Fesyen bermula di TikTok. Mulai dari memamerkan desain terbaru, memberikan tips #GRWM dan inspirasi #OOTD melalui tagar #SerunyaGayaBareng, hingga menemukan tren dan menerapkan sustainable fashion, kreator fesyen dan kecantikan dari seluruh dunia hadir di TikTok untuk mengekspresikan kreativitas mereka, menginspirasi banyak tren dan menjadi perbincangan di dunia fesyen saat ini dan di masa depan.

Untuk merayakan Fashion Month tahun ini, TikTok Indonesia meluncurkan kampanye #GayadiTikTok yang menyorot kreativitas beragam kreator dalam mengekspresikan gaya fesyen mereka yang autentik dan mengeksplor potensi baru melalui fashion remixing. Mengusung semangat inklusivitas, TikTok mengajak para pegiat fesyen untuk meramaikan kampanye #GayadiTikTok ini yang berlangsung mulai 20 September hingga 20 Oktober 2023 di dalam dan di luar TikTok. Temukan inspirasi fesyen dan kecantikan terbaik, momen-momen spesial di atas dan di balik panggung peragaan busana, kreator yang patut diperhatikan, brand yang wajib dicintai, dan masih banyak lagi.

Memperkenalkan #TikTokFashion Collective Global yang pertama

Setiap hari, komunitas global TikTok yang beranggotakan lebih dari 1 miliar orang menemukan dan terinspirasi oleh tren yang diciptakan dan didorong oleh para kreator di TikTok, menjadikan dunia fesyen lebih relevan dan mudah diakses sambil mendefinisikan ulang industri tersebut. Untuk merayakan dampak komunitas kreator global TikTok di dunia fesyen, TikTok sangat senang memperkenalkan #TikTokFashion Collective - para kreator dari seluruh dunia yang adalah orang-orang kreatif, perancang, dan visioner fesyen yang membentuk masa depan fesyen di dalam dan di luar TikTok. Mulai dari model dan fotografer hingga perancang baru yang berbakat hingga komentator fesyen yang cerdas, anggota #TikTokFashion Collective adalah talenta generasi mendatang yang mewakili suara-suara paling menarik yang memasuki industri ini, pada akhirnya mengimajinasikan ulang fesyen melalui autentisitas, ekspresi diri, dan kreativitas mereka.

Selama Fashion Month, para anggota kolektif ini akan diundang untuk berpartisipasi dalam acara-acara Fashion Week lokal dan bekerja sama dengan TikTok untuk berbagi konten dari momen-momen paling menarik selama Fashion Month. Komunitas global TikTok dapat mengikuti #TikTokFashion Collective untuk mendapatkan pandangan mereka tentang tren teratas, dan melihat momen-momen menarik di balik layar dalam industri fesyen. Konten dari #TikTokFashion Collective juga akan ditampilkan di hub Fashion Month di TikTok, sehingga memudahkan komunitas TikTok untuk mengikuti perjalanan mereka selama Bulan Mode. Temukan lebih banyak tentang #TikTokFashion Collective melalui lookbook TikTok!

Merayakan Fashion Month dengan Fashion Nation

Budaya TikTok yang menjunjung autentisitas mendorong terjadinya penemuan dan inspirasi, yang akhirnya memunculkan tren baik di dalam aplikasi maupun di panggung busana. Keunikan TikTok ini juga memberdayakan brand untuk terhubung dengan audiens yang lebih besar. Sepanjang tahun 2023, #TikTokFashion dan #BeautyTok yang menjadi tagar di seluruh dunia telah meningkat hingga 300%, menyatukan salah satu komunitas dengan pertumbuhan paling cepat dan dinamis di platform ini.

Kampanye Fashion Month di TikTok Indonesia tahun ini dirayakan dengan hashtag challenge di dalam aplikasi, workshop bersama sekolah mode ESMOD, dan kolaborasi bersama Senayan City di ajang fesyen tahunan, Fashion Nation. Kolaborasi ini menghadirkan pop-up exhibition yang menampilkan kemeriahan kategori fesyen di TikTok, serta peragaan busana yang menampilkan kolaborasi antara desainer muda ESMOD dan sejumlah kreator fesyen di TikTok, antara lain Tysna Putra, Wiralagabae, Andre Panaga, Alicia Eva, Dilla Probokusumo, Roman Nuansa, Purwakembar, dan Valerie & Veronica Twins.

