Oleh Arjun Narayan Bettadapur Manjunath


Di TikTok, misi kami adalah menginspirasi kreativitas dan membawa kebahagiaan. Kami bangga menjadi platform dimana komunitas di seluruh dunia dapat terhubung, mengekspresikan diri mereka, dan membagi apa yang terjadi di sekitar mereka melalui video.

Beberapa tahun ini, kami melihat bagaimana platform sosial -termasuk TikTok -tumbuh menjadi sumber utama untuk hiburan, ekspresi, dan informasi. Di saat yang sama, kami melihat kekhawatiran yang semakin tinggi tentang risiko informasi yang menyesatkan yang dipropagandakan di ranah daring, baik dalam bentuk informasi medis yang tidak akurat, teori konspirasi, atau bahkan suatu kampanye oleh oknum tertentu atau kampanye untuk mengubah opini publik terhadap sejumlah hal penting. Misinformasi atau disinformasi yang disengaja ini bisa berbahaya, dan itu tidak sesuai dalam usaha kita membangun komunitas berbasis kepercayaan, dimana bisa terjadi interaksi yang otentik.

Kami menyadari tanggungjawab yang kami miliki sebagai platform dan sebagai industri untuk melawan penyebaran informasi yang keliru. Meskipun TikTok bukan aplikasi yang pertama dituju untuk mencari konten berita, pengguna kami menginginkan konten yang otentik, dan kami pun demikian. Oleh karena itulah, kami terus berusaha secara aktif untuk mengidentifikasi misinformasi dan mencegah perilaku yang tidak asli, seperti menginterfensi proses tertentu.

Untuk memperkuat usaha tersebut, kami mengumumkan pembaharuan untuk melawan misinformasi, disinformasi, dan konten lain yang mungkin dirancang untuk menganggu proses dan ketenangan publik:

  1. Kami memperbaharui kebijakan kami tentang konten yang menyesatkan, guna menyediakan kejelasan tentang apa yang boleh dan tidak boleh ada di TikTok.
  2. Kami membangun tim, proses, dan teknologi untuk mengidentifikasi dan, jika diperlukan, menghapus informasi menyesatkan dan salah.
  3. Kami bekerja dengan para ahli tingkat dunia untuk mencegah kampanye yang bertujuan untuk mempengaruhi - yang terkoordinasi di platform kami.


Meningkatkan kebijakan misinformasi kami

Kami telah memperbaharui Panduan Komunitas global kami dengan cakupan topik yang lebih luas tentang informasi yang menyesatkan agar dapat membantu mempertahankan lingkungan yang suportif dan ramah di TikTok. Panduan ini mencerminkan kebijakan yang diperbaharui dan komitmen kami untuk menyediakan platform yang aman untuk ekspresi kreatif dan menjaga komunitas berbasis kepercayaan yang mempromosikan perilaku otentik. Kami ingin memastikan bahwa orang-orang paham panduan ini, kapan dan mengapa kami mengambil tindakan dan konten seperti apa yang tidak diperbolehkan di platform.

  • Kami menambahkan kebijakan yang melarang konten palsu atau manipulatif yang menyesatkan pengguna dengan mengaburkan kebenaran suatu kejadian dalam cara yang dapat menyebabkan bahaya. Tujuan kami adalah untuk melindungi pengguna dari hal-hal seperti kepalsuan, dan karena konten ini tercakup dalam panduan kami sebelumnya, pembaharuan ini akan menjadikan kebijakan kami lebih mudah untuk dipahami pengguna kami.
  • Kami membuat kebijakan tentang kampanye menjadi lebih transparan. Panduan Komunitas telah melarang konten tentang kampanye disinformasi dan penambahan ini memperkuat penolakan kami terhadap perilaku yang palsu: "Jangan terlibat dalam kegiatan palsu yang terkoordinasi (seperti pembuatan akun) untuk memberikan pengaruh dan mengarahkan opini publik terhadap inividu, komunitas, atau publik yang menyesatkan tentang indentitas, lokasi, ataupun tujuan akun tersebut."


Memperbesar tim dan program

Inti permasalahan misinformasi ini adalah keberadaan konten tidak terverifikasi yang beredar di internet, yang mungkin terlihat seperti 'fakta' dan 'berita' di mata masyarakat. Kami memasang sistem untuk memudahkan pengguna melaporkan misinformasi di aplikasi, dan memperbesar tim internal yang bertanggungjawab untuk mendeteksi dan mencegah penyebaran misinformasi serta disinformasi. Kami juga meluncurkan program pengecekan fakta pihak ketiga untuk Indonesia, dengan tim pengecek fakta yang meninjau dan memverifikasi konten yang dilaporkan. Begitu informasi dipastikan salah atau menyesatkan, kami mengambil langkah proaktif untuk menghapus konten, berdasarkan Panduan Komunitas kami. 


Memperdalam kemitraan kami

Selama beberapa bulan ke depan, kami akan terus berkonsultasi dengan para ahli dari berbagai industri, akademisi, dan organisasi publik untuk mencari panduan dalam mengembangkan kebijakan kami. Kami akan berbagi dengan para ahli tentang detail metodologi kami dalam menyusun kebijakan untuk membantu mereka memahami tantangan dan peluangnya. Melalui pemahaman mereka tentang pendekatan kami, mereka akan bisa membantu kami mencari solusi yang lebih baik.

Di saat yang sama, kami menyadari pentingnya mencari solusi yang paling cocok untuk pengguna kami sesuai dengan konteks lokal. Sejalan dengan ini, kami akan terus membuka kolaborasi dengan pelaku dan pembuat peraturan di industri.

Ini hanyalah beberapa langkah awal yang kami ambil untuk melawan penyebaran informasi yang salah dan kampanye yang berusaha mempengaruhi, dan masih akan ada lagi. Kami berusaha keras mengembangkan solusi yang mendukung keaslian, dan berkomitmen untuk membangun platform yang aman dimana komunitas berbasis kepercayaan ini dapat mengekspresikan diri dengan bebas.