Oleh Cormac Keenan, Head of Trust and Safety

Hari ini, TikTok telah memperbarui Panduan Komunitas untuk terus mendukung kesejahteraan komunitas dan integritas TikTok. Transparansi kepada komunitas kami adalah hal yang sangat penting, dan pembaruan ini memperjelas atau memperluas jenis perilaku dan konten yang akan ditangguhkan dari platform atau tidak memenuhi syarat untuk direkomendasikan di laman 'Untuk Anda' (For You Feed). TikTok secara rutin memperkuat pengamanan agar dapat terus menyatukan banyak orang untuk saling berkreasi, terhubung, dan terhibur dalam jangka panjang.

Membangun platform hiburan yang aman dan nyaman

Di TikTok, kami percaya setiap orang dapat mengekspresikan diri secara kreatif dan terhibur dalam lingkungan yang aman, nyaman, dan ramah. Panduan Komunitas TikTok membantu menjelaskan bahwa penetapan kebijakan-kebijakan ini dapat membantu komunitas TikTok memahami jenis konten apa yang dapat dibuat di dalam platform dan penonton juga tahu apa jenis konten yang harus dilaporkan kepada kami. Kebijakan TikTok dirancang untuk meningkatkan pengalaman pengguna yang aman, beragam, dan otentik. Kebijakan tersebut juga memperhitungkan kehadiran tren maupun ancaman yang diamati di internet dan dalam platform TikTok. Kami juga mendengarkan tanggapan dari komunitas, Dewan Penasihat Keamanan Asia Pasifik (Asia Pacific Security Advisory Council), dan pakar lainnya di bidang keamanan digital (safety and security), moderasi konten, kesehatan dan kesejahteraan, serta perkembangan remaja.

Beberapa pembaruan utama yang diumumkan hari ini dan akan diterapkan selama beberapa minggu ke depan meliputi:

  • TikTok memperkuat kebijakan tindakan dan tantangan berbahaya. Kami akan terus menerapkan pendekatan lebih ketat yang sebelumnya diumumkan untuk mencegah konten-konten berbahaya seperti konten bunuh diri yang bersifat hoaks, menyebar di dalam platform TikTok. Sebelumnya, kebijakan ini berada dalam kebijakan bunuh diri dan tindakan menyakiti diri sendiri, namun kali ini akan masuk ke dalam kategori kebijakan terpisah dengan lebih detail sehingga komunitas kami lebih mudah untuk membiasakan diri mereka dengan kebijakan ini. Sebagai upaya untuk terus mendukung komunitas kami memahami tantangan online dan tetap aman saat bersenang-senang, kami bekerja sama dengan para ahli untuk meluncurkan video terbaru dari para kreator konten seperti @baldtwins dan @syarif.yosee untuk mengajak pengguna lain mengikuti empat langkah bermanfaat saat melihat sebuah konten - berhenti, berpikir, memutuskan, dan bertindak. Anggota komunitas juga dapat melihat video tersebut melalui tagar #SaferTogether dalam laman Discover TikTok selama seminggu ke depan.
  • TikTok memperluas pendekatan pada perilaku gangguan makan. Seiring dengan penangguhan konten-konten yang mempromosikan perilaku gangguan makan (eating disorder), kami juga akan menangguhkan konten yang mempromosikan perilaku gangguan makan. Perubahan ini dilakukan dengan melakukan konsultasi bersama para ahli perilaku gangguan makan, peneliti, dan dokter, karena kami memahami bahwa seseorang dapat mengalami kesulitan dengan perilaku dan pola makan yang tidak sehat tanpa memiliki diagnosis penyakit gangguan makan. Hal ini kami lakukan untuk memahami lebih banyak gejala, seperti olahraga berlebihan atau puasa jangka pendek, yang sering kali tidak disadari sebagai tanda awal dari sebuah masalah. Area ini memiliki tantangan tersendiri untuk dilakukan dengan benar secara konsisten, oleh karena itu kami telah melatih tim terkait untuk tetap waspada akan cakupan konten yang lebih luas.
  • TikTok menambahkan penjelasan terkait jenis ideologi kebencian yang dilarang di dalam platform. Ideologi ini termasuk deadnaming, misgendering, atau misogyny serta konten yang mendukung atau mempromosikan program terapi konversi. Meskipun ideologi ini telah lama dilarang di TikTok, kami mendengar langsung dari kreator dan organisasi masyarakat bahwa hal tersebut penting untuk dijelaskan secara lebih mendalam di dalam Panduan Komunitas TikTok.
  • TikTok memperluas kebijakan untuk melindungi keamanan, integritas, ketersediaan, dan keandalan platform. Perluasan kebijakan ini termasuk melarang akses tidak sah ke TikTok, termasuk konten, akun, sistem atau data, dan melarang penggunaan TikTok untuk melakukan aktivitas kriminal. Selain memeberikan edukasi kepada komunitas kami untuk mengenali, menghindari, dan melaporkan aktivitas mencurigakan, kami membuka pusat pemantauan dan investigasi insiden dunia maya yang canggih di Washington DC, Dublin, dan Singapura pada tahun ini. Pengoperasian Fusion Center TikTok ini memungkinkan pemantauan ancaman susulan dan pengumpulan intelijen, di mana kami juga terus bekerja bersama para pakar industri terkemuka untuk menguji dan meningkatkan keamanan kami.

Sebagai tambahan, komunitas TikTok dapat menemukan informasi lebih lanjut tentang kategori konten yang tidak memenuhi syarat untuk direkomendasikan ke laman 'Untuk Anda' (For You Feeds). Meskipun kemampuan untuk menemukan untuk ide-ide baru, kreator, dan minat menjadi keunikan tersendiri dari platform TikTok, konten dalam For You feed mungkin berasal dari kreator yang belum pernah diikuti oleh pengguna atau berhubungan dengan minat dan ketertarikan mereka. Oleh karena itu, ketika TikTok menemukan konten yang mungkin tidak sesuai dengan para pengguna, termasuk semua orang dari remaja hingga dewasa, kami melakukan yang terbaik untuk menangguhkan konten tersebut dari sistem rekomendasi kami.

Setiap anggota komunitas kami akan diminta untuk membaca panduan terbaru kami ketika mereka membuka aplikasi TikTok dalam beberapa minggu mendatang.

TikTok berkomitmen untuk bertanggung jawab kepada komunitas

Kekuatan suatu kebijakan terletak pada keberlakuannya. Panduan Komunitas kami berlaku untuk semua orang dan semua konten di TikTok dan kami berusaha untuk terus konsisten dan adil dalam penegakan kebijakan ini. Kami menggunakan kombinasi teknologi dan manusia untuk mengidentifikasi dan menangguhkan pelanggaran yang terjadi pada Panduan Komunitas TikTok. Kami juga akan akan terus melatih sistem otomatis dan tim keamanan kami untuk menegakkan kebijakan ini.

Sebagai bentuk tanggung jawab kami kepada komunitas TikTok, Lembaga Swadaya Masyarakat (Non-governmental Organization - NGO), dan lainnya, setiap kuartal kami merilis Laporan Penegakan Panduan Komunitas. Laporan terbaru yang dirilis hari ini menunjukkan bahwa lebih dari 91 juta video yang melanggar telah ditangguhkan selama Q3 2021, yakni sekitar 1% dari semua video yang diunggah. Dari video tersebut, 95,1 % konten ditangguhkan sebelum pengguna melaporkannya, 88,8 % sebelum video ditayangkan, dan 93,9 % setelah diunggah dalam 24 jam. Kami terus memperluas sistem yang mendeteksi dan menangguhkan kategori pelanggaran tertentu ketika konten tersebut diunggah, termasuk kegiatan asusila dan aktivitas seksual, keamanan remaja, serta aktivitas ilegal dan hal-hal lain yang telah diatur. Hasilnya, volume penangguhan secara otomatis telah meningkat, di mana hal ini meningkatkan keamanan platform TikTok secara menyeluruh dan memungkinkan tim kami untuk lebih memfokuskan waktunya untuk meninjau konten kontekstual, seperti ujaran kebencian, penindasan dan pelecehan, dan misinformasi.

Kami telah membuat langkah signifikan untuk meningkatkan kebijakan dan penegakan kebijakan tersebut, termasuk keakuratan, kecepatan, dan konsistensi, meskipun kami menyadari tidak ada garis akhir dalam hal menjaga keamanan setiap orang. Kami bersemangat untuk membantu semua orang memiliki pengalaman terbaik dan bermanfaat di TikTok.