TikTok Music hari ini mengumumkan rangkaian fitur penemuan musik baru, yang dirancang untuk meningkatkan kenikmatan pengguna dalam mendengarkan musik.

TikTok Music yang diluncurkan di Indonesia pada Juli 2023 lalu memanfaatkan kekuatan penemuan musik di TikTok untuk membantu pengguna menikmati berbagi lagu dan musisi favorit yang sedang trending di TikTok Music. Integrasi ini memungkinkan pengguna untuk mendengar, mengunduh, dan membagikan lagu lengkap kepada komunitasnya, serta beralih dari TikTok ke TikTok Music dengan mudah.

Sejumlah fitur penemuan musik terbaru yang diluncurkan hari ini antara lain Mode Pesta (Party It), untuk pengalaman mendengarkan musik kolaboratif yang dipersonalisasi; FYP Tuning, yang memungkinkan pengguna untuk memilih berbagai suasana dan mood musik dengan menggeser layar ke kanan; serta Tonik, asisten pribadi untuk penemuan musik yang ditenagai oleh ChatGPT. Pengguna TikTok Music dapat mengajukan pertanyaan seputar musik pertanyaan kepada Tonik untuk mencari musisi, lagu, atau daftar putar, bertanya tentang berita konser musik terkini, mengetahui cerita di balik lagu tertentu, dan masih banyak lagi.




"TikTok Music telah mendapat sambutan yang sangat hangat dari penggemar musik di Indonesia sejak diluncurkan pada Juli lalu. Kami sangat senang dapat menghadirkan lebih banyak fitur untuk pengguna kami hari ini, termasuk asisten pribadi penemuan musik terbaru TikTok Music yaitu Tonik. Kami juga berharap dapat membantu komunitas kami untuk menemukan dan berbagi lebih banyak musik di TikTok Music," jelas Matthew Tanaya, Artist Promotions Lead, TikTok Music SEA.

TikTok Music menawarkan koleksi lagu dari ribuan label dan artis, pengalaman mendengarkan musik bebas iklan tanpa gangguan, dan fungsi unduh musik untuk didengarkan secara offline. Sebagai layanan musik berlangganan premium, TikTok Music ingin menawarkan pengalaman mendengarkan musik dengan kualitas audio terbaik, sekaligus membuka peluang dan aliran pendapatan bagi artis dan pemegang hak cipta.

TikTok Music kini tersedia di lima negara: Indonesia, Brasil, Meksiko, Singapura, dan Australia. Semua pengguna baru TikTok Music dapat memanfaatkan uji gratis selama satu bulan. Untuk informasi lebih lanjut tentang TikTok Music dan membuat akun, kunjungi https://music.tiktok.com/ atau kunjungi iOS App Store atau Google Play Store.


Catatan:

Selain berbagai fitur baru yang diumumkan hari ini, TikTok Music menawarkan beragam fitur streaming musik sosial, antara lain:

  • Sync dengan TikTok: Sinkronisasikan akun TikTok & TikTok Musik Anda dengan mudah untuk menikmati lagu favorit
  • Mainkan Hits TikTok: Dengarkan versi lengkap dari lagu-lagu yang sedang trending di TikTok
  • Penemuan Musik dengan TikTok: Rekam perjalanan penemuan musik Anda di TikTok dan temukan lagu-lagu di TikTok Music
  • Temukan Musik Yang Lebih Dipersonalisasi: Geser ke atas dan bawah untuk mengeksplor lagu khusus untuk Anda
  • Temukan Artis/Musisi Yang Baru dan Sedang Naik Daun: Temukan musisi/artis favorit baru Anda
  • Temukan Komunitas Musik Anda: Ekspresikan dirimu lewat fitur komentar, nikmati cerita di balik layar (behind the scenes), dan terhubung dengan sesama pecinta musik
  • Bernyanyi dengan Lirik Lagu Waktu Nyata (Real-Time): Bernyanyi dan nge-rap layaknya musisi/artis ternama dengan lirik terintegrasi yang tampil secara otomatis
  • Buat Daftar Lagu Kolaboratif dengan Teman-Teman: Membuat musik lebih asik bersama teman terdekat
  • Impor Perpustakaan Musik Anda: Dengan hanya satu klik, Anda dapat mengimpor playlist (daftar lagu) eksternal dan memainkannya lewat TikTok Music
  • Temukan Lagu lewat Temukan Lirik: Tidak tahu nama lagu atau musisinya? Pecahkan misteri dengan pencarian lirik
  • Beri Judul Lagu: Cari tahu lagu apa pun yang sedang didengarkan dengan mudah lewat fitur 'Song Catch'