Lebih dari satu miliar orang hadir di TikTok pada tahun 2021 untuk dapat terhibur, mencari dan berbagi kegembiraan, mempelajari hal-hal baru, dan untuk menciptakan serta merayakan momen dan pergerakan tahun. Tahun 2021 mengajari kami banyak hal tentang komunitas, budaya, dan bagaimana sebuah merek (brand) dapat memainkan peran penting di keduanya. Dari cara brand kecantikan kelas dunia berinteraksi dengan komunitas mereka, brand makanan dan restoran yang mengangkat kehidupan sehari-hari dalam kontennya, hingga perusahaan keuangan yang menjadikan topik finansial menjadi lebih mudah dan menarik untuk dipahami, tahun 2021 merupakan tahun yang monumental bagi brand di TikTok.

Laporan bertajuk "TikTok What's Next Report 2022" menyajikan pembahasan mendalam ke berbagai area yang dapat memberikan dampak dan kesuksesan nyata untuk brand di TikTok pada tahun 2022. Laporan ini memperlihatkan kategori dengan kinerja terbaik, studi kasus untuk mengidentifikasi cara terbaik agar sukses di TikTok, serta tips untuk brand yang mencari inspirasi lebih lanjut. Dari kebangkitan komunitas perniagaan, pentingnya musik untuk kolaborasi autentik dengan kreator, dan fokus berkelanjutan pada keamanan brand. Kami bersemangat untuk melihat brand mendorong nilai nyata untuk bisnis mereka melalui konten yang kreatif, autentik, dan relevan secara budaya pada tahun 2022.

Kategori Makanan dan Minuman, Kecantikan dan Perawatan Diri, serta Layanan Keuangan Mendobrak Tren TikTok di Indonesia

Pengguna TikTok di Indonesia sangat tergila-gila dengan kuliner dan hal ini terlihat jelas dari meningkatnya konten yang berhubungan dengan Makanan dan Minuman (F&B) di TikTok. Pengguna TikTok tidak kenal lelah dalam memperluas wawasan kulinernya dan mengikuti tantangan terbaru, tren yang baru berkembang selama pandemi. Beberapa tren ini bahkan muncul secara organik dari pengguna TikTok yang ingin mendukung produk tertentu, seperti Indomie dan McDonald's, dan ini bisa diikuti oleh brand lain yang ingin meningkatkan gaya bercerita (storytelling) mereka.

TikTok bagaikan kanvas kosong di mana pengguna bisa mengekspresikan dirinya, termasuk menciptakan konten Kecantikan yang natural dan tetap bold. Partisipasi dari pengguna TikTok di kategori ini bertumbuh pesat selama setahun terakhir, terlihat dari peningkatan hingga 175% di tayangan video (video views). Jumlah video yang diunggah juga lebih banyak, meningkat hingga 98%. Pengguna TikTok di Indonesia juga senang membagikan ulasan produk kecantikan yang mereka beli dengan tagar #RacuninTikTok, dan menjadikan tagar tersebut sebagai tren kecantikan tersendiri.

TikTok juga menjadi tempat yang dituju untuk belajar hal baru dengan cara menyenangkan, termasuk soal keuangan. Komunitas keuangan di TikTok membuktikan dirinya bahwa mereka terbuka terhadap berbagai produk finansial yang ada dan ingin mempelajari pendekatan keuangan lainnya. Topik terkait keuangan sangat beragam, mulai dari saham, investasi, kripto, asuransi, P2P lending, dan masih banyak lagi.

Community Commerce

Dunia hiburan dan perdagangan telah terjalin dengan erat. Popularitas model Community commerce telah memuncak dan TikTok telah menjadi landasan untuk penemuan produk dan brand.

Community commerce telah memicu munculnya tren belanja baru dan mendorong percakapan budaya, baik untuk produk baru maupun lama. Kami terus belajar tentang brand, kreator, dan keterlibatan komunitas (community engagement) di platform kami.

