Kompilasi di akhir tahun untuk merayakan tren, kreator, serta momen berkesan dari komunitas TikTok

Jakarta, 7 Desember 2021 - TikTok, platform terdepan untuk destinasi video singkat, mengumumkan tren seputar kreativitas dan referensi video singkat di sepanjang tahun 2021 melalui "Year on TikTok 2021". Di dalamnya terdapat rangkuman kreator, efek, kategori video, hashtag challenge, selebriti, hingga musik terfavorit yang telah memperkaya video-video inspiratif di TikTok, sehingga memberikan kebahagiaan di sepanjang tahun ini.

"Year on TikTok 2021" menunjukkan bahwa TikTok menjadi tempat dimana tren dimulai dan kreativitas diekspresikan tanpa batasan. Video meme serial "Squid Games" dari akun @punyaibenk yang menjadi FYP favorit, resep acar bawang dan terong crispy yang menggemparkan dunia kuliner rumahan, kreator Sisca Kohl dengan tagline "Mari kita coba~" yang menghadirkan konten eksperimen makanan, hingga lagu "To the Bone" dari Pamungkas yang mengisi momen galau, menjadi gambaran keberagaman tren yang menghibur di TikTok tahun ini. Komunitas TikTok yang kini lebih dari 1 miliar di seluruh dunia ini juga senang membagikan rekomendasi produk dan menjadi wadah yang tepat untuk mendukung berkembangnya produk lokal.

Tren video TikTok yang tergambar di "Year on TikTok 2021" ini menunjukkan bahwa konsistensi dan semangat kreator dalam menciptakan konten, berhasil memberikan ragam hiburan dan inspirasi pada komunitas TikTok secara keseluruhan. Hal senada diungkapkan oleh Enda Nasution, Digital Activist dan Social Media Advocate, dimana video-video dari kreator konten ini telah memperluas referensi penikmat video, sehingga mereka bisa menemukan dan menyukai topik-topik baru yang selama ini mungkin tidak mereka lirik.

"Dengan semakin banyak dan beragamnya konten yang ada di platform digital, ke depannya, kreator akan didorong untuk tidak hanya menghasilkan konten yang positif, tetapi juga memiliki nilai ekonomi, atau bisa disebut konten produktif. Di sini, kreator dan juga platform digital akan lebih mengeksplorasi berbagai jenis konten dan kolaborasi, termasuk dengan brand, yang akan menjadikan dunia konten digital di tahun mendatang lebih menarik lagi," ungkap Enda Nasution.

Di tahun 2021, TikTok telah menghadirkan berbagai fitur dan inisiatif untuk mendukung para kreator semakin produktif. Salah satunya adalah TikTok LIVE, yang telah menjadi kanal bagi semua pengguna, termasuk kreator, brand, UKM, pecinta game, hingga pemain di industri fesyen, bisa saling berinteraksi dan terhubung lewat fitur livestream. Selain itu, TikTok juga memperpanjang waktu durasi video sehingga pengguna bisa semakin leluasa mengeksplorasi kreativitas mereka melalui konten video. Hadirnya tambahan fitur dan layanan ini merupakan komitmen TikTok untuk siapa saja tetap produktif dalam berkarya, menjalani bisnis, hingga mempelajari hal yang baru di TikTok.

"Bagaimana para kreator bisa tumbuh dan saling menghibur untuk memberikan inspirasi telah menjadi highlight dalam "Year on TikTok 2021". Di Indonesia, kita melihat bagaimana tren bermula dan menyebar di laman For You. Kami senang sekali melihat bagaimana komunitas TikTok menghadapi tahun penuh perubahan ini, dan kami tidak sabar untuk melihat lebih banyak momen yang luar biasa dalam perjalanan bersama kreator ke depannya," ungkap Angga Anugrah Putra, Head of Operations TikTok Indonesia.

Pengguna TikTok juga bisa merayakan "Year on TikTok" versi mereka melalui Ask on TikTok. Fitur yang spesial diluncurkan di akhir tahun ini bisa digunakan untuk mengekspresikan momen paling berkesan di sepanjang 2021, dengan berbagai pertanyaan menarik seputar tahun 2021 seperti "Apa yang menjadi highlight tahun 2021 kamu?", "Momen apa yang paling membahagiakan di tahun 2021?", dan sekitar 100 pertanyaan seru lainnya . Pengguna bisa menggunakan video yang sudah ada atau merekam video baru untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Berikut ini cuplikan video rangkuman "Year on TikTok 2021: Indonesia"

@tiktokofficialindonesia

Makasih ya, kamu udah jadi bagian dari #YearOnTikTok! 🥰 
Yuk rayakan tren, kreator, & momen yang bikin 2021-mu makin berkesan! 🙌✨

♬ original sound - tiktokIDofficial

Dan berikut ini daftar lengkap video favorit yang membuat kita tersenyum di tahun 2021.