@tysnasaputra satu lagi checklist hidup kesampean!!! thank you banget @tiktokIDofficial dan @ESMOD Jakarta , kesampean juga bikin koleksi baju buat ditampilin di fashion show!! #gayaditiktok #TiktokFashion #serunyabelajar ♬ original sound - Tysna Saputra
@dillaprb Omg gue bakal jalan di runway?!😭🫠👗🪡✂️tanggal 28 september!😭di SENCY!! Gila seru banget fashion month ini, literally dream come trueee!! Deg degan sih ada banget shay, tapi nanti gue bakal pake 3 look yang di design sama anak anak ESMOD Jakarta di acara #FashionNation #fyp #foryoupage #gayaditiktok #tiktokfashion #fashion #fashiondesign #dillahreviews #adayinmylife #storytime #runway #fashionshow ♬ original sound - Dillah Probokusumo

"Konten seputar fesyen terus berkembang di TikTok, bukan hanya di Indonesia, tapi juga di seluruh dunia. Bahkan konten seputar fashion dan beauty telah tumbuh lebih dari 300%* setahun belakangan ini dari para kreator di seluruh dunia. Menyediakan berbagai fitur kreatif seperti editing tools, efek khusus, hingga musik, TikTok terus mendukung dan memberdayakan komunitas pengguna kami, termasuk para kreator dan pelaku fesyen untuk tumbuh secara kreatif. Tidak jarang ada banyak kreator, desainer, brand, serta pelaku fesyen lainnya yang mendapatkan peluang nyata setelah aktif bergabung sebagai bagian dari keluarga fesyen dan kecantikan di TikTok," ungkap Kevin Chandra, Creator Partnership Lead - Lifestyle, Education & Emerging, TikTok Indonesia.

Didukung oleh komunitas TikTok yang tersebar ke seluruh dunia, para kreator, brand, maupun UMKM kini bisa mendapatkan kesempatan untuk ditemukan dan dikenal oleh para fashion enthusiast lebih luas di belahan dunia lainnya.

Dengan pengguna TikTok yang menyukai konten fesyen lebih mungkin menemukan brand dan produk baru di TikTok, tepatnya 1.2 kali lipat lebih mungkin dibanding pengguna platform lain, TikTok terus mendukung industri fesyen dan kreatif di seluruh dunia melalui kerjasama strategis yang merayakan dan membuka peluang nyata bagi desainer, brand, dan bisnis kecil. TikTok telah berkolaborasi dengan beberapa Fashion Week ternama di berbagai belahan dunia, termasuk Milan Fashion Week (Camera Moda), Copenhagen Fashion Week, London Fashion Week (BFC NewGen), dan masih banyak lagi.

Jelajahi digital runway dengan Fashion Month search hub

Untuk Fashion Month tahun ini, TikTok memudahkan pengguna untuk tetap up-to-date dengan tren dan momen terbaru melalui Fashion Month search hub, yang bisa diakses pengguna dengan mengetik "Fashion Month" lalu klik 'Cari'. Menampilkan konten-konten terbaru dari kreator dan brand, pengguna bisa menemukan berbagai rekomendasi gaya hingga beasiswa tata busana yang sedang tersedia untuk membantu penggiat fesyen menemukan apa yang mereka cari.

"Di TikTok, fesyen dan kecantikan berjalan seiring dengan kreativitas, keberagaman, dan autentisitas. Sungguh luar biasa melihat kreator fesyen dan kecantikan meraih kesuksesan baik di dalam maupun di luar TikTok. Merayakan Fashion Month, TikTok berharap dapat menginspirasi komunitas global dengan mendekatkan mereka ke peragaan busana, memperkenalkan pengalaman unik, dan menyoroti suara-suara paling berbakat di bidang fesyen. Semuanya membentuk tren masa depan di dalam dan di luar TikTok," ungkap Vanessa Craft, Global Head of Lifestyle and Education, TikTok.

Tunjukkan gayamu lewat #GayadiTikTok dan efek kreatif

Selama kampanye ini, TikTok mengundang pengguna untuk berbagi penampilan terbaik, hiasan paling favorit, dan lainnya dengan mencantumkan #TikTokFashion dan #GayadiTikTok dengan menggunakan efek kreatif berikut ini:


TikTok senang sekali bisa menghadirkan berbagai program sepanjang Fashion Month ini dan merayakan tren, kreator, brand, serta momen yang menjadikan TikTok sebagai destinasi fesyen yang lebih beragam, autentik, dan inklusif saat ini dan juga di masa depan.

*Sumber: TikTok Marketing Science Global Retail Path to Purchase disusun oleh Material, Agustus 2021