Oleh: Adam Presser, Head of Operations & Trust and Safety, TikTok

Kreator memainkan peran penting dalam membantu menjaga lingkungan yang aman dan menghibur bagi semua orang di TikTok. Oleh karena itu, kami fokus memberdayakan masyarakat melalui informasi mengenai kebijakan dan alat kami sehingga kreator dapat mengekspresikan diri dan terhubung dengan orang lain dengan aman. Hari ini, kami mengumumkan pembaruan pada Panduan Komunitas TikTok yang semakin memperjelas aturan kami serta fitur baru yang membantu kreator mempelajari kebijakan kami dan memeriksa status akun mereka.


Memperjelas aturan TikTok

Panduan Komunitas TikTok adalah aturan dan standar yang berlaku untuk semua hal dan semua orang di platform kami. Pembaruan hari ini, yang akan berlaku bulan depan, merupakan kelanjutan dari upaya berkelanjutan kami untuk meningkatkan pemahaman dan memberikan transparansi yang lebih baik tentang peraturan kami dan cara kami menegakkannya.

Dalam versi terbaru ini, kami telah menambahkan dan memperbarui definisi untuk memberikan kejelasan lebih lanjut tentang kebijakan kami, misalnya mengenai ujaran kebencian dan misinformasi kesehatan. Kami juga memberikan informasi lebih terperinci mengenai cara kami memoderasi fitur TikTok, seperti pada kolom Pencarian (Search), LIVE, dan laman Untuk Anda (For You Feed/FYF).

Kami juga memperbarui standar kelayakan Untuk Anda, yang membantu menciptakan laman Untuk Anda yang lebih aman dan sesuai untuk khalayak luas di TikTok. Kami memperkenalkan kebijakan yang membuat suatu akun tidak memenuhi syarat untuk direkomendasikan ke laman Untuk Anda sementara waktu jika kreator berulang kali mengunggah konten yang melanggar standar laman Untuk Anda. Akun dan konten mereka akan lebih sulit ditemukan dalam pencarian. Kami akan memberi tahu kreator jika akunnya dibatasi dengan cara ini, dan mereka dapat mengajukan banding.


Membantu kreator memahami peraturan TikTok

Kami selalu mencari cara untuk membantu kreator lebih memahami aturan unik kami dan memberikan peringatan jika kreator melanggar Panduan Komunitas TikTok untuk pertama kalinya. Peringatan tidak diperhitungkan dalam penghitungan teguran akun, namun pelanggaran apa pun di masa mendatang akan dihitung. Kami memberi tahu kreator tentang aturan mana yang mereka langgar dan bagaimana mereka dapat mengajukan banding jika mereka yakin telah terjadi kesalahan. Kebijakan toleransi nol (misalnya, hasutan untuk melakukan kekerasan) tidak memenuhi syarat untuk diingatkan karena akun tersebut akan segera diblokir.

Meningkatkan informasi status akun untuk kreator

Kami juga akan mempermudah kreator untuk memeriksa status akunnya saat kami mulai meluncurkan 'Pemeriksaan Akun'. Fitur baru ini akan memungkinkan para kreator dengan cepat mengaudit akun mereka dan 30 postingan terakhir mereka, sekaligus melihat sekilas apakah mereka memiliki reputasi yang baik di TikTok. Pemeriksaan Akun juga akan mencakup informasi tentang apakah akses ke fitur tertentu seperti komentar atau pesan langsung, telah dibatasi karena adanya pelanggaran. Kreator juga dapat melihat apakah konten mereka telah dihapus karena melanggar aturan kami atau dilarang untuk ditampilkan di laman Untuk Anda.

Dengan informasi ini, para kreator dapat lebih memahami bagaimana konten dan perilaku mereka dapat memengaruhi reputasi mereka di TikTok serta tahu caranya mengajukan banding jika mereka yakin bahwa TikTok melakukan kesalahan. Laman informasi ini merupakan tambahan dari laman "Status akun" yang diperkenalkan tahun lalu, yang mencantumkan pelanggaran video yang dilakukan kreator di TikTok.


Menetapkan standar bagi kreator yang terlibat dalam program TikTok

Hari ini, kami juga menerbitkan Kode Etik Kreator TikTok, yang akan mulai berlaku dalam beberapa minggu mendatang. Kode etik ini merupakan standar yang diharapkan dapat dipatuhi oleh para kreator yang terlibat dalam program, fitur, acara, dan kampanye TikTok, baik di dalam maupun di luar platform — selain Panduan Komunitas dan Ketentuan Layanan kami. Kami percaya bahwa dengan bergabung menjadi bagian dari program TikTok, kreator tidak hanya mendapatkan peluang, tapi juga tanggung jawab tambahan. Kode etik ini juga akan membantu memberikan jaminan tambahan kepada kreator bahwa peserta lain juga memenuhi standar yang sama.

Kami akan terus fokus untuk membantu komunitas TikTok, khususnya para kreator, untuk lebih memahami peraturan kami dan bagaimana kami menegakkan peraturan tersebut untuk memberikan pengalaman yang lebih aman bagi lebih dari satu miliar orang di TikTok.