Merayakan komunitas global TikTok dan tren populer yang membawa kebahagiaan dan dampak nyata


Tahun 2022, kita hidup, tertawa, dan belajar bersama di TikTok. Komunitas global TikTok saling menghibur dan menginspirasi, serta meningkatkan dan merayakan ekspresi diri dengan menemukan, menciptakan, dan berbagi konten yang menangkap imajinasi bersama.

Tahun ini, TikTok menjadi tempat di mana kita merasakan serunya belajar tips baru untuk jadikan hidup lebih mudah, menjelajah petualangan kuliner, membaca buku kesukaan, menyanyikan lagu yang terus terngiang di kepala, dan masih banyak lagi. Di Indonesia, kita ikut belajar transisi makeup, memasak corn dog, menonton livestream Kak Jill, hingga mengikuti DARARI challenge.


@tiktokofficialindonesia setuju nggak sih, tahun 2022 memang benar-benar #ForYou? 🫶 bestie, ini saatnya rayakan tren, kreator, dan momen yang bikin kita semua makin dekat di #YearonTikTok 2022! #SerunyadiTikTok #TikTokIndonesia ♬ original sound - tiktokIDofficial


"Kami bangga dapat merayakan komunitas global TikTok yang membentuk tren tahun ini, berbagi ide-ide baru, saling belajar satu sama lain, serta mengubah passion mereka menjadi karier dan mata pencaharian di sepanjang tahun 2022. Kami sangat terinspirasi melihat miliaran orang di seluruh dunia terus menunjukkan kreativitas mereka serta bersatu untuk menemukan kebahagiaan dan rasa kebersamaan di TikTok," kata Vanessa Pappas, Chief Operating Officer, TikTok.

Hal serupa juga disampaikan oleh Mahwari Sadewa Jalutama, Head of Operations, TikTok Indonesia. "Kami terus terinspirasi oleh kreativitas tanpa batas yang terus dihadirkan oleh komunitas TikTok, khususnya di Indonesia. Di tahun 2022, semakin banyak pengguna dan kreator yang aktif berbagi di TikTok memanfaatkan fitur serta tools yang ada di TikTok, termasuk pembuatan efek khusus melalui TikTok Effect House hingga TikTok LIVE. Kami senang dapat menjadi bagian dari perjalanan komunitas TikTok di tahun 2022. Terima kasih kepada para kreator, musisi, hingga selebritas yang mewarnai laman For You Page untuk komunitas TikTok di Indonesia tahun ini."

Bergabunglah dengan kami untuk merayakan tren, kreator, dan momen yang tak terlupakan, yang mendekatkan kita semua di tahun 2022, tahun yang benar-benar #ForYou.


Di tahun 2022, konten populer di TikTok menjangkau di laman For You Page banyak orang, termasuk konten tentang hewan peliharaan, vlog sehari-hari, dan komedi lintas budaya serta negara. Di Indonesia, video populer ini memperlihat eksperimen hal baru, mulai dari gaun lipit turun naik, transisi makeup, parkour, perosotan alami di aliran sungai, hingga kolam renang boba. Mari simak video-video yang menjadi momen paling berkesan di tahun ini.

Indonesia

  1. @bobacott - Siapa sangka gaun pleats yang elegan, ternyata bisa menghibur banyak orang?
  1. @jharnabhagwani - Angkat isu sosial melalui video transisi makeup? Memang Jharna jagonya.
  1. @onihoironi - Saat alam menjadi wahana hiburan tersendiri.
  1. @dedebin - Suguhkan atraksi parkour di pusat kota.
  1. @williesalim - Menikmati boba dengan cara lain.


Video dari seluruh dunia

  1. @ox_zung - Sang ahli stitch membagikan trik yang membuat komunitas TikTok terkesima!
  1. @rosalia - Rosalía menunjukkan kepada kita semua cara menjadi slay!
  1. @lav_sings - Memukau komunitas TikTok melalui keterampilan menyanyi ala #DesiTok.
  1. @robertirwin - Ahli konservasi Robert Irwin menyelamatkan bayi kadal berlidah biru di pedalaman Australia.
  1. @thammachad - Kreator ikonik asal Thailand, Thammachad, menerima penghargaan dengan megah!


