Jakarta, 17 Agustus 2019 – TikTok, platform konten video berdurasi singkat terdepan di dunia, menggelar kegiatan bertajuk #PestaRakyatJakarta sebagai kegiatan penutup dari kampanye #EkspresiMerdeka yang bekerjasama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-74. #EkspresiMerdeka merupakan persembahan TikTok bagi Indonesia dalam bentuk kolaborasi antara kecanggihan teknologi dengan kreatifitas anak muda dalam mempromosikan kekayaan Indonesia melalui sebuah video singkat, yang sudah diselenggarakan sejak awal Agustus 2019.

Melalui kampanye #EkspresiMerdeka ini, TikTok mengajak pengguna untuk mengekspresikan kemerdekaan dengan cara mereka dengan mengunggah sebuah video di TikTok. Selain itu, untuk menunjukkan rasa cinta terhadap kekayaan Nusantara, TikTok juga menantang para user untuk menarikan tarian tradisional menggunakan tagar #MenariUntukBangsa dan membuat video menarik tentang berbagai hal mengenai Indonesia menggunakan tagar #IndonesiaBanget. Video kampanye #EkspresiMerdeka ini sudah disaksikan lebih dari 31 juta penonton dan masih akan terus bertambah. Pemenang diberikan hadiah menarik serta diajak mengikuti kegiatan #PestaRakyat di Jakarta, bersama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Kegiatan bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga ini merupakan rangkaian terakhir dari kampanye #EkspresiMerdeka bersama dengan 200 pengguna TikTok lainnya dari seluruh Indonesia yaitu melaksanakan upacara bendera dan dilanjutkan dengan berbagai kegiatan menarik seperti lomba mendesain baju dari koran dan menghias sepeda. Tidak hanya itu, lomba 17-an yang tidak pernah ketinggalan dalam momen kemerdekaan juga dilakukan bersama dengan peserta upacara lainnya, antara lain pensil botol, makan kerupuk,  balap karung, bakiak, dan tarik tambang. Kegiatan ini dimeriahkan dengan berbagai atribut merah putih serta face painting. Setiap pemenang akan diberikan hadiah menarik dari TikTok.

Isa Anshary, Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Kementerian Pemuda dan Olahraga yang turut hadir dalam acara ini mengatakan, “Kami mengapresiasi dan mendukung kampanye #EkspresiMerdeka beserta kegiatan Pesta Rakyat yang diselenggarakan TikTok dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI yang ke-74. Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan semangat kebangsaan di kalangan generasi muda sejalan dengan misi Kemenpora untuk meningkatkan daya saing kepemudaan dan keolahragaan. Juga kegiatan ini tentunya sangat bernilai positif. Ada aktifitas fisik yang membuat masyarakat bergerak, sehingga juga senada dengan kampanye #AyoBergerak dari Kemenpora yang juga ditujukan kepada seluruh masyarakat”.

Di kesempatan yang sama, TikTok memperkenalkan tiga kreator berbakat yang telah menghadirkan kekayaan Nusantara di TikTok dengan video mereka. Yang pertama adalah Barry Kusuma, kreator yang jatuh cinta pada dunia fotografi memperlihatkan kekayaan wisata Indonesia di TikTok. Yang kedua adalah Irma Desmayanti yang awalnya kesulitan mencari makanan tradisional kesukaannya kemudian membagikan tips memasak, khususnya makanan tradisional di TikTok. Terakhir, Twinny.id yaitu saudara kembar memiliki passion dalam dunia make-up dan membagikan konten mengenai tata rias tradisional di TikTok. Hal ini menjadi bukti bahwa TikTok memberikan ruang bagi para kreatornya untuk mengangkat nilai-nilai budaya dalam momen kemerdekaan Indonesia.

“Mengeksplor tempat wisata di Indonesia rasanya tidak akan ada habisnya, karena selalu ada tempat baru yang membuat negara ini menjadi tujuan wisata yang potensial bagi seluruh dunia,” kata Barry. “Dengan membagi hasil foto saya melalui TikTok, saya bisa mengajak generasi muda untuk lebih menjajaki dan mengagumi keindahan negara Indonesia.”

Saat ini TikTok tersedia ke dalam 150 negara dan 75 bahasa, dengan strategi lokalisasi yang kuat untuk mendorong para penggunanya membuat dan berinteraksi dengan konten yang berkaitan dengan budaya dan tren lokal.

###

Tentang TikTok

TikTok adalah platform video berdurasi pendek yang terdepan di dunia. Misi kami adalah mengabadikan dan menyajikan kreativitas, pengetahuan, dan momen penting di seluruh dunia, langsung dari ponsel. TikTok memungkinkan semua orang menjadi pembuat konten dan mendorong pengguna untuk berbagi semangat dan ekspresi kreatif mereka melalui video mereka. TikTok berbasis di Los Angeles, dengan kantor global di London, Tokyo, Seoul, Shanghai, Beijing, Singapura, Jakarta, Mumbai, dan Moskow. Pada awal 2018, TikTok adalah salah satu aplikasi yang paling banyak diunduh di dunia. TikTok tersedia di seluruh dunia untuk iOS dan Android. Kunjungi tiktok.com.