TikTok merupakan tempat di mana komunitas dapat terus berkembang. Dengan total lebih dari 78 miliar views hingga saat ini, komunitas #CleanTok telah menjadi wadah bagi para pegiat kebersihan untuk saling terhubung, berbagi kiat yang memudahkan hidup, mempelajari tips profesional, mengumpulkan rekomendasi produk, dan masih banyak lagi. Komunitas TikTok telah membuat konten tentang kebersihan yang sebelumnya dianggap membosankan menjadi salah satu kategori yang paling disukai dan menghibur di TikTok. Mulai dari menjaga kebersihan karena merupakan sebuah keharusan, karena menyukainya, maupun sebagai kegiatan yang bisa menenangkan - perawatan rumah jadi lebih seru dengan adanya TikTok.

Untuk merayakan komunitas #CleanTok™, kami bermitra dengan Unilever untuk membuat dan mengkurasi konten secara khusus bagi para penggemar kebersihan di seluruh dunia. Bersama dengan Unilever serta Gravity Road dan Mindshare sebagai mitra inti, TikTok akan merilis berbagai serial konten bertajuk #CleanTok™ dan mengadakan berbagai aktivitas sepanjang periode 40 minggu yang terbagi dalam:

  • Sunday Reset: Terinspirasi oleh fenomena global "reset" untuk menghadapi minggu yang akan datang. Seri konten yang dibuat oleh para kreator ini menunjukkan bagaimana setiap orang menjalani rutinitasnya di hari Minggu. Mulai dari mencuci baju hingga membersihkan kamar mandi, para kreator #CleanTok™ dapat dengan mudah menyelesaikan semua pekerjaan rumah mingguan dengan lancar!
  • Cleaning Conundrum: Konten yang dibuat oleh kreator menyorot tips dan trik terbaik dan paling menghibur untuk membuat rumah dari kotor menjadi bersih, yang semuanya dapat diabadikan di TikTok.
  • Festival of Cleaning: Seri konten editorial yang tayang selama 6 minggu yang menampilkan konten kebersihan terbaik oleh para kreator. Didesain khusus untuk komunitas #Cleantok™ di Indonesia, The Festival of Cleaning turut merayakan berbagai momen kebersihan serta tren lokal.
  • The #CleanTok™ Awards: Serangkaian penghargaan untuk merayakan dan mengangkat konten serta kreator yang tergabung di komunitas global CleanTok™. #CleanTok Awards akan menyorot konten dan kreator paling menarik, membantu, dan menghibur.

  • Untuk meluncurkan kolaborasi #CleanTok™, kami bekerja sama dengan kreator @Amerowssa (529k followers).


    Sebagai bagian dari kemitraan tersebut, TikTok juga meluncurkan pusat informasi atau hub resmi #CleanTok™. Pusat informasi di dalam aplikasi TikTok ini akan mengarahkan pengguna menuju dunia yang berkilau dari #CleanTok™, serta menjadi rumah untuk semua konten terbaru terkait kebersihan dalam satu tempat yang mudah diakses.

    "Komunitas #CleanTok™ merupakan salah satu yang paling aktif di TikTok. Oleh karena itu, kami sangat senang dapat berkolaborasi dengan Unilever untuk menciptakan ruang yang dapat merayakan dan memfasilitasi konten kebersihan yang menghibur dan bermanfaat," kata Khartoon Weiss, Head of Global Agencies and Accounts, TikTok. "Hub #Cleantok™ adalah rumah baru bagi semua konten yang berkaitan dengan kebersihan di TikTok dan kami tidak sabar untuk melihat tanggapan dari komunitas TikTok terkait hub baru ini."

    "Ada banyak perasaan yang melekat pada rumah kita. Jadi, meskipun produk kebersihan secara tradisional dianggap sebagai sesuatu yang fungsional dan kegiatan bersih-bersih menjadi sebuah pekerjaan rumah, pengalaman menggunakan produk yang benar dapat memberikan kepuasan dan ketenangan yang besar," ucap Eduardo Campanella, Home Care Chief Marketing Officer, Unilever. "Kemunculan #CleanTok pada awal masa pandemi hingga saat ini telah menunjukan bagaimana kita terus berupaya membuat rumah menjadi nyaman, terlihat rapi, dan juga wangi. Oleh sebab itu, kami ingin terus menginspirasi dan memberikan pengetahuan kepada lebih banyak orang. Kami harap kolaborasi bersama tim kreatif TikTok untuk mengembangkan konten terbaru dan menarik ini dapat menambah wawasan yang bermanfaat, khususnya terkait audiens yang semakin berkembang dari generasi muda, di mana mereka sama antusiasnya dengan kami dalam hal kebersihan," jelasnya.

    "Hal yang menarik adalah bagaimana skala dan keragaman tren TikTok dapat menjadi wadah untuk seluruh kategori pemasaran global. #CleanTok merupakan komunitas beragam dengan suara yang menyenangkan, bermanfaat, serta menghibur. Kami senang bisa membawa keahlian kami dalam membentuk dan menghadirkan kolaborasi pembawa perubahan ini," ungkap Jacinta Faul, Managing Director, Gravity Road.

    Konten dari kemitraan ini dan hub #CleanTok dapat diakses oleh pengguna di Inggris, Vietnam, Turki, Brasil, Filipina, Thailand, Prancis, Belanda, Argentina, dan Indonesia*.


    *Hub #CleanTok™ telah diluncurkan di Inggris Raya, Turki, Prancis, Belanda, dan Brasil. Hub untuk Indonesia, Filipina, Thailand, Argentina, dan Vietnam akan diluncurkan dalam beberapa minggu ke depan. Semua pasar akan berjalan hingga Januari 2024.