Daftar "Year on TikTok 2021" Video

Hari ini, kita merayakan semua tren, momen, dan pergerakan yang menjadikan 2021 sebuah tahun yang unik di TikTok.

FYFaves

Tahun ini, laman For You feeds menyajikan ragam konten video populer dari berbagai kategori, seperti komedi, edukasi, dan entertainment. Saksikan video yang menangkap momen-momen tak terlupakan tahun ini.

  1. @bobocu.id - Simple dimple bobocu
  2. @ariwibowo332 - Tutorial sinematik
  3. @punyaibenk - Squid game
  4. @ohsumday - Revolusi bahasa Indonesia
  5. @fikrifff - Parkour
  6. @marcelldegen - Baru kenal
  7. @idoelll - Lalisa lokal
  8. @emilmario69 - Kurir pengirim paket
  9. @farhanzubedi - Curhat
  10. @mahardikayusuff - Filter yang buat tertawa

Powered by Joy

Kreator TikTok berhasil menghibur komunitas global dengan kreativitas yang tak terduga. Satu hal yang pasti, komunitas kami membawa kebahagiaan melalui kategori konten populer seperti komedi, sketsa, dan keluarga. Nikmati video yang telah memberikan senyum di wajah kita tahun ini.

  1. @doramicin - Masa kecil bahagia
  2. @rey.sitohangz33 - Bom waktu
  3. @yogaarizona - Apa salahku?
  4. @Melkibajaj - Cuma harus lebih percaya diri aja kok!
  5. @junkyooo - Langit, bisakah kau turunkan petunjuk?
  6. @iggydzu - Hujan pagi bikin ngantuk, tapi tidak berlaku untuk dia
  7. @puputkuki - Dosa jika istri tidak patuh terhadap suami
  8. @caesarmario - Trauma BTS Meal
  9. @caprisoenn - Suami ikut hamil
  10. @ibnuwardani - Habislah sudah

The Playlist

Pada tahun 2021, jajaran musisi kelas dunia, pendatang baru, hingga breakthrough artist berhasil menambah warna dan keseruan untuk berbagai video TikTok. Variasi genre pop, hip-hop, rap, hingga elektronik dan dance, berhasil membuat pengguna TikTok untuk mendengarkan lagu TikTok lagi dan lagi. Berikut adalah beberapa lagu dan sound favorit komunitas kami tahun ini.

  1. "Panik ga" - Ragil
  2. "Oh no" - Kreepa
  3. "Beggin'" - Måneskin
  4. "To the Bone" - Pamungkas
  5. "All I Want" - Olivia Rodrigo
  6. "Stay" - The Kid LAROI & Justin Bieber
  7. "Yamet Kudasi" - Dewi ismah
  8. "Mungkin Hari Ini" - Anneth
  9. "Into the Thick of It" - The Backyardigans
  10. "Simple Dimple" - Rixvni

Breakthrough Stars

Kreator adalah detak jantung bagi TikTok, kekompakan kreator membawa komunitas TikTok terus tumbuh dan berkembang. TikTok melihat begitu banyak kreator untuk saling menghibur dan terhubung. Komunitas kreator teknologi, edukasi, fashion, dan motivasi berhasil membuat terobosan baru melalui ragam konten kreatif. Berikut adalah kreator, selebriti, dan figur publik yang mencuri perhatian pengguna di tahun 2021.

  1. @siscakohl - Sisca Kohl
  2. @geraldvincentt - Gerald Vincent
  3. @adi.syahreza - Adi Syahreza
  4. @tamaradai_ - Tamara Dai
  5. @bobocu.id - Bobucu
  6. @amritsaraje - Amritsa Raje
  7. @baimwong - Baim Wong
  8. @davsurj - Dav Surj
  9. @raffi_nagita - Raffi & Nagita
  10. @bulansutena - Bulan Sutena

Only on TikTok

Tidak ada batas kreativitas di TikTok, komunitas kami terus menciptakan cara baru untuk membuat konten yang menghibur dengan memanfaatkan tools aplikasi TikTok seperti filter dan effect. Berbagai hashtag challenge yang digulirkan tahun ini pun menjadi bukti dari kreativitas komunitas yang hanya ada di TikTok. Berikut adalah hashtag challenge yang paling ramai diikuti di tahun 2021.