Di TikTok, kita semua belajar satu hal (atau banyak!) tahun ini, saat komunitas menemukan resep baru, rutinitas kecantikan dan kesehatan terkini, dengan life hacks yang berguna.

Di Indonesia, komunitas saling berbagi tips baru, seperti tips foto untuk kaum non-fotogenik, cara pasang topi renang, buat corn dog untuk jualan, menarik minyak dari kulit ayam, dan roti kopi a la bakery terkenal. Berikut ini adalah beberapa tren dan tutorial populer yang perlu kita ketahui tahun ini.

Indonesia

  1. @mmivia - Solusi untuk kamu yang merasa tidak fotogenik.
  1. @efritaasmr - Ide membuat corn dog untuk jualan.
  1. @timotiusmul - Siapa sangka kalau pakai topi renang ternyata semudah itu loh!
  1. @resep_debm - Buat minyak sendiri dari kulit ayam.
  1. @negelsgt - Resep roti kopi a la toko roti terkenal.


Video dari seluruh dunia

  1. @efritaasmr - Ada yang mau corn dog?
  1. @oursignedworld -Seorang anak perempuan belajar cara mendapatkan perhatian sang ayah yang tuli berhasil menghangatkan hati komunitas TikTok.
  1. @shinanova - Pelajari cara berkomunikasi melalui ekspresi wajah Inuit bersama Shina dan ibunya Kayuula.
  1. @satisfcapybaraying_pottery -Cara memasukkan Capybara ke mug keramik.
  1. @mirendarosenberg - Lady Tallow memicu tren #TallowTok!


Dari irama baru hingga lagu klasik yang muncul kembali, lagu-lagu di For You Page ingin terus kita putar kembali. Tahun 2022, lagu-lagu populer di TikTok datang dari musisi papan atas, naik daun, ataupun pendatang baru, melintasi berbagai genre seperti keberagaman komunitas kita. Di Indonesia, dari lagu anak kecil, K-pop, hingga lagu patah hati menjadi soundtrack bersama. Berikut ini adalah lagu-lagu yang trending tahun ini

Indonesia

  1. "Full Senyum Sayang" - Evan Loss
  1. "Tiba-Tiba" (Speed Up) - Queen Salman
  1. "CASABLANCA" - Nuha Bahrin & Naufal Azrin
  1. "Dino Song" - @mr.popolo
  1. "I Love Mama Mantu" - Bulan Sutena


Lagu dari seluruh dunia

  1. "Ginseng Strip 2002" - Yung Lean
  1. "Sunroof" - Nicky Youre & dazy
  1. "Wait a Minute" - WILLOW
  1. "Beat Automotivo Tan Tan Tan Viral" - WZ Beat
  1. "Cool for the Summer" - Demi Lovato
  1. "Jiggle Jiggle" - Duke & Jones & Louis Theroux
  1. "Me Porto Bonito" - Bad Bunny & Chencho Corleone
  1. "About Damn Time" - Lizzo
  1. "L$d" - Luclover
  1. "Una Noche En Medellín" - Cris Mj

Kreator adalah detak jantung TikTok, mendorong budaya dan kreasi konten yang inovatif. Tahun 2022, kami melihat kreator di seluruh dunia menghibur dan terhubung dengan komunitas, selagi memulai karir mereka di luar dan di dalam TikTok. Di Indonesia, ada selebriti hingga kreator yang berhasil menghibur dan menginspirasi kita dengan konten khasnya. Berikut ini adalah kreator, selebriti dan artis yang trending dan memberikan dampak positif, serta mendapat kepopuleran baru di TikTok tahun ini.

