Oleh: Kevin Morgan, Head of Product and Process, Europe


Saat kita berada di penghujung tahun yang berat ini, hasil menjanjikan dari percobaan awal vaksin memberikan harapan pada jutaan orang di seluruh dunia.

Melihat kembali ke awal tahun ini, saat terlihat jelas bahwa dunia menghadapi pandemi, kami tahu komunitas kami -seperti semua orang lainnya -punya banyak pertanyaan tentang virus ini. Kami langsung bergerak untuk menyediakan informasi terpercaya untuk komunitas kami, dan sebagai tim keamanan, kami bekerja untuk memastikan kebijakan dan pendekatan moderasi kami bisa berjalan efektif dalam kondisi yang tidak pernah kami bayangkan ini. 

Di bulan Januari, kami memperkenalkan notifikasi di dalam aplikasi saat orang mencari tagar yang berhubungan dengan pandemi, di mana mereka akan melihat link ke situs Organisasi Kesehatan Dunia dan Gugus Tugas COVID-19. Di bukan Februari, kami melanjutkan pekerjaan kami dengan bekerjasama dengan sumber daya terpercaya untuk memperkenalkan hub informasi di dalam aplikasi untuk menyediakan akses ke informasi yang akurat. Sejak Juni, laman ini sudah dikunjungi lebih dari 2 miliar kali secara global.

Ini hanyalah sekilas mengenai pekerjaan tim keamanan kami untuk mewujudkan komitmen menjaga keamanan TikTok untuk ekspresi kreatif selama pandemi. Untuk membaca lebih jauh tentang usaha kami, termasuk bagaimana kami mendonasikan komunitas yang membutuhkan dan mengadakan kampanye #SamaSamadiRumah untuk membuat komunitas TikTok tetap bersemangat dan positif selama pandemi, bisa kunjungi Pusat Keamanan kami. 


Melihat fase selanjutnya

TikTok dirancang untuk menginspirasikan kreativitas dan membawa kebahagiaan. Sayangnya, kami perlu bersikap realistis bahwa akan selalu ada minoritas yang berusaha menggunakan platform ini untuk membagi konten yang melanggar kebijakan. Dari mitra LSM dan para ahli, kami tahu ini penting untuk memastikan bahwa misinformasi yang membahayakan keamanan publik tidak diperbolehkan untuk masuk ke daring. Inilah beberapa hal yang dikerjakan tim kami untuk memastikan TikTok menjadi mitra yang bertanggungjawab saat kita memasuki fase pandemi berikutnya.


Mempromosikan informasi yang otoritatif

Saat debat dan diskusi tentang vaksin COVID-19 meningkat, kami yakin ini penting sekali untuk melanjutkan pekerjaan kami dalam menyediakan akses kepada komunitas kami untuk mendapatkan informasi yang terpercaya. Kami memperbaharui hub informasi di dalam aplikasi agar saat orang mencari informasi tentang vaksin, mereka akan diarahkan ke informasi terpercaya tentang vaksin dari para ahli yang dihormati. Ini akan mulai digulirkan pada 17 Desember.





Selain itu, kami akan segera memperkenalkan tag vaksin baru untuk mendeteksi dan menandakan semua video dengan kata-kata serta tagar yang berhubungan dengan vaksin COVID-19. Kami akan menempelkan banner ke semua video ini dengan pesan "Ketahui lebih jauh tentang vaksin COVID-19". Ini akan mengarahkan pengguna ke sumber informasi yang terverifikasi dan terpercaya. Komunitas TikTok akan mulai melihat tag ini mulai 21 Desember.

Kami juga senang sekali bisa melanjutkan kerjasama dengan Team Halo. Dari Inggris, Afrika Selatan, Brazil, Amerika Serikat, para ilmuwan di seluruh dunia mengunggah video di TikTok, untuk menunjukkan kemajuan yang terjadi mengenai vaksin. Para pahlawan kesehatan ini akan menjawab semua pertanyaan dari publik, dari langkah apa untuk membuat vaksin, hingga bagaimana menguji keamanannya, membantu komunitas TikTok untuk tetap terinformasi. 


Mendukung tim moderasi

Seperti biasa, kami terus mendorong komunitas untuk menjalin obrolan yang saling menghormati tentang hal yang penting bagi mereka, dan untuk itu, kami sudah menetapkan kebijakan yang melarang misinformasi yang dapat membahayakan kesehatan individu atau masyarakat. Ini termasuk mengambil tindakan untuk menghapus misinformasi tentang vaksin.

Tim moderasi kami terus melakukan pekerjaan penting untuk menjaga agar tidak ada konten berbahaya di TikTok. Kami juga menyadari ini adalah tugas yang berat, dan para peninjau ini adalah manusia, yang berarti mereka bisa melakukan kesalahan. Untuk meminimalisir kesalahan tersebut terjadi di saat penting dalam kesehatan masyarakat ini, kami telah mengadakan sesi pelatihan dengan tim moderasi kami.


Bekerjasama dengan para ahli di industri

Sebagai tambahan usaha kami dalam mengidentifikasi dan mengurangi penyebaran misinformasi, kami melanjutkan kerjasama kami dengan organisasi pengecek fakta pihak ketiga, termasuk AFP, Animal Politico, Estadão Verifica,  Facta.news, Lead Stories, Newtral, Politifact, SciVerify & Teyit. Kami juga bekerjasama dengan para ahli untuk memahami jenis tren misinformasi apa yang terjadi di platform. Dengan mengetahui tren konten di luar TikTok, tim kami bisa mengeluarkan panduan ke tim moderasi untuk membantu mereka melihat dan mengambil tindakan untuk konten yang berbahaya.

Kami sangat serius dalam menjalani tanggung jawab kami untuk menjauhkan misinformasi dari TikTok. Tim keamanan kami akan terus memperbaharui dan meningkatkan pendekatan kami, agar TikTok bisa menjadi tempat yang aman untuk ekspresi kreatif semua orang.