Mulai dari #WomenInBusiness dan #WomenEntrepreneurs yang menginspirasi percakapan penting tentang karier hingga #WomenInSports dan #WomenInGaming yang terus melawan stigma dan mendobrak batasan, perempuan dari berbagai latar belakang telah menggunakan TikTok untuk membangun komunitas, membangun hubungan, dan memperjuangkan misi mereka untuk memajukan kesetaraan perempuan. Pada tahun 2023, terdapat 1,4 juta unggahan dari tagar #WomenOfTikTok secara global. Jumlah unggahan yang meningkat lebih dari 500% dari tahun sebelumnya ini menjadi bukti dari dampak dan kekuatan kolektif perempuan dalam mendorong perubahan di dalam dan di luar TikTok.

Di TikTok, kami berkomitmen untuk menciptakan ruang yang aman dan inklusif bagi perempuan di seluruh dunia untuk saling menginspirasi, terhubung, dan mendukung satu sama lain. Pada Hari Perempuan Internasional tahun ini, kami ingin merayakan komunitas global #WomenOfTikTok yang mendorong perubahan di TikTok dan di komunitas mereka setiap hari melalui "The Power of We".

Mengangkat komunitas perempuan TikTok yang beragam

Hari Perempuan Internasional merupakan momen untuk merayakan pencapaian para perempuan dan memajukan kesetaraan gender, sekaligus menjadi pengakuan akan pentingnya membangun komunitas yang inklusif bagi para perempuan.

Menurut studi terbaru, 70% perempuan di TikTok merasa bahwa mereka dapat bergabung dengan berbagai grup dan komunitas di TikTok yang tidak dapat mereka temukan di tempat lain.* Selama setahun terakhir, para perempuan di seluruh dunia terus membangun relasi dan komunitas di platform ini. Beragam topik populer yang menginspirasi seluruh komunitas TikTok tahun lalu meliputi:


  • Pemberdayaan perempuan (women empowerment)Beragam tagar populer seperti #StrongWomen, #Her, #GirlPower, dan #WomenSupportingWomen terus menginspirasi dan menggerakkan seluruh komunitas TikTok dengan lebih dari 3,5 juta konten yang telah diunggah ke TikTok.Keterbatasan fisik yang ada tidak memadamkan semangat kreator, Maureen Kartika, untuk berbagi kegemarannya pada dunia kecantikan. Meskipun berada di kursi roda dan menggunakan alat bantu pernapasan, melalui akun pribadinya @maureenkartika, Maureen kerap berbagi tips kecantikan, tren makeup, serta ulasan produk perawatan kulit kepada komunitas perempuan di TikTok. Melalui unggahan kontennya, Maureen berharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat sekaligus mematahkan stigma tentang kaum difabel yang kerap dinilai tidak mampu bekerja secara mandiri. Berkat pencapaiannya sebagai seorang kreator perempuan di TikTok, Maureen bisa menunjukkan bagaimana seorang difabel bisa berkarya, mengejar mimpi, dan memperoleh penghasilan.


@maureenkartika “Emang cewek kaya kamu bisa jadi apa?” Kalo ditanya gini jawabannya cuma 1, “aku bisa jadi apa aja yang aku mau!”. Don’t let anyone tell you otherwise, karena selama kamu punya kemauan dan berusaha, PASTI kamu bisa melakukan apapun yang kamu mau, karena #PerempuanBisa 💜 #difabelindonesia #disabledandproud #disabilitasindonesia #disabilityawareness #womenempowerment ♬ I AM WOMAN - EMMY MELÍ
  • Merayakan para ibu: Ada lebih dari 16 juta konten yang menggunakan tagar #MomsOfTikTok, #MomLife, dan #MomTok dalam setahun terakhir. Melalui tagar ini, komunitas TikTok menunjukkan rasa cinta dan apresiasi kepada para ibu, sekaligus mengakui tantangan yang dialami seorang ibu serta mendukung komunitas para ibu. Melihat banyaknya anak yang terluka karena ketidakpedulian orang tua mereka, Halimah tergerak untuk belajar lebih dalam tentang gentle parenting. Menurutnya, ketika orang tua merasa bahwa mereka tahu yang terbaik untuk sang anak, saat itulah mereka terjebak dalam pola asuh yang tidak sehat (toxic parenting). Halimah pun memperkaya pengetahuannya dengan bergabung dalam komunitas parenting, mengikuti kursus singkat di Universitas Yale, dan saat ini mengambil studi tentang pendidikan anak usia dini di Montessori Haus Asia. Pada tahun 2021, ia mulai berbagi pengetahuannya dengan komunitas TikTok. Melalui konten-kontennya, Halimah mengajak para ibu untuk mengapresiasi diri mereka dan segala perjuangan yang mereka lakukan demi anak-anak mereka. Ia juga mengajak para ibu untuk menjaga kesehatan mental mereka, serta memvalidasi perasaan bahwa mereka pun berhak merasakan sedih sekaligus berbahagia dan mengejar mimpi. Seiring dengan perkembangan komunitasnya di TikTok, Halimah semakin bertekad untuk mengajak generasi muda yang suatu saat akan menjadi orang tua agar memutus siklus toxic parenting.


