Jakarta, 8 Agustus 2019 - Belakangan ini, tren video makan menjadi sangat populer di dunia maya. Mulai dari Mukbang, challenge makan dengan cara unik, sampai dengan review kuliner di berbagai tempat makan.

Fenomena tersebut ditanggapi oleh TikTok, platform video singkat terkemuka di dunia, dengan meluncurkan kegiatan bertajuk #JelajahKuliner yang bertepatan dengan bulan Kemerdekaan Indonesia. Pengguna TikTok bisa mendapat potongan harga sampai 20% di outlet makanan yang bekerja sama dengan TikTok, dengan membuat dan membagikan video makanan atau food review serta menambahkan tagar #JelajahKuliner. Kegiatan yang berlangsung sampai tanggal 15 Agustus 2019 ini dimeriahkan oleh outlet makanan yang tersebar di Jakarta, Bandung, Jogja, Medan, Pekanbaru, dan Bali. Makanannya pun juga beragam, mulai dari nusantara sampai mancanegara.

Generated

Generated

“Kegiatan #JelajahKuliner ini merupakan bentuk apresiasi TikTok terhadap kekayaan kuliner di Indonesia, yang sayang apabila tidak dipopulerkan oleh foodlovers di dunia maya,” ujar Dina Bhirawa, Head of Marketing (Indonesia), TikTok. “Tidak hanya itu, kami juga ingin memberikan apresiasi berupa potongan harga kepada para pengguna TikTok, agar mereka dapat membagikan hal yang positif, dalam hal ini makanan, sebagai bentuk kecintaan mereka terhadap salah satu kekayaan Nusantara”

Pengguna yang ingin mendapatkan potongan harga di outlet makanan yang bekerja sama dalam kegiatan #JelajahKuliner ini hanya perlu menunjukkan video kreasi serta TikTok ID mereka kepada petugas untuk kebutuhan administrasi. Untuk tantangan #JelajahKuliner ini, TikTok bekerjasama dengan berbagai outlet makanan di Jakarta, seperti Babyelbakery dan Chamber, serta di Medan, antara lain di Cobek Ayam Penyet, Pappaco, dan Sosmed Cafe. Tunggu apa lagi? Di momen kemerdekaan Indonesia ini, tunjukkan kebangaan kamu terhadap kuliner Nusantara dengan berpartisipasi dalam kegiatan #JelajahKuliner!

Kampanye #JelajahKuliner tentunya juga disambut hangat oleh mitra outlet makanan yang ikut serta. “Saya sangat senang dapat berpartisipasi dalam kegiatan #JelajahKuliner TikTok ini, karena secara tidak langsung konsumen yang mendapatkan promosi dari kami kembali mempromosikan makanan dan minuman kami di akun mereka. Harapannya, melalui kegiatan ini makanan kami juga semakin banyak dikenal orang”, ungkap Bapak Irfan salah satu pengusaha outlet makanan di Medan. Sejak kampanye #JelajahKuliner berlangsung, Pappaco restaurant di medan mengalami peningkatan pengunjung hingga 10%-15%. Begitu pula dengan kedai makanan Makaroni merona di bilangan depok yang memang menyasar pangsa pasar anak muda, sejak berlangsungnya program #jelajahKuliner ini penjualan nya naik 20% dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya, dan antusiasme pengunjung pun juga sangat positif.

Berikut adalah salah satu video dari Bayu Skak (ID: moektito) yang bisa jadi inspirasi kamu untuk berpartisipasi dalam #JelajahKuliner!


###


Tentang TikTok

TikTok adalah platform video berdurasi pendek yang terdepan di dunia. Misi kami adalah mengabadikan dan menyajikan kreativitas, pengetahuan, dan momen penting di seluruh dunia, langsung dari ponsel. TikTok memungkinkan semua orang menjadi pembuat konten dan mendorong pengguna untuk berbagi semangat dan ekspresi kreatif mereka melalui video mereka. TikTok berbasis di Los Angeles, dengan kantor global di London, Tokyo, Seoul, Shanghai, Beijing, Singapura, Jakarta, Mumbai, dan Moskow. Pada awal 2018, TikTok adalah salah satu aplikasi yang paling banyak diunduh di dunia. TikTok tersedia di seluruh dunia untuk iOS dan Android. Kunjungi tiktok.com.