Sebanyak 73% orang merasakan hubungan yang lebih mendalam dengan brand yang berinteraksi dengan mereka di TikTok bila dibandingkan dengan platform lain (2). Selain itu, 67% responden menyatakan bahwa TikTok menginspirasi mereka untuk berbelanja (3) bahkan saat mereka sedang tidak memiliki keinginan untuk berbelanja.

HiLo Teen, perusahaan susu berkalsium tinggi di Indonesia, ingin merangkul audiens muda dengan memanfaatkan tren terbaru dan menarik perhatiannya dengan lagu dan tarian. Mereka berhasil mengajak kreator TikTok untuk mengikuti Branded Hashtag Challenge #LompatSetinggiBintang, yang berhasil menerima lebih dari 1.73 juta kiriman video dan menarik lebih dari 2.82 miliar tayangan (views) di TikTok.

2022 akan menjadi tahun pertama bagi TikTok Shopping, sebuah rangkaian solusi e-commerce yang mengubah video dan LIVE menjadi hiburan belanja. Solusi ini akan memudahkan brand, merchant, dan kreator konten untuk memanfaatkan keunggulan komunitas perniagaan, dengan perangkat yang membantu mereka membangun pengalaman berbelanja, memasarkan produk mereka, dan menjalankan bisnis perniagaan elektronik langsung di TikTok.

Community commerce akan terus berkembang. Pengalaman LIVE akan terus mengedepankan unsur hiburan serta menghadirkan cara baru untuk menemukan produk serta berbelanja. Selama brand bisa menghadirkan kegembiraan di TikTok, kami akan terus memberikan solusi untuk membantu brand mengubah minat menjadi tindakan nyata.

Evolusi Suara

Suara atau sound merupakan bagian penting dari pengalaman TikTok yang dapat mengubah cara kita bercerita. Kami melihat secara langsung kumpulan lagu yang populer di TikTok berasal dari campuran artis ternama dan pendatang baru, yang mencakup berbagai genre yang beragam, layaknya komunitas TikTok.

Musik di TikTok cenderung melampaui platform, dengan 88% orang di TikTok melaporkan bahwa peran suara di platform sangat penting untuk pengalaman aplikasi yang menyeluruh (4). Hasil temuan ini sejalan perilaku pengguna yang mencari, mendengarkan, dan membeli lagu yang mereka dengar saat mereka menjelajahi TikTok. Hal ini tidak hanya membuka peluang baru bagi artis dan brand, tetapi juga menciptakan paradigma baru untuk berbagi, menciptakan, dan menemukan musik. Jika brand ingin mendorong budaya musik ke depan pada tahun 2022, penting untuk menempatkan artis di garis depan dan berpikir (serta bertindak) layaknya para artis.

Selain membuat konten di TikTok lebih relatable, musik juga rata-rata menghasilkan waktu tonton yang lebih lama dan membuat orang cenderung tidak melewatkan konten yang ada. Musik juga memengaruhi suasana hati dan membuat orang merasa lebih positif. Penelitian menunjukkan bahwa musik instrumental membuat suatu brand lebih mudah diingat, sementara musik R&B, pop, dan rap memiliki pengaruh paling besar pengguna untuk menyukai suatu brand. Produk musik yang dibuat khusus untuk brand bisa mendorong pengguna lebih penasaran dan mengklik lagu tersebut (5). Pada tahun 2022, brand yang menghadirkan pengalaman audio yang imersif berada di garis terdepan untuk menciptakan suara yang unik, akan memenangkan hati komunitas TikTok.

Tim Kreatif Impian Terbaru

Mari sambut tim kreatif impian Anda, yaitu para kreator TikTok dengan kepribadian yang berani, ahli budaya, pencita tren, serta pionir yang akan mendukung brand untuk melampaui tujuan kampanye dan mendapatkan hasil yang berdampak nyata. Inilah saatnya mempercayai kreativitas dan pengaruh para kreator.