@dailyjour

satu mimpi kecil, bisa membuatmu jadi ibu yang berbahagia. satu mimpi kecil, bisa jadi contoh bagi anakmu akan ibu yang bekerja keras untuk mimpinya. satu mimpi tidak membuatmu jadi egois, hanya membuatmu manusia biasa.

♬ suara asli - Halimah
  • Kewirausahaan dan usaha milik perempuan: Diskusi seputar #WomenOwnedBusiness, #WomeninBusiness, dan #WomenEntrepreneurs menunjukkan bahwa komunitas TikTok berkomitmen untuk mendukung bisnis milik perempuan dan terus terinspirasi oleh semangat kewirausahaan mereka. Berangkat dari kondisi perekonomian keluarganya yang menurun di tahun 2022, ibu rumah tangga asal Sumatera Utara, Nofelita Sijabat, membuat akun @nofelitasijabat untuk berbagi kepiawaiannya dalam memasak. Dari berbagai resep masakan yang diunggah Nofelita, salah satu hidangan yang paling menarik perhatian komunitas TikTok adalah Naniura, hidangan khas Batak berupa ikan segar yang dilumuri beragam bumbu tanpa melalui proses pemasakan. Respons positif yang diberikan komunitas TikTok pun mendorong Nofelita untuk berani berjualan Naniura. Tak disangka, usaha kulinernya berkembang hingga sang suami mengundurkan diri dari pekerjaannya untuk membantu usaha ini. Berkat usahanya, kreator yang akrab dikenal dengan sapaan khasnya “Kiyuk Cesku!” ini membuktikan bahwa #PerempuanBisa menjadikan karya dan ambisinya untuk membantu perekonomian keluarga. Selain Naniura, Nofelita juga berhasil mempopulerkan beragam hidangan khas Batak yang halal dan bisa dinikmati oleh masyarakat Indonesia.


@nofelitasijabat Perempuan harus bisa mandiri, mampu berdiri di kakinya sendiri, kuat menggali potensi diri dan pantang mengubur ambisi, karna kita begitu BERNILAI 🫶🏼 “Yuk Ikutan #perempuanbisa ♬ Love - Revember


Membuka peluang kreatif, ekonomi, dan profesional untuk perempuan

Sebagai platform yang digemari untuk menemukan serta memberdayakan kreativitas dan advokasi perempuan, TikTok telah membuka peluang tanpa batas bagi para perempuan dari berbagai latar belakang dan memungkinkan para kreator perempuan untuk berkembang, bertumbuh, dan memberikan dampak nyata di dunia

  • Merayakan pengusaha perempuan: Para pengusaha dan pemilik usaha kecil menggunakan TikTok untuk memulai dan mengembangkan bisnis mereka, sekaligus menjangkau komunitas yang aktif dan penuh semangat. Kami bangga dapat merayakan pencapaian mereka dan mengundang komunitas TikTok untuk memperoleh inspirasi dari usaha-usaha kecil yang dipimpin oleh perempuan.
    • Sebagai pendiri Franchisepedia, Liana Oktavia membagikan pengalamannya di dunia kemitraan & peluang bisnis dengan komunitas TikTok. Melalui konten-kontennya yang informatif, ia ingin membantu audiensnya memahami tips dan trik untuk bertahan di industri, khususnya franchise, yang mana dapat membuka peluang ekonomi baru bagi mereka.