Indonesia

  1. @fujiiian - Tampilkan diri apa adanya, lengkap dengan kehatangan keluarganya, Fuji pun menjadi idola baru komunitas TikTok.
  1. @iben_ma - Mengawali karier di bidang hukum, Iben kerap melontarkan pertanyaan tentang isu sosial kepada masyarakat di sekitarnya, dengan cara seru dan menghibur khas TikTok.
  1. @williesalim - Sharing is caring, dan Willie berhasil mewujudkan aksi ini dengan cara unik.
  1. @vilmeijuga - "DOR DOR", dengan ciri khas tersendiri, Vilmei memikat komunitas TikTok dengan ide kreatif tanpa batas.
  1. @mieayamdebstt - Una menentukan standar keseruan challenge di TikTok dengan konten-konten kreatifnya.


Video dari seluruh dunia

  1. @badbunny - Di antara artis populer tahun ini di TikTok, artis asal Puerto Rico, El Conejo Malo membuat penggemar bersemangat dengan melibatkan mereka untuk berbagi momen spesial sebelum perilisan lagu terbarunya.
  1. @luvadepedreiro -Dengan kemampuan juggling yang luar biasa, selebrasi gol yang seru, serta slogan khas kemenangan "receba!" (menerima), rasa cinta kreator sepakbola asal Brasil, Luva de Pedreiro, pada sepakbola ini sangatlah menular.
  1. @bayashi.tiktok - Chef asal Jepang, Bayashi, yang baru-baru ini masuk ke dalam kategori Foodies di The Discover List 2022, memenangkan hati (dan perut!) komunitas global TikTok dengan video memasaknya yang disajikan secara cepat dan imersif.
  1. @dylanmulvaney - Dylan, seorang aktris transpuan dan kreator yang masuk dalam jajaran kreator Changemakers dalam The Discover List 2022, berharap dapat menginspirasi semua orang melalui cerita perjalanannya sebagai seorang transpuan.
  1. @astrosamantha - #SpaceTok membuka dimensi baru, berkat Astronot dari Badan Antariksa Eropa, Samantha Cristoforetti, yang membawa komunitas TikTok dalam petualangan baru.


Tahun ini, kita terus mendobrak batasan ekspresi diri yang autentik di TikTok melalui beragam efek kreatif, suara, filter, dan masih banyak lagi, yang berasal dari komunitas. Di Indonesia, dance challenge DARARI yang diciptakan kreator Aida Fitri menjadi populer lintas negara dan membawanya masuk ke dalam TikTok Discover List 2022. Ini adalah tren-tren di TikTok yang bisa terwujud berkat fitur-fitur kami, dan juga kreativitas kalian, para komunitas TikTok, di tahun 2022.

Indonesia

  1. Begini Batem.
  1. DARARI dance challenge.
  1. HOLA transisi.
  1. Filter transisi kuda.
  1. Bukan Main Main dance challenge.


Video dari seluruh dunia

  1. It's Corn!.
  1. Jiggle Jiggle.
  1. Renaissance Eyes.
  1. Horace.
  1. Waves.

TikTok merupakan taman bermain bagi artis untuk terus mendorong trend ke barisan depan budaya, sekaligus menginspirasi kita dengan kreativitas tanpa batas mereka di tahun ini. Di Indonesia, sejumlah artis dari berbagai profesi dan latar belakang berhasil menarik perhatian komunitas TikTok melalui keseruan video mereka. Berikut ini adalah para artis yang mencuri telinga, dan mata, komunitas TikTok dengan views terbanyak sepanjang tahun 2022.

Indonesia

  1. @attahalilintar.
  1. @aureliehermansyahatta.
  1. @initiaraandini.
  1. @putridelinaaa.
  1. @sarwendah.


Di tahun 2022, TikTok terus menyatukan orang-orang dari seluruh dunia melalui minat dan rasa penasaran yang sama. Apa pun yang membuatmu tertarik, baik itu #FarmTok, #MovieTok, atau #CareerTok, kamu bisa menemukan komunitasmu dan menjalin koneksi yang autentik di TikTok. Di Indonesia, kelompok orang dengan satu misi yang sama, kegemaran yang serupa, dan semangat yang seirama menularkan keseruan yang merata di TikTok. Berikut ini adalah beberapa komunitas favorit tahun ini.

