Komunitas global TikTok mewakili setiap aspek budaya dan tren yang ada di TikTok - mulai dari hiburan, makanan, fesyen, seni, dan masih banyak lagi. Kreator TikTok juga terus menjadi penggerak di balik tren yang bermunculan dan inovasi kreasi konten di TikTok.

Hari ini, kami sangat senang dapat mengumumkan The Discover List 2022, daftar tahunan kedua (dan hadir untuk pertama kalinya secara global) dari TikTok. Daftar ini merayakan 50 kreator luar biasa dari seluruh dunia yang telah membawa dampak positif, baik di dalam maupun di luar TikTok. Seperti daftar kreator pada tahun 2021 lalu, pencipta tren tahun ini dibagi dalam lima kategori, antara lain Changemakers, Icons, Innovators, Foodies, dan Originators.

Para kreator yang berhasil masuk ke dalam The Discover List terus membangun komunitas TikTok di seluruh dunia dan bersama-sama merayakan kreativitas, discovery, dan ekspresi diri secara autentik. Mereka terus menghibur, mengangkat topik-topik penting, mengedukasi hingga menginspirasi komunitas TikTok di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Baik saat mendukung komunitas TikTok untuk mempelajari hal baru, menantang mereka untuk mencoba resep yang sedang tren, atau menginspirasi mereka untuk bergabung dengan gerakan yang mendorong perubahan positif, para kreator ini berhasil memberikan pengaruh positif terhadap budaya dan masyarakat saat ini.

@tiktokofficialindonesia yuk kenalan sama TikTok kreator yang menjadi Changemaker, Foodies, Icons, Innovators dan Originators yang ada di #TheDiscoverList ♬ original sound - tiktokIDofficial

Berikut adalah kreator-kreator di dalam "The Discover List 2022" yang telah menginspirasi masyarakat global dengan konten mereka yang menghibur dan orisinal. Ingin tahu lebih lanjut tentang cerita dari setiap kreator dalam daftar ini? Simak ulasan lengkapnya dalam The Discover List 2022 Lookbook!

Changemakers

Para kreator "Changemakers" atau Pembawa Perubahan berani berbicara dan bersuara, melakukan advokasi untuk orang lain, dan teguh terhadap prinsipnya. Mereka mengajarkan kita hal baru, mulai dari memberikan edukasi kepada pengikutnya, mendorong perubahan, hingga berbagi kisah tentang budayanya masing-masing. Para kreator ini terus mendorong diri mereka sendiri dan orang lain setiap hari untuk mempelajari sesuatu yang baru dan berbuat lebih baik bagi dunia.

  • @iben_ma, Iben MA (Tangerang, Indonesia)
  • @lima, Osito Lima (Lima, Peru)
  • @mndiaye_97, Mamadou Ndiaye (New Jersey, Amerika Serikat)


Foodies

Para kreator dalam kategori "Foodies" adalah mereka yang berhasil 'membumbui' laman For You dari pengguna TikTok. Tidak hanya menciptakan resep baru, namum mereka juga mengajarkan komunitas TikTok proses untuk membuat makanan lezat tersebut, langkah demi langkah. Para "Foodies" tidak hanya menciptakan hidangan yang lezat, namun mereka merancang mahakarya. Satu kesamaan yang dimiliki oleh para kreator ini adalah cara mereka menyajikan suatu masakan dengan sentuhan kreatif - yang membuat makanan maupun konten terasa sedap untuk dinikmati oleh pengguna TikTok!

  • @abir.sag, Abir El Saghir (Bekaa Barat, Lebanon)
  • @sxmplyNi, Nigel Kabvina (Manchester, Britania Raya)


Icons

Kreator ini dapat diibaratkan sebagai sebuah momen kunci di TikTok. Para ikon ini memimpin tren dan biasa dikenal di setiap laman For You. Mereka mengukir sebuah jalan bagi kreator lain di mana pun mereka berada, baik di dalam maupun luar TikTok. Para kreator ini tidak hanya menghidupkan suatu tren di TikTok tetapi juga terus menginspirasi orang lain untuk melakukan hal yang sama.

  • @fannita, Fannita Leggett (California, Amerika Serikat)
  • @ox_zung, WonJeong (Seoul, Korea Selatan)


Innovators

Para kreator dalam kategori "Innovators" membawa sentuhan unik yang menjelaskan makna sebagai seorang kreator. Mereka adalah pelopor di kategori konten yang digeluti dan memiliki sudut pandang yang segar dalam segala hal yang mereka lakukan. Mereka terus mendorong batasan kreatif baik melalui efek, format bercerita, atau melalui transformasi artistik. Mereka juga tidak takut untuk terus bereksperimen dan mencoba hal baru guna menginspirasi jutaan orang melalui kreasi mereka.


Originators

Kategori "Originators" merupakan kreator pencipta tren yang digemari oleh komunitas TikTok, mulai dari tren tarian, sounds, estetika, dan tren lainnya. Tidak hanya menjadi pelopor dari suatu tren, para kreator Originator juga menjadi bagian langsung dari tren tersebut. Para 'Originators' tahu hal yang menggerakan komunitas dan mereka akan terus membuat ragam konten ikonik yang secara khusus disajikan #UntukAnda (#ForYou).

  • @aidafi3, Aida Fitri (Banda Aceh, Indonesia)
  • @arri.arii, Ariana Taylor (New York, Amerika Serikat)
  • @icymahree, Amahree Carwise (South Carolina, Amerika Serikat)
  • @poppycooks, Poppy O’Toole (Birmingham, Britania Raya)


Memberikan dampak, baik di dalam maupun di luar TikTok

Ini baru merupakan awal perjalanan dari kumpulan kreator terbaik yang tergabung di dalam 'The Discover List'. Baik untuk mengguncang industri kuliner, memelopori perubahan, maupun mendefinisikan ulang makna sebagai seorang Changemaker, Foodie, Innovator, Icon, dan Originator. Mereka terus mendorong tren dan budaya, hingga mentrasformasi hiburan digital secara berkelanjutan. Kami tidak sabar untuk melihat langkah selanjutnya dari para kreator ini di masa mendatang.

TikTok merupakan tempat yang unik berkat komunitas kami yang luar biasa. Proses seleksi para kreator yang masuk ke dalam The Discover List 2022 juga merupakan hasil pilihan komunitas TikTok. Para kreator terpilih dinominasikan oleh tim komunitas global TikTok. Kami kemudian mengevaluasi kreator mana saja yang telah memberikan dampak signifikan di dalam TikTok, memulai tren, maupun diskusi yang berarti dalam satu tahun terakhir. Pengukuran ini termasuk (namun tidak terbatas pada) kreasi video, jumlah views, pertumbuhan akun, jumlah likes, interaksi bersama pengikutnya, serta konten dan kreator yang memicu diskusi di dalam dan di luar TikTok.

Kredit foto untuk semua foto kreator dalam Discover List 2022: TikTok/Angella Choe @angellachoe