal yang diinginkan pengguna, oleh karena itu kami berinvestasi dalam penilaian untuk melawan hal tersebut.

Melanjutkan Komitmen Kami dalam Transparansi

Transparansi adalah suatu hal yang kritikal dalam membangun kepercayaan bersama komunitas kami. Pada tahun ini kami telah meningkatkan infrastruktur keamanan yang dapat menjelaskan mengapa konten dapat dihapus, memudahkan untuk mengajukan banding atas penghapusan konten dan lebih banyak menampilkan detail pada Laporan Transparansi kami.

Merk/Brand merupakan bagian dalam pertumbuhan komunitas TikTok dan kami berdedikasi untuk membantu merek dapat terhubung dengan audiensnya secara aman. Kerjasama dan intergrasi kami bersama OpenSlate, Grup Akuntabilitas Terpercaya di Britania Raya dan Aliansi Global untuk Tanggung Jawab Media yang bertujuan untuk mempromosikan keamanan mereka dan memberikan kami tanggung jawab untuk menghapus konten berbahaya.

Sebagai tambahan, kami membuka Pusat Transparansi dan Akuntabilitas yang pertama untuk menyediakan pembuat kebijakan dan pakar sebagai pihak pertama yang dapat melihat bagaimana cara kami beroperasi, memoderasi dan merekomendasikan konten, dan bekerja untuk menjaga privasi dan keamanan. TikTok bertujuan untuk menjadi pemimpin industri terkait transparansi sampai bagaimana kami bekerja dan menjaga keamanan pengguna dan kami akan terus melakukan penyempurnaan sepanjang perjalanan kami.

Menjaga Keamanan TikTok

Keamanan selalu menjadi prioritas utama dan kami senantiasa menyempurnakan sistem kami untuk melindungi komunitas dan informasi mereka. Selain dedikasi dari tim keamanan global kami juga bekerjasama dengan HackerOne untuk memperluas program pencarian bug yang memungkinkan kami untuk memperkuat sistem pertahanan melalui bantuan penyelidik keamanan global dan para ahli di industri. Dengan semangat tersebut, kami juga secara teratur menyediakan pembaharuan keamanan dan bekerjasama dengan mitra, seperti Center for Digital Society dan Onno Center di Indonesia dalam mempublikasikan white paper mengenai keamanan siber.

Menjaga komunitas kami adalah tugas kompleks yang membutuhkan tindakan dan pengukuran yang terus berkembang. Kami memprioritaskan keamanan karena pengguna berhak untuk memiliki kedamaian saat membuka aplikasi. Tanpa hal tersebut TikTok tidak dapat menjadi rumah bagi ekspresi kreatif.

Memprioritaskan Kesejahteraan Komunitas

Pandemi COVID-19 telah memberikan dampak kepada kita semua dan kami berkomitmen untuk mengambil bagian untuk terus memberikan informasi kepada komunitas kami. Pada awal tahun ini, kami meluncurkan hub sumber virus corona dan kampanye di dalam aplikasi termasuk #HeapsGood di Australia utnuk menyebarkan semangat positif pada masa pandemi ini, #vudieruatay tantangan mencuci tangan untuk mendorong warga Vietnam menerapkan hidup sehat dan #happyathome untuk mengingatkan pengguna diseluruh dunia bahwa kita adalah satu komunitas.

Kesejahteraan meningkatkan kesehatan fisik - kesehatan emosional juga tidak kalah pentingnya. Dalam beberapa tahun, kami terus mencari nasihat dari pakar kesehatan sejalan dengan peningkatan kebijakan inklusif dan komprehensif pada melukai diri sendiri, konten gangguan makan perundungan dan kekerasan. Kami memperkenalkan sumber dukungan emosional berdasarkan bukti yang dapat digunakan seseorang jika mereka sedang berjuang bagi kesejahteraannya.

Pada tahun ini, kami berpartisipasi pada kampanye pencegahan bunuh diri Brazil's Yellow September yang memberikan advokasi untuk meningkatkan akses layanan kesehatan mental. Dalam peringatan Hari Kesehatan Mental Sedunia kami membina percakapan yang menyentuh hati di antara pengguna TikTok tentang pengalaman mereka dengan menghadirkan tagar #MentalHealthMatters di Amerika Serikat dan mengumumkan para kreator yang telah membagikan konten kesejahteraan inspiratif di Britania Raya. Kami berharap dapat membantu menghilangkan stigma mengenai kesehatan mental dengan membuka diskusi dan koneksi sehingga orang yang sedang berjuan tidak merasa sendirian.

Hal ini penting bagi kami bahwa seluruh pengguna di TikTok merasa nyaman dan percaya diri untuk mengekspresikan dirinya. Kami baru-baru ini memperkuat kebijakan terhadap pencegahan perundungan dan akan terus mendengarkan para ahli sebagaimana kami bekerja untuk menjadi lebih baik. Misalnya, kami mengembangkan kampanye, loka karya dan program yang memberikan advokasi dalam warga digital yang baik dan kebaikan daring bersama Asosiaso Orang Tua dan Guru di Amerika Serikat, Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia dan Yayasan NASSCOM di India.

Menunjukan Kepedulian Kami Kepada Pengguna yang Lebih Muda

Di TikTok kamu akan menemukan keberagaman pengguna, mulai dari orang tua/ lansia yang belajar gerakan tarian dari remaja mencari cara kreatif untuk menggambarkan kehidupan sehari-harinya. Kami ingin semua pengguna merasa aman di TikTok terutama untuk pengguna anak muda. TikTok hanya dapat digunakan oleh usia 14+, kami menyadari bahwa pengalaman remaja dapat sangat berbeda dari pengguna yang umurnya lebih tua.

Kami mendedikasikan waktu secara signifikan untuk memahami perjalanan spesial remaja dan anak muda dalam memulai untuk meningkatkan identitas daring mereka. Kami secara teratur berbicara kepada para orang tua dan remaja untuk mempelajari perspektif mereka sehingga kami dapat mengatur pengalaman yang positif di TikTok dengan alat-alat untuk manajemen pengaturan layar, privasi dan komen. Kepedulian kami terhadap remaja adalah usaha yang penting dan kami berkerja keras untuk tetap awas terhadap potensi tindakan berbahaya juga memperbaharui alat-alat, kebijakan dan praktik terkait, contohnya melalui pembaharuan kebijakan terbaru dalam aktivitas berbahaya oleh usia muda.

Kami melanjutkan pekerjaan kami bersama organisasi keamanan anak muda terkemuka seperti National Center for Missing and Exploited Children, the Family Online Safety Institute dan ConnectSafely untuk memprioritaskan keamanan anak muda di TikTok. Berdasarkan saran-saran yang diberikan, kami mengembangkan fitur Family Pairing dan Youth Portal untuk mengedukasi remaja tentang literasi digital dan meningkatkan diskusi mengenai keamanan online untuk keluarga. Berdasarkan penelitian youth-safety pesan langsung dan live streaming tidak tersedia untuk akun yang ter-registrasi di bawah 16 tahun dimana kami bekerja untuk mengurangi potensi pengalaman negatif atau berbahaya di TikTok. TikTok berkomitmen kepada Voluntary Principles to Counter Online Child Exploitation yang merupakan anggota WePROTECT Global Alliance.

Membangun Empati dan Inklusivitas

Keamanan dan insklusi saling bergandeng tangan, kami percaya dalam menjaga sebuah lingkungan yang menyambut semua orang. Kami mengembangkan kebijakan ujaran kebencian untuk lebih menjelaskan skenario dimana kelompok yang kurang terwakili dan mungkin merasa dikucilkan atau dipinggirkan dan untuk melawan ideologi kebencian.

Ini adalah hal yang penting dimana kami mendengarkan perwakilan dari pengguna, belajar dari mereka dan bertindak. Kami menghormati Black History month, perayaan komunitas LGBTQ+ dan kesempatan penting lainnya yang membuka diskusi berarti diantara komunitas. Di Amerika Serikat, kami meluncurkan Creator Diversity Collective bersama pengguna dari berbagai latar belakang yang secara teratur bertemu dengan tim kami untuk berdiskusi dan berbagi ide seputar bagaimana kamimdapat menjadi pusat representasi, keberagaman dan inklusi baik dalam program atau platform kami.

Inklusivitas yang benar berarti membangun sebuah platform yang dapat digunakan dengan mudah dan dinikmati pengguna. Kami masih memiliki pekerjaan di depan, kami mengambil langkah penting dalam membuat platform TikTok lebih aman bagi mereka yang memiliki kepekaan visual. Saat ini kami memberitahu kreator saat mereka membuat video yang mungkin meningkatkan foto sensitif epilepsi dan telah memperkenalkan sebuah fitur yang membuat orang melewatkan konten foto sensitif. Kami juga memperkenalkan opt-in viewing screens di atas video yang mungkin mengandung gambar berbahaya. Kami menambahkan fitur teks menjadi suara yang dapat mengubah teks yang diketik menjadi audio.