Bermitra dengan kreator di TikTok bisa meningkatkan jumlah view-through-rate (VTR) untuk iklan spesifik di TikTok hingga 193%. Konten bermerek dari kolaborasi kreator juga menunjukkan Ad Recall 27% lebih tinggi. Hal ini juga disetujui oleh para pengguna TikTok di mana sebanyak 65% mengatakan bahwa kreator merupakan cara terbaik bagi brand untuk terhubung langsung dengan para konsumen (6).

Mengapa para kreator ini begitu efektif? Mudahnya, kreator hidup dan bernapas di platform TikTok, yang berarti mereka paham betul siapa audiens mereka, tren budaya, dan jenis konten yang sesuai dengan komunitas unik mereka. Keahlian budaya mereka yang dipasangkan dengan suara dan gaya yang unik bisa menghasilkan basis pengikut yang setia, aktif, dan penuh rasa percaya. Mereka menjunjung tinggi pandangan kreator yang membuat penonton menjadi kuat.

TikTok Creator Marketplace adalah tujuan utama bagi mereka yang ingin berkolaborasi dengan kreator dengan cara yang efisien untuk menemukan kreator berdasarkan industri, anggaran, dan tujuan bisnis. Brand juga dapat mencari video dari para kreator yang pernah menyebutkan brand mereka untuk mengidentifikasi kreator yang sudah mengenal dan menyukai produk mereka. Hal ini akan membantu terciptanya integrasi brand secara asli dan autentik. Di TikTok Creator Marketplace, brand kini dapat terhubung dengan lebih dari 100 ribu kreator yang berada di 24 pasar.

Kami ingin selalu siaga untuk membantu brand menemukan suara mereka dan membangun komunitas yang berarti di TikTok. Tahun 2022 akan melihat investasi berkelanjutan TikTok untuk menghadirkan cara baru bagi brand untuk merangkul kreativitas, serta membantu mereka terhubung dan berkolaborasi dengan ekosistem kreator kami yang beragam.

Kolaborasi kreator yang autentik tidak hanya memberikan hasil yang efektif bagi brand, tetapi juga menginspirasi mereka untuk berperan aktif dalam percakapan seputar isu sosial yang penting bagi komunitas TikTok, seperti kesetaraan dan kesehatan mental.

Kami senang sekali untuk melihat banyak kreator yang berhasil berkembang di TikTok. Para kreator ini dapat mengakses cara baru dalam bekerja serta membangun kehidupan mereka berkat kolaborasi bersama brand.

Membangun Keamanan Merek

Tentu saja, selain membicarakan semua tren yang mungkin terjadi di TikTok pada tahun 2022, prioritas utama kami sebagai perusahaan adalah melindungi komunitas kami. Keamanan merek di TikTok dimulai dengan menjaga komunitas kami tetap aman dan terlindungi. Kami percaya bahwa dengan memprioritaskan keamanan kreator dan komunitas kami, lingkungan yang positif bagi merek pun akan tercipta.

Kami terus memperlihatkan komitmen kami terhadap keamanan dengan memperkenalkan serangkaian kebijakan, produk, dan inisiatif yang mencerminkan dedikasi berkelanjutan terhadap keamanan komunitas TikTok. Hal tersebut antara lain pengaturan privasi dan keselamatan yang sesuai dengan usia, alat untuk mendorong kebaikan, melawan perundungan dan mengurangi misinformasi, serta kampanye untuk meningkatkan kesadaran seputar perundungan.

Kami telah mendengarkan masukan dari para mitra dan telah memperluas penawaran kami kepada para pengiklan untuk membantu memastikan konten bermerek tampil bersamaan dengan konten pengguna yang aman dan sesuai. Kami menghadirkan empat solusi keamanan merek terkemuka untuk pengiklan di TikTok, yaitu TikTok Inventory Filter, solusi pra-penawaran (pre-bid) dari OpenSlate, dan IAS, serta solusi pasca-penawaran (post-bid) dari Zefr.