    • Pemenang 'Best of Fashion & Beauty' di TikTok Awards Indonesia 2023 dan pemilik brand fesyen HEART STUDIO, Dillah Probokusumo, kerap mengunggah konten-konten tutorial menjahit singkat dan padu padan pakaian yang nyentrik. Karya-karyanya punberhasil menginspirasi audiensnya untuk mencoba berbagai jalan dalam menemukan gaya personal mereka. Melalui TikTok, Dillah merasa menemukan komunitas yang bisa mengapresiasi karya-karyanya, menjalin relasi dengan orang-orang yang memiliki minat serupa, sehingga semakin membuka pintu bagi Dillah untuk semakin dalam berkecimpung di dunia fesyen.


@dillaprb Replying to @e😭Gasabar mau pake ini besok! Follow for the hair and makeup tutorial✨ #sewingwithdillah #fyp #foryoupage #sewing #sew #sewtok #replay2023 #dress #diy #redcarpet #gala #tiktokfashion ♬ 3 minutes cooking song(863632) - furufuru
  • Menemukan perempuan di dunia musik: Mulai dari tutorial menulis lagu hingga cuplikan konser, para musisi perempuan dan penggemar musik di seluruh dunia telah menggunakan TikTok untuk menunjukkan bakatnya, berbagi proses kreatif, dan menjalin hubungan dengan komunitas yang dinamis. Temukan #WomenInMusic dengan mengikuti kreator-kreator berbakat di TikTok! Musisi berbakat asal Pontianak, Ayuan Prawida, menjadi salah satu bintang baru di TikTok LIVE berkat permainan musiknya yang khas. Dikenal karena membawakan lagu-lagu modern menggunakan alat musik tradisional Dayak bernama Sape, Ayuan Prawida telah berkesempatan untuk tampil bersama para penyanyi berbakat Indonesia di berbagai acara kreator TikTok, antara lain TikTok LIVE Fest 2023 Appreciation Night dan TikTok Awards Indonesia 2023. Melalui sajian kontennya, ia berharap tidak hanya menghibur penonton setianya, tapi juga dapat melestarikan warisan musik Indonesia.


  • Merayakan perempuan di industri game: Mulai dari developer papan atas hingga para gamer terkenal, #WomenInGaming terus menginspirasi komunitas TikTok. Mulai dari Hari Perempuan Internasional dan seterusnya, kami ingin merayakan dan menyoroti talenta-talenta perempuan di komunitas game yang luar biasa. Kunjungi hub konten global TikTok yang menampilkan para perempuan luar biasa dalam upayanya untuk mengembangkan industri gameGamer perempuan dan kreator TikTok LIVE, Ratih Hayani sering memamerkan keahliannya saat bermain game seperti PUBG Mobile dan game populer lainnya. Sesi LIVE yang menghibur dan cuplikan momen lucunya menghantarkan Ratih sebagai pemenang TikTok LIVE Fest Indonesia untuk kategori "Best Gaming Creators".



Komitmen TikTok untuk memberdayakan dan mendukung perempuan melalui "The Power of We"

Merayakan Hari Perempuan Internasional tahun ini, kami ingin menyoroti perempuan-perempuan luar biasa dan talenta mereka melalui kampanye bertajuk "The Power of We".

Di TikTok, komunitas merupakan inti dari segala hal yang kami lakukan. Kami berkomitmen untuk mendukung perempuan dan komunitas #WomenOfTikTok di seluruh dunia dengan menciptakan ruang yang aman dan beragam untuk seluruh komunitas di TikTok, serta menyediakan beragam fitur yang mendukung perempuan di dalam dan di luar platform.

TikTok mengajak para kreator perempuan di Indonesia untuk mengekspresikan diri mereka secara kreatif dan mendukung satu sama lain melalui laman khusus di dalam aplikasi yang bertajuk #PerempuanBisa. Selain dapat menemukan beragam cerita yang menginspirasi dan kreativitas dari kreator hingga musisi perempuan Indonesia, pengguna yang ingin melakukan konsultasi