  1. Biasalah - @fauzicahya
  2. Albumcover - @titi_kamall
  3. KulinerTikTok - @dimsthemeatguy
  4. BerjuangBerkreasi - @tiktokofficialindonesia
  5. MenuViral - @kulinersamacici
  6. TikTokTainment - @mariariellaa
  7. KaryaSeniku - @widiarista_s
  8. YukCariTau - @tiktokofficialindonesia
  9. ViraldiTikTok - @andikebba99
  10. ComedyWeek - @dhirenvatvani2

#SamaSamaBelajar Creators

TikTok terus menjadi ruang aman untuk menyuarakan berbagai topik edukasi, mulai dari tips teknologi, kesehatan mental, hingga motivasi untuk karir. Kreator serta komunitas saling memberikan dukungan melalui TikTok. Cari tahu lebih lanjut tentang kreator berpengaruh yang terus berjuang untuk memberikan edukasi positif.

  1. @erikarichardo - Erika Richardo
  2. @ireneswnd - Irene Suwandi
  3. @urrofi_ - Urrofi
  4. @nasionp - Nasion P
  5. @vmuliana - Vina Muliana
  6. @joerdy.s - Joerdy S
  7. @vwxzo - Vwxzo
  8. @adelineepratiika - Adeline Pratika
  9. @raymondchins - Raymond Chins
  10. @felicia.tjiasaka - Felicia Tjiasaka

Eats on Repeat

TikTok menjadi rumah bagi para foodies di seluruh dunia. Dari resep baso aci, terong crispy, es krim setrika, hingga acar bawang berhasil menggugah selera para foodies di TikTok. Lihat kembali semua resep dan tempat wisata kuliner yang menjadi trending oleh para pengguna TikTok tahun ini.

  1. Baso Aci by @tiantikaeflisaa
  2. Nasi Telor Kecap by @cheekykiddo
  3. Acar Bawang by @graciajessicajane
  4. Es Krim BTS Meal by @siscakohl
  5. Sarapan ala Bule by @ariemadione
  6. Ayam Korea by @therealbimbul
  7. Japanese Cake by @eatimestory
  8. Terong Crispy by @carbonarasetlife
  9. Es Setrika by @agustinafedalia
  10. Tahu Nori by @nanakoot

The Wishlist

Dengan total 5.8 miliar views, tagar #RacuninTikTok membuktikan bahwa komunitas kami terus menjadi referensi utama untuk mencari rekomendasi berbagai produk. Kategori produk yang berhasil menjadi tren tahun ini adalah beauty, kuliner, serta peralatan rumah. Temukan berbagai wishlist produk tahun ini.

  1. Masker - @claraega_
  2. Pisau Set - @marissasetiawan
  3. Mainan Aneh - @vilmei
  4. Topoki Mujigae - @shitabhoraa
  5. Phone Holder - @marissasetiawan
  6. Mystery Box - @muthiawahyu
  7. Masker Mata - @vilmeijuga
  8. Roll Rambut - @veliaveve_
  9. Cermin Estetik - @christrosaa
  10. Milkshake Peel-off - @ravie.pie

Most Inspiring Videos

Di tahun 2021, kami melihat bagaimana saling memberikan tips dan trik menjadi suatu tren tersendiri, dan banyak hal sederhana yang orang-orang ketahui dari TikTok. Mulai dari tips menghadapi sakit maag, melakukan survei pelanggan, hingga photography hacks menjadi pengetahuan yang ternyata kita perlukan. Mari kita lihat kembali tips dan trik yang menjadi pegangan kita di tahun 2021 ini.

  1. Pentingnya tidur - @ananzaprili
  2. Job Interview - @vmuliana
  3. Customer Survey - @halohanie
  4. Life Lesson from Monopoly - @felicia.tjiasaka
  5. Excel Hacks - @komunitas_excel_indo
  6. Maag Solver - @farhanzubedi
  7. Light Hacks - @boss_uyee
  8. Secret Screenshot Tricks - @juanrichd
  9. Apparel Shoot With No Model - @nasionp
  10. Trick to Make a Hole in a Paper - @averaus

Influential Local Business

Bisnis lokal yang bermunculan di TikTok menjadi penanda bagaimana komunitas di TikTok tetap berjuang dan berusaha di tengah pandemi. Tahun ini, kami melihat banyak UKM yang stand out di TikTok dan berhasil menyampaikan pesannya di platform ini sekaligus melibatkan para kreator untuk ikut menyampaikan pesan positifnya tahun ini.

  1. @somethincofficial - Somethinc Official
  2. @nutrishe - Nutrishe
  3. @everplate.id - Everplate Kitchens
  4. @raizinvest.id - Raiz Invest Indonesia
  5. @porto_footwear - Porto Footwear
  6. @miraelsugarwax - Mirael Sugar Wax
  7. @pomeglowofficial - Pomeglowofficial
  8. @gerdzero - Gerdzeropro
  9. @mitoelectronic - MITO Electronic
  10. @steincookware - Steincookware