Indonesia

  1. Pandawara Group - Sekelompok pemuda yang giat menyuarakan topik penanganan sampah dan turun tangan langsung untuk aksi membersihkan sampah.
  1. Firman Ambyar - Kelompok pecinta tari yang menggabungkan berbagai inspirasi tari, baik tradisional maupun modern.
  1. Thomas Asril - Thomas adalah salah satu kreator pertama di TikTok Effect House Indonesia dan giat memberikan tips untuk membuat efek khusus di TikTok.
  1. Ba Lomba - Kelompok anak muda yang membangkitkan kembali keseruan lomba melalui konten video singkat.
  1. Agung Rizki - Sebagai difabel, Agung Rizki tidak patah semangat untuk mewujudkan impiannya menjadi pemain sepakbola.


Dari mata turun ke perut. Tahun ini, penggemar kuliner dari seluruh dunia tetap menemukan rumahnya di TikTok, berbagi tips masak favorit mereka, petuangan kuliner, dan kudapan lezat. Di tahun 2022, TikTok terus menyatukan orang dari seluruh dunia dengan ketertarikan dan rasa penasaran yang sama. Inilah beberapa video kuliner terkenal yang terus membuat kita tergiur.

Indonesia

  1. Kue Pecahan Kaca - Memanfaatkan lapisan gula untuk menjadi "pecahan kaca" di kue tart.
  1. Kimchi Rumahan - Anti beli, ini resep membuat kimchi di rumah.
  1. Ayam crispy a la Restoran - Resep anti ribet untuk buat ayam goreng super crispy.
  1. Pancake Souffle - Jajanan pancake pinggir jalan yang mewah.
  1. Bento Box Halloween - Rayakan Halloween dengan bekal menggemaskan.


Kategori ini menyoroti para kreator lokal yang memberikan dampak kepada komunitas TikTok melalui latar belakang dan upaya mereka. Para kreator ini dipilih karena pengaruh positif dan kepribadian mereka yang dapat menginspirasi dan mengedukasi masyarakat Indonesia lewat sajian konten mereka.

  1. @jill_shine2 - Kak Jill menjadi kakak kita semua untuk urusan tirai di rumah.
  1. @alif_cepmek - Alif sukses buat ucapan "Kamu nanyea?" terngiang-ngiang di kepala kita semua.
  1. @pandawaragroup - Kelompok yang selalu mengingatkan kita untuk jaga kebersihan dan buang sampah pada tempatnya.
  1. @mzojol - Semangatnya dalam bekerja, berhasil menginspirasi kita semua.
  1. @bonge_saputra - Sang pelopor yang mendemokratisasi fashion lewat Citayam Fashion Week.


Rayakan Year on TikTok 2022 bersama kami

Mulai tanggal 7 Desember hingga 16 Desember 2022, komunitas TikTok dapat berbagi cerita dan kenangan mereka di tahun 2022 di TikTok melalui tagar #YearOnTikTok di laman khusus. Selain itu, untuk menutup tahun ini secara berkesan di TikTok, pengguna dan komunitas dapat merayakan akhir tahun ala TikTok menggunakan berbagai efek spesial akhir tahun karya para kreator Effect House di TikTok yang tersedia mulai dari 5 Desember hingga 6 Januari 2023.

Ingin tahu lebih banyak tentang apa yang menjadikan tahun 2022 benar-benar #ForYou? Temukan tren, kreator, dan momen tak terlupakan tahun ini melalui laman di dalam aplikasi atau unduh press kit kami.


###


Year on TikTok 2022 berdasarkan riset internal dan analisis tren yang dilakukan mulai dari Januari hingga Oktober 2022.

Bergabung dengan komunitas global di TikTok dengan mengunduh aplikasi secara gratis melalui Apple App Store atau Google Play.