Alexandra Evans, Head of Child Safety Public Policy, Europe

Di TikTok, kami berkomitmen untuk bekerjasama dengan orang tua dan wali saat mereka mendukung perjalanan digital anak remaja mereka. Kami menyadari bahwa bagi pengasuh, mencoba mengikuti tren yang berkembang atau platform baru mungkin terasa berat, dan berbicara tentang keamanan online dengan anak remaja mereka bisa terasa menakutkan.

Kami juga mendengar dari remaja bahwa mereka ingin suara mereka didengar dan dimengerti. Kami ingin membantu menyederhanakan berbagai hal dengan memberikan masukan kepada pengasuh tentang dukungan apa saja yang dicari oleh remaja dari orang dewasa tepercaya dalam hidup mereka - dan siapa lagi yang lebih baik memberi nasihat tentang apa yang mereka butuhkan, kalau bukan remaja itu sendiri?

Dengan semangat tersebut, kami memperluas fitur Pelibatan Keluarga dengan menambahkan saran untuk orang tua, yang dikembangkan melalui kerja sama dengan remaja dan pakar keamanan remaja online di Internet Matters.

Akun orang tua atau wali yang saat ini ditautkan ke akun remaja melalui Pelibatan Keluarga akan menerima pemberitahuan yang meminta mereka untuk mengetahui lebih lanjut tentang dukungan yang diinginkan remaja dan saran mereka tentang bagaimana membangun percakapan mengenai literasi dan keamanan digital.

Mulai hari ini, orang tua baru atau pengasuh yang mengaktifkan fitur Pelibatan Keluarga akan menerima masukan ini saat mendaftar, yang juga tersedia di bagian Panduan bagi Orang Tua dan Wali di Pusat Keamanan kami.


Inilah dukungan yang diinginkan remaja dari pengasuh saat mereka menavigasi pengalaman online mereka:


  1. "Bantu saya memahami aturan" - Remaja tidak mengharapkan orang dewasa tepercaya untuk menjadi ahli di setiap platform, tetapi mereka menghargai dukungan untuk menyiapkan akun mereka. Ini termasuk bantuan untuk memeriksa dan memahami pengaturan privasi dan keamanan. Mereka juga memberi tahu kami bahwa orang tua tidak perlu takut untuk menetapkan batasan; remaja justru mengharapkan adanya batasan.
  2. "Bisa diajak mengobrol" - Remaja ingin orang dewasa tepercaya tertarik dengan kehidupan digital mereka dan menyadari betapa pentingnya dunia online bagi mereka. Terbukalah untuk mengobrol, dan jangan takut untuk memulai percakapan.
  3. "Jangan panik ketika ada yang tidak beres" - Anak remaja Anda telah datang kepada Anda untuk meminta bantuan - itu bagus! Mereka mungkin merasa rentan, takut, malu, atau kesal, jadi beri tahu mereka betapa senangnya Anda karena mereka datang kepada Anda, mendengarkan tanpa menyalahkan, mengajukan pertanyaan, dan fokus pada solusi.
  4. "Percayalah padaku" - Remaja paham bahwa kepercayaan itu harus diperoleh dan mengharapkan pengawasan orang dewasa, tetapi mereka merasa perlu adalah kebebasan yang lebih besar sesuai seiring bertambahnya usia. Setiap keluarga berbeda dan kecepatan seorang remaja untuk menggunakan teknologi secara mandiri akan berbeda-beda, tetapi jika anak remaja Anda tahu cara menavigasi platform dengan aman dan mereka datang kepada Anda ketika ada masalah, itu adalah fondasi yang bagus untuk memberikan kepercayaan.
  5. "Hormati privasi saya" - Mencapai keseimbangan antara harapan remaja akan privasi dan memastikan mereka aman adalah salah satu aspek tersulit dalam mengasuh anak - baik secara online maupun offline. Mungkin sulit ketika seorang remaja memberi tahu Anda bahwa mereka lebih suka Anda tidak mengikuti mereka di platform. Wajar jika Anda khawatir mereka akan melakukan kenakalan, tapi sebenarnya mereka hanya ingin ruang untuk hang out dengan teman-teman tanpa diawasi.


CEO Internet Matters, Carolyn Bunting (MBE), mengatakan: “Di Internet Matters, kami percaya bahwa melibatkan kaum muda dalam percakapan tentang keamanan internet adalah kunci untuk memahami tantangan dan peluang yang mereka alami secara online.

“Sangat menggembirakan melihat TikTok mengambil langkah positif dengan mendukung percakapan yang bermakna di antara keluarga untuk membantu mereka menggunakan teknologi dengan aman.

“Sementara kami menyambut inisiatif baru ini, pekerjaan untuk menciptakan lingkungan yang aman bagi anak-anak dan remaja untuk online baru saja dimulai dan masih banyak yang perlu dilakukan di seluruh industri. Sementara itu, kami mendesak orang tua untuk melakukan percakapan terbuka secara teratur dengan anak-anak mereka tentang kehidupan digital mereka saat mereka membangun kehadiran online mereka. Kiat-kiat dari remaja ini adalah cara yang baik untuk memulai. ”