Oleh Cormac Keenan, Head of Trust and Safety TikTok

Orang-orang di seluruh dunia menggunakan TikTok untuk mengekspresikan diri dengan cara kreatif dan untuk merasa terhibur. Untuk menjaga kepercayaan komunitas, kami berupaya untuk transparan terhadap langkah yang kami ambil terkait konten mereka. Dengan tujuan tersebut, kami mempublikasikan Laporan Penegakan Panduan Komunitas Kuartal 1 sebagai komitmen kami untuk menunjukkan transparansi terhadap moderasi konten, sehingga TikTok tetap menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi komunitas kami.

Sejak 2019, kami telah mempublikasikan rangkaian Laporan Transparansi, dan terus menambah informasi yang kami berikan di setiap laporan. Ini termasuk dengan menambahkan wawasan terkait tindakan yang kami ambil untuk melindungi keamanan dan integritas platform kami, antara lain melaporkan jenis konten yang dihapus karena melanggar kebijakan kami, dan jumlah iklan yang melanggar panduan. Kami telah mengambil masukan dari komunitas kami, organisasi masyarakat, dan pembuat kebijakan bahwa informasi ini membantu untuk memahami bagaimana TikTok beroperasi dan memoderasi konten. Untuk membagikan wawasan ini secara rutin, kami menerbitkan Laporan Penegakan Panduan Komunitas, untuk meningkatkan upaya pelaporan transparansi yang lebih luas. Karena statusnya yang sedang memproses dan merespons permintaan hukum, kami akan terus mempublikasikan data tersebut dua kali dalam satu tahun.

Berikut adalah beberapa informasi utama dari laporan kuartal 1 tahun 2021 kami, yang dapat Anda baca selengkapnya <<di sini>>.

  • 61.951.327 video dihapus karena melanggar Panduan Komunitas atau Ketentuan Layanan kami, yaitu kurang dari 1% dari semua video yang diunggah di TikTok.
  • 82% dari video ini dihapus sebelum ditonton siapa pun, 91% sebelum dilaporkan oleh pengguna, dan 93% dalam waktu 24 jam setelah diunggah.
  • 1.921.900 iklan ditolak karena melanggar kebijakan dan panduan periklanan.
  • 11.149.514 akun telah dihapus karena melanggar Panduan Komunitas atau Ketentuan Layanan kami, di mana 7.263.952 akun telah dihapus karena berpotensi dimiliki oleh seseorang di bawah usia 13 tahun. Jumlah ini kurang dari 1% dari semua akun di TikTok.
  • 71.470.161 akun diblokir agar tidak dibuat melalui cara otomatis.


Kami terus memperluas informasi yang kami berikan di setiap edisi Laporan Transparansi, agar dapat membantu industri dalam isu transparansi dan akuntabilitas seputar keamanan pengguna. Untuk meningkatkan visibilitas tindakan yang kami ambil dalam melindungi anak di bawah umur, di laporan ini kami menambahkan jumlah akun yang dihapus karena berpotensi dimiliki oleh anak di bawah umur. Tindakan ini adalah kelanjutan dari usaha kami untuk memperkuat pengaturan privasi bagi remaja, menawarkan alat-alat untuk memberdayakan orang tua dan keluarga, serta membatasi fitur seperti Direct Message dan Livestream hanya untuk pengguna yang berusia 16 tahun ke atas. Untuk terus memperkuat misi kami dalam menjaga TikTok sebagai tempat yang tepat bagi pengguna berusia 13 tahun ke atas, kami bertujuan untuk terus mengeksplorasi teknologi terbaru untuk mengatasi tantangan industri dalam memastikan usia pengguna.

Laporan ini juga melampirkan tinjauan keamanan pertama kami untuk program global bug bounty, yang membantu kami secara proaktif mengidentifikasi dan mengatasi keamanan-keamanan yang rentan. Program ini memperkuat kematangan keamanan kami dengan mendorong peneliti keamanan global untuk mengidentifikasi dan melaporkan bug secara bertanggung jawab kepada tim kami. Dengan ini, kami dapat mengatasi isu keamanan sebelum dieksploitasi oleh peretas. Seperti yang kami laporkan, di kuartal pertama tahun 2021, TikTok telah mendapatkan 33 pengajuan yang sah, dan 29 di antaranya telah kami atasi. Kami juga telah menerima dan mempublikasikan 8 permintaan pengungkapan publik. Untuk memberikan respon yang efisien, TikTok memiliki waktu respon rata-rata 8 jam, waktu resolusi 30 hari, dan membutuhkan rata-rata 3 hari untuk menghapus bug bounty tersebut.

Ke depannya, kami akan mempublikasi data di pusat transparansi kami, yang tengah kami kembangkan untuk menjadi rumah bagi semua pelaporan transparansi TikTok dan informasi lain tentang upaya kami dalam melindungi keselamatan dan integritas platform kami.