Tahun ini, TikTok juga telah mendalami dan mengembangkan kemitraannya, antara lain bergabung dengan Koalisi Teknologi, berpartisipasi dalam GARM Aggregated Measurement Report, menjadi salah satu anggota dewan di Brand Safety Institute, dan mendapatkan sertifikasi TAG Brand Safety secara global dari Trustworthy Accountability Group. Kemitraan ini telah membantu menginformasikan operasional kami dan pada akhirnya mendorong industri untuk maju demi kebaikan ekosistem digital.

Untuk memberi informasi kepada komunitas kami tentang langkah-langkah yang diambil dalam menjaga komunitas TikTok tetap aman, kami berusaha untuk menjadi perusahaan yang paling transparan dan akuntabel di industri ini dengan menyediakan wawasan mendalam tentang kegiatan operasional kami. Pada tahun 2021, kami meluncurkan Laporan Penegakan Panduan Komunitas dua triwulan pertama kami serta terus mengadakan tur ke Pusat Transparansi dan Akuntabilitas pertama kami. Selain itu, kami juga mengumumkan pendirian pusat fisik baru di Irlandia, melengkapi dua pusat keamanan kami yang telah diumumkan sebelumnya di Los Angeles dan Washington DC. Kami juga memperbarui Pusat Transparansi kami di situs web TikTok agar komunitas kami terus mendapat informasi tentang upaya kami di lingkup tersebut.

Menjaga keamanan komunitas merupakan perjalanan tanpa akhir. Menyongsong tahun 2022, kami akan terus memprioritaskan keamanan, solusi untuk merek, transparansi, dan kemitraan untuk membangun platform yang lebih aman untuk ekspresi kreatif.

2022 akan menjadi tahun terbaik bagi merek di TikTok. Mulai dari bangkitnya community commerce, hingga menjamurnya kreator TikTok akan membantu merek menceritakan kisah mereka dengan cara yang autentik. Inilah waktu terbaik bagi bisnis di TikTok.

Catatan untuk Metodologi Laporan "What's Next"

TikTok For Business mengumpulkan wawasan komprehensif berdasarkan kinerja platform di TikTok selama periode Oktober 2020 hingga Oktober 2021. Kami menganalisis data kuantitatif pihak pertama. Analisis kami mengungkapkan kategori yang mengalami pertumbuhan signifikan, kategori yang tetap menjadi yang paling populer, dan kategori yang menurut kami pantas mendapat sorotan khusus. Kami melihat tagar (hashtag) sebagai indikator kinerja yang andal. Kami menetapkan tagar yang memiliki korelasi kuat dengan masing-masing kategori dan kami memberi peringkat berdasarkan volume. Dari data ini, kami mengambil analisis kami selangkah lebih maju dengan menyelam lebih dalam ke aktivitas hashtag berdasarkan volume dan pertumbuhan. Hasilnya merupakan temuan mendalam yang mengambil alih setiap kategori dalam satu tahun terakhir. Melalui berbagai kategori yang termasuk dalam laporan, kami memberikan retrospeksi tentang apa yang terjadi di TikTok pada tahun 2021, dan mengintip peluang pertumbuhan pada tahun 2022.

Referensi TikTok Marketing Science

  1. TikTok Marketing Science Audience Understanding Research, yang dilakukan oleh Clear M&C Saatchi
  2. Studi TikTok Marketing Science Global Community and Self-Expression 2021, yang dilakukan oleh Flamingo
  3. TikTok Marketing Science US, Holiday Shopping Behavior Custom Research, yang dilakukan oleh Walnut Unlimited
  4. TikTok Marketing Science Power of Sound yang dilakukan oleh Kantar
  5. TikTok Marketing Science European Music in Ads Research, yang dijalankan oleh Hotspex
  6. TikTok Marketing Science European Proprietary Creative Analysis 2021
  7. Riset TikTok Marketing Science Native vs Creative Advertiser Content yang dilakukan oleh Mindlab