Oleh Gina Hernandez, Product Manager, Trust & Safety

Orang-orang bergabung di TikTok untuk menjadi kreatif, menemukan komunitas, dan bersenang-senang. Menjadi otentik adalah hal yang bernilai bagi komunitas, dan kami bertanggungjawab membantu mengatasi konten yang tidak otentik, keliru, atau yang salah.

Kami menghapus konten misinformasi saat kami menemukannya dan bekerjasama dengan pemeriksa fakta di PoliticFact, Lead Stories, dan SciVerify untuk membantu kami menilai kebenaran sebuah konten. Jika pemeriksaan fakta mengkonfirmasi bahwa konten tersebut keliru, kami akan menghapusnya dari platform.

Terkadang pemeriksaan fakta tidak yakin atau konten tidak dapat dikonfirmasi, maka dalam kasus ini video tersebut tidak memenuhi syarat untuk direkomendasikan ke laman For You Feed siapapun guna membatasi penyebaran informasi yang berpotensi menyesatkan. Saat ini kami mengambil langkah lebih jauh untuk memberitahu penonton ketika kami mengidentifikasi sebuah video dengan konten yang tidak mendasar, agar video tersebut tidak disebarluaskan lebih jauh.

Begini caranya: Pertama, penonton akan melihat sebuah banner pada video jika konten tersebut telah ditinjau, tetapi tidak dapat divalidasi secara pasti.



Pembuat video juga akan diberi tahu bahwa videonya ditandai sebagai konten yang tidak berdasar.



Jika penonton mencoba membagikan video yang sudah ditandai, mereka akan melihat pesan yang mengingatkan bahwa video tersebut ditandai sebagai konten yang belum diverifikasi. Langkah tambahan ini memerlukan jeda, sehingga mereka bisa mempertimbangkan langkah selanjutnya, sebelum memilih "batal" atau "tetap membagikan".


Kami senang bahwa kreativitas komunitas kami mendorong orang-orang untuk membagikan video TikTok dengan orang lain yang mungkin akan menikmatinya, baik di dalam maupun di luar platform kami. Namun , kami telah merancang fitur ini untuk membantu pengguna lebih memperhatikan hal-hal yang akan mereka bagikan. Faktanya, ketika menguji cara ini, kami melihat tingkat berbagi menurun sebesar 24%, sementara likes pada konten tidak berdasar juga menurun sebesar 7%.

Fitur ini akan diluncurkan secara global selama beberapa minggu kedepan, dimulai dari Amerika Serikat dan Kanada. Hal ini dirancang dan diuji oleh Irrational Labs, sebuah laboratorium ilmu perilaku, dan merupakan kelanjutan dari program berkelanjutan kami untuk memajukan literasi media, termasuk membuat rangkaian video edukasi “Be Informed” yang kami buat bersama mitra kami yaitu National Association of Media Literacy Education. Kami percaya bahwa literasi media sangat penting untuk meningkatkan pengalaman daring semua orang dan kami terus berinvestasi pada pengalaman produk untuk membantu mempromosikan komunitas yang otentik dan ramah.