Liburan sebentar lagi tiba! Dengan berbagai tempat wisata yang mulai ramai, TikTok tetap berkomitmen untuk menginspirasi komunitas di seluruh dunia agar tetap aman saat berselancar secara daring (online). Sebagai bagian dari upaya berkelanjutan kami untuk mendorong orang-orang menjadi #BeCyberSmart atau bijak bersiber, kami merayakan Hari Media Sosial bersama para kreator, pakar, dan organsasi terkemuka seperti ConnectSafely, Family Online Safety Institute (FOSI), National Cybersecurity Alliance (NCA), Identity Theft Resource Center (ITRC), dan Global Cyber Alliance (GCA), serta berbagai mitra di dalam negeri seperti SIBERKREASI.

Kami bersemangat untuk menghadirkan beberapa tips dan tools favorit kami guna memastikan para pengguna kami memiliki pengalaman berselancar yang aman, di manapun mereka sedang online sebagai berikut:

  1. Berselancar dengan bijak: Hati-hati saat menyambungkan perangkat ke Wi-Fi publik yang tidak terjamin keamanannya. Selalu pakai kata sandi yang kuat dan unik di setiap akun. Aktifkan verifikasi dua langkah untuk lebih amannya.
  1. Jaga privasi: Lihatlah fitur kontrol keamanan dan privasi TikTok yang mudah digunakan untuk menyesuaikan pengalaman online kamu.
  1. Awas terpancing: Phising adalah taktik yang digunakan untuk mencuri informasi pribadi. Hindari membuka, mengunduh, atau mengklik tautan dan lampiran dari pengirim yang tidak dikenal.
  1. Jangan tinggalkan jejak: Perbarui semua perangkat dan aplikasi dengan versi terbaru dan hapus aplikasi yang tidak digunakan. Sebelum hendak menjual perangkat, pindahkan semua data pribadi, foto atau video, lalu hapus semua konten di perangkat tersebut agar aman.
  1. Mainkan, tonton, dan pelajari bersama: Unduh aplikasi, tonton video, mainkan game, dan tetap terhubung bersama keluarga. Pelajari lebih lanjut di Panduan Pengguna Baru kami.

Bekerja sama dengan Global Cyber Alliance (GCA), TikTok mengembangkan panduan untuk keluarga. Dengan lebih dari 100 mitra di seluruh dunia, GCA sejalan dengan TikTok untuk keamanan siber dan privasi, bekerja untuk memberikan solusi keamanan siber yang cocok untuk semua orang. Panduan langkah demi langkah yang gratis ini akan membantu individu dan keluarga untuk menanamkan kebiasaan keamanan siber yang kuat.

“Dengan komunitas global dan dinamis, TikTok menyediakan platform yang kuat untuk menyebarkan kesadaran keamanan siber dan pengetahuan tentang bagaimana caranya dalam skala besar, selagi kami berupaya mencapai komitmen kami untuk membangun dunia yang lebih aman dan terlindungi,” jelas Phillip Reitinger, Presiden dan CEO Global Cyber Alliance.