TikTok sebagai platform terdepan di dunia untuk video singkat, meluncurkan tantangan tagar terbarunya berjudul #BelajarBareng mulai 25 November sampai 25 Desember 2019 untuk mengundang kreator berbagi konten edukatif serta berbasis pengetahuan yang dapat menginspirasi pengguna lainnya.

“Di TikTok, kami percaya teknologi bukan hanya dapat memberdayakan kreativitas, namun juga mendorong orang untuk saling memberikan inspirasi. Melalui #BelajarBareng, kami ingin mengundang kreator TikTok dan para mitra untuk berbagai konten berbasis pengetahuan dalam bentuk video singkat di platform ini,” kata Angga Anugrah Putra, Head of Content and Users Operations, TikTok Indonesia.

Sebuah studi oleh TikTok dan YouGov, grup internasional untuk riset dan analisa data, yang dilakukan bulan Oktober 2010 dengan peserta dari Asia Tenggara, menunjukkan bahwa orang Indonesia percaya bahwa kreator konten akan menjadi lebih penting lagi di masa depan. Bahkan, 60 persen dari mereka melihat kreator konten sebagai sumber inspirasi.

Dalam kampanye #BelajarBareng ini, TikTok berkolaborasi dengan sejumlah mitra dari perusahaan teknologi pendidikan, termasuk Superprof, platform untuk krisis privat yang tersedia di 22 negara dan 9 bahasa. 

“Pendidikan berbasis digital menjadi alat yang penting dalam keseluruhan kerangka edukasi untuk mendukung pendekatan pembelajaran yang baru dan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi kreatif di negara ini. Platform seperti TikTok secara efektif mengoptimalkan kesempatan belajar, karena menawarkan akses untuk berbagai alat, dalam satu aplikasi, sehingga menyediakan pengalaman belajar yang kaya,” kata Kurniawan, Country Manager Superprof Indonesia. “Kami sangat bersemangat bisa mendapatkan kesempatan untuk berkolaborasi dengan TikTok dalam inisiatif ini.”

Sedangkan Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tegal memilih menggunakan platform TikTok untuk memperkenalkan serta mempromosikan potensi wisata Kabupaten Tegal dan juga kebudayaan mereka, termasuk bahasa dialek ‘Tegalan’.

“Dengan keragaman di Indonesia yang menawarkan beragam budaya dan bahasa, kami ingin menunjukkan kepada generasi muda tentang betapa menyenangkannya belajar bahasa. Itulah sebabnya kami bermitra dengan TikTok untuk mempromosikan bahasa lokal kami melalui video pendek,” kata Suharinto, S.Sos, M.Si Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tegal.

Selain Superprof, #BelajarBareng juga bekerjasama dengan sejumlah institusi, antara lain Cakapcom yang mengajar berbagai bahasa, The British Institute memberikan pengenalan bahasa Inggris, Detik.com yang berbagi trik-trik sederhana untuk sehari-hari, dan JagatReview yang menggunakan akunnya untuk menyediakan tips teknologi dan masih banyak lagi.

“Selain berbagi hasil-hasil karya, saya senang bisa berbagi tips dan trik kepada pengguna lain atau penikmat fotografi melalui TikTok,” kata kata Barry Kusuma, salah satu kreator TikTok yang menggunakan akunnya juga untuk berbagi tips dalam fotografi. 

Untuk mengikuti tantangan tagar ini, pengguna dapat membuat video berdurasi 15 detik hingga 60 detik menggunakan alat editing yang dapat diakses di aplikasi TikTok dan memakai tagar #BelajarBareng.

Siap untuk mendapatkan inspirasi dari #BelajarBareng? Unduh TikTok di  iOS and Google Play