Misi TikTok adalah untuk memberikan inspirasi bagi kreativitas serta membawa kebahagiaan. Kami membangun sebuah komunitas global, dimana para pengguna dapat berkreasi dan berbagi secara otentik, menjelajahi dunia di sekitar mereka, dan terhubung dengan seluruh penjuru dunia. Kami juga berkomitmen untuk menjaga komunitas ini agar tetap aman.

Saat ini, kami merilis Panduan Komunitas yang komprehensif dan menyebarkannya secara luas, untuk menjaga lingkungan yang suportif dan bersahabat di TikTok. Pedoman ini mencerminkan filosofi kami, yakni menyediakan sebuah platform untuk mengekspresikan diri secara kreatif, sekaligus menjadi ruang yang aman, beraneka ragam, dan otentik, serta mendefinisikan pedoman perilaku yang umum di platform kami. Kami ingin meyakinkan bahwa para pengguna kami memahami panduan TikTok, termasuk kapan dan mengapa kami menetapkan beberapa batasan mengenai apa yang boleh dan dilarang di dalam aplikasi.

Diperbaharui untuk Transparansi yang lebih Baik

Panduan Komunitas yang telah kami publikasikan saat ini memberikan penjelasan yang lebih lengkap dibanding versi terdahulu. Selama satu tahun terakhir, tim kebijakan global kami telah berkembang, sama seperti yang dialami oleh platform kami, sehingga kami mengkombinasikan pengalaman kami untuk mengembangkan transparansi pada pedoman kami.

Para pengguna akan melihat bahwa kami telah mengelompokkan pelanggaran ke dalam 10 kategori yang berbeda, dimana masing-masing memiliki rasionalisasi dan penjelasan yang menjelaskan jenis perilaku apa yang akan termasuk ke dalam kategori pelanggaran tersebut.

Perubahan ini memberikan kejelasan seputar bagaimana kami mendefinisikan konten berbahaya dan tidak aman sehingga dilarang muncul dalam platform. Menurut kami, penting bagi para pengguna untuk mengetahui alasan di balik keputusan moderasi dan kerangka yang kami gunakan dalam membuat penilaian. Para pengguna akan mulai mendapatkan notifikasi pembaharuan pedoman terhitung sejak hari ini.

Nilai Dasar di balik panduan kami

Meskipun bahasa dan struktur dari Panduan Komunitas kami telah diperbaharui, namun nilai dasar yang membentuknya tidaklah berubah.

TikTok merupakan sebuah platform inklusif yang dibangun atas dasar kebebasan berekspresi yang bertanggungjawab. Kami mendukung para pengguna untuk merayakan hal yang unik dari mereka, bersama dengan sebuah komunitas yang melakukan hal serupa. Komunitas kami sifatnya beragam dan global, dan kami ingin membangun sebuah komunitas yang dapat melakukan interaksi secara alami. Kami percaya bahwa atmosfer yang aman dan suportif dapat mendorong para pengguna merasa nyaman untuk mengekspresikan diri mereka secara terbuka dan membuat kreativitas mereka berkembang.

Panduan global kami adalah landasan bagi tim kebijakan moderasi TikTok di regional maupun di tiap negara untuk melokalisasi dan mengimplementasikannya berdasarkan hukum dan norma yang ada di negara setempat. Tim kami menghapus konten yang melanggar panduan, serta menghentikan atau melarang akun-akun yang terlibat dalam pelanggaran yang berat atau berulang. Dalam kondisi tertentu, kami juga akan melaporkan akun kepada otoritas hukum terkait, demi menjaga keamanan komunitas.

Kami memperbaharui Panduan Komunitas dari waktu ke waktu untuk mengikuti perkembangan perilaku komunitas dan mengatasi risiko yang terjadi di industri yang lebih luas.

Menginspirasi kreativitas dan berikan kebahagiaan di seluruh dunia

Cara lain untuk melihat misi kami adalah: meluangkan waktu di TikTok menjadi hal yang bermanfaat dan menyenangkan. Hal ini bukan berarti konten yang serius atau kontroversial tidak mendapatkan ruang di platform kami; konten apapun, selama tidak melanggar panduan, akan diperbolehkan. Namun tujuan kami adalah menghadirkan sarana bagi para pengguna untuk mengembangkan kreativitas serta menikmati konten yang ekspresif, otentik, menyegarkan, dan terkadang unik, bersama dengan lingkungan komunitas yang suportif.

Kami berkomitmen untuk bersikap terbuka mengenai cara kami mempertahankan ekspektasi pengalaman pengguna, sambil memberikan perlindungan yang layak mereka dapatkan. Ini hanyalah satu langkah yang kami kerjakan secara terus menerus untuk meningkatkan dan memperluas praktik, kebijakan, dan perlindungan, demi menghadirkan sebuah pengalaman yang positif bagi pengguna kami.