Gelaran olahraga terbesar se-Asia Tenggara untuk atlet difabel, ASEAN Para Games ke-11 di Solo, Surakarta baru saja selesai diselenggarakan pada Minggu, 6 Agustus 2022 lalu. Sebagai platform resmi pesta olahraga ini, TikTok telah menyediakan wadah bagi masyarakat Indonesia untuk memberikan dukungan terhadap #TimMerahPutih, sekaligus merayakan persahabatan dan semangat sportivitas antar bangsa di Asia Tenggara. Perayaan ini semakin meriah dengan pencapaian kontingen Indonesia menjadi juara umum dengan raihan medali terbanyak, tepatnya 419 medali dari 1.193 medali yang dibagikan ke cabang olahraga yang diikuti 11 negara peserta. Melalui tagar #ASEANParaGames2022, TikTok merekam kebanggaan dan keseruan ini melalui berbagai konten yang diunggah oleh para atlet, panitia penyelenggara, hingga penonton yang hadir.

Selama setahun terakhir, konten kategori olahraga semakin meningkat, dan para atlet difabel ikut meramaikan konten ini dengan cerita yang autentik, menjadikan TikTok sebagai platform yang inklusif bagi semua pengguna. "Para atlet difabel membawa segudang cerita yang menggugah semangat juang orang lain. Kami senang sekali melihat bagaimana para atlet difabel dapat berbagi momen tak terlupakan di ASEAN Para Games ke-11 dan menjadi pahlawan #TimMerahPutih mengharumkan nama bangsa. Semoga semangat inklusivitas, persahabatan, dan sportivitas yang mereka bawa dapat terus menginspirasi komunitas kami dan masyarakat luas," kata Mahwari Sadewa Jalutama, Head of Operations, TikTok Indonesia.

Keseruan berbagi momen dan perjuangan atlet difabel di TikTok menjadi cara mereka untuk memacu semangat diri dan meningkatkan prestasi, seperti yang diungkapkan oleh Setyo Budi Hartanto, atlet difabel untuk cabang olahraga atletik. "Platform seperti TikTok mengubah interaksi kami dengan masyarakat luas. Kini, kami dapat mengunggah video di TikTok, dan ini sekaligus menjadi penyemagat dan motivasi diri untuk berjuang mengharumkan nama bangsa. Selain itu, TikTok menjadi platform efektif dan seru untuk berbagi informasi dan edukasi tentang gelaran olahraga atlet difabel, seperti PEPARNAS, Paralympic, dan ASEAN Para Games. Harapannya, konten kami dapat menyebarkan semangat kesetaraan bagi seluruh masyarakat," ujar atlet peraih medali emas untuk cabor lompat jauh di ASEAN Para Games ke-11 ini.

Tekad, kegigihan, dan keseruan para atlet difabel yang berlaga di ajang ASEAN Para Games ke-11 ini dapat terlihat dari konten-konten yang mereka unggah di TikTok, termasuk saat latihan ataupun momen pertandingan. Beberapa atlet nasional di gelaran ini seperti mengajak pengguna lain untuk ikut semangat dan pantang menyerah untuk menorehkan prestasi. Mari kita lihat beberapa video para atlet berikut ini:

  1. Terpesona dengan gerakan cantik cabor atletik

Olahraga atletik menjadi salah satu cabang olahraga dengan pertandingan terbanyak, mulai dari lompat jauh, lompat galah, hingga lari. Menyaksikan atlet difabel berlaga di cabang olahraga ini menjadi sesuatu yang dinantikan karena memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Atlet dan juga pelatih di cabang olahraga atletik, Edi Karnadi, termasuk membagikan momen para atlet ini beraksi melalui akun TikToknya. Menggunakan efek slow-motion, Edi merekam detik-detik rekan sesama atletnya melakukan gerakan khasnya, seperti saat lompat jauh dan juga lompat galah. Hasilnya keren!

Selain sesi latihan, Edi juga menggunakan akun TikTok-nya untuk memperlihatkan kegiatan menarik lainnya selama ASEAN Para Games ke-11 di Solo, Surakarta. Salah satu kegiatan ini adalah saat Ketua INASPOC Gibran Rakabuming mengunjungi para atlet di tempat latihan, ataupu ketika para atlet memenangkan medali. Pengguna lainnya jadi bisa ikut merasa seperti ada di sana!

  1. Selebrasi kemenangan yang epik

Momen saat mencetak skor penentu yang akhirnya membuahkan kemenangan selalu menjadi saat yang mengharukan bagi banyak orang. Mungkin itu juga yang pengguna TikTok rasakan saat melihat konten video yang diunggah oleh Nugroho Suryo, atlet bulutangkis difabel, melalui akun TikToknya. Setelah sebelumnya memperlihat sesi latihan menjelang persiapan pertandingan, di video terbarunya, Nugroho membagikan momen detik-detik saat ia dan pasangannya, Oddie Kurnia, memberikan pukulan smash saat melawan tim Malaysia di babak final. Video itu memperlihatkan sorak sorai dari para pelatih dan juga penonton, yang tentunya ikut dirasakan pengguna lain yang menonton video tersebut.

Nugroho bukan satu-satunya atlet difabel yang mengunggah momen kemenangan. Zeyn Muhammad, atlet balap kursi roda, juga membagikan cuplikan saat ia melaju di track dan berhasil menyabet medali emas di ASEAN Para Games ke-11. Selebrasi ini pun kerap memperlihatkan dukungan dari sesama atlet dan juga suporter baik yang hadir di sana ataupun secara virtual, seperti yang dilakukan para pengguna TikTok di seluruh Indonesia.

  1. Melatih gerakan kaki dan koordinasi dengan satu kaki

Melihat video atlet berlatih sepakbola mungkin sudah biasa, tapi bagaimana dengan atlet sepakbola difabel atau disebut amputee football player yang bertanding dengan satu kaki? Ternyata latihan yang dilakukan tetap memiliki inti yang sama, yaitu melatih kecepatan kaki serta koordinasi dengan seluruh anggota tubuh lainnya dengan cara melewati rintangan. Hal ini bisa dilihat dari video yang dibagikan oleh Adit, atlet sepakbola difabel asal Bandung. Melalui akunnya adityaarms, Adit memperlihatkan bagaimana seorang atlet sepakbola difabel harus berlari dengan bantuan tongkat untuk melewati halang rintang. Hebat!

Bukan hanya video persiapan latihan, Adit juga rajin membagikan cara atlet difabel latihan, baik itu untuk juggling bola, free kick, bahkan prosesnya mengenakan kaki palsu atau prosestik sebelum mulai bermain. Konten-konten yang diunggah Adit bukan hanya memberikan informasi baru, tapi juga semangat untuk tidak menyerah. Kegigihan Adit dan kawan-kawan membawa tim nasional sepakbola difabel Indonesia mewakili bangsa ini bisa kita saksikan juga di Piala Dunia Amputee Football!

Masih banyak momen membanggakan lainnya yang terekam dari sang juara umum, tim nasional Indonesia, di ajang ASEAN Para Games ke-11 di Solo, Surakarta ini. Bahkan, tagar #ASEANParaGames2022 ini telah mendapatkan lebih dari 110 juta views! Terima kasih kepada seluruh #TimMerahPutih ASEAN Para Games yang telah bekerja keras membawa nama bangsa. Untuk melihat keseruan lainnya sepanjang gelaran ini berlangsung, kunjungi https://vt.tiktok.com/ZSRMAsHX7/