• Fitur 'Tambahkan ke Aplikasi Musik' memanfaatkan kekuatan penemuan musik di TikTok untuk secara langsung mendorong konsumsi musik di layanan streaming musik
  • Fitur baru ini kini diluncurkan untuk pengguna di Indonesia


TikTok dengan bangga mengumumkan bahwa fitur 'Tambahkan ke Aplikasi Musik'  kini diluncurkan untuk pengguna di Indonesia.

Fitur 'Tambahkan ke Aplikasi Musik' memberikan penggemar musik kemampuan untuk menyimpan lagu yang mereka temukan di TikTok pada layanan streaming musik pilihan mereka (tergantung ketersediaan), termasuk TikTok Music di Indonesia. Fitur 'Tambahkan ke Aplikasi Musik' dirancang untuk membantu penggemar musik menangkap lagu yang mereka sukai di TikTok pada saat proses pencarian, dan untuk dengan mudah menyimpan lagu tersebut ke layanan streaming musik pilihan mereka untuk dinikmati kapan pun mereka mau.

Fitur ini akan hadir sebagai tombol 'Tambahkan lagu' di sebelah nama lagu pada bagian bawah video TikTok di laman Untuk Anda (FYP) guna mengajak pengguna untuk menyimpan lagu tersebut ke layanan streaming musik pilihan mereka. Saat pertama kali pengguna menekan tombol 'Tambahkan Lagu', mereka dapat memilih untuk menyimpannya ke layanan streaming musik pilihan mereka*.

Lagu tersebut kemudian akan disimpan dalam daftar putar di layanan streaming musik pilihan pengguna. Selain itu, pengguna juga dapat memilih untuk menambahkan lagu tersebut ke daftar putar baru atau daftar putar yang sudah mereka buat. Setelah menggunakan fitur 'Tambahkan ke Aplikasi Musik', aplikasi musik pilihan pengguna kemudian akan menjadi layanan streaming musik default untuk penyimpanan lagu di masa mendatang. Namun, pengguna dapat memilih untuk mengubah layanan streaming musik pilihan mereka kapan saja melalui 'Pengaturan'. Pengguna juga dapat menggunakan fitur 'Tambahkan ke Aplikasi Musik' dari laman 'Detail Suara' milik musisi.

“Melalui fitur 'Tambahkan ke Aplikasi Musik', kami menyederhanakan pengalaman penemuan musik bagi pengguna dan musisi TikTok,” jelas Isaac Bess, Global Head of Distribution Partnerships, TikTok. “Penggemar musik kini bisa menyimpan musik dari TikTok langsung ke layanan streaming musik favorit mereka yang mendorong penemuan musik dan membantu lebih banyak lagu untuk menjadi terkenal. Kami sangat bersemangat untuk menghadirkan fitur ini kepada jutaan penggemar musik di seluruh dunia guna memberikan lebih banyak kesempatan bagi musik untuk ditemukan dan dinikmati oleh penggemar, serta bagi musisi untuk menjangkau audiens baru dan mengembangkan karier mereka."

Fitur 'Tambahkan ke Aplikasi Musik' telah diluncurkan untuk pengguna di Indonesia mulai hari ini.


Catatan

*Daftar aplikasi musik yang bisa dipilih melalui fitur 'Tambahkan ke Aplikasi Musik' di Indonesia adalah: Apple Music, Amazon Music, Spotify, dan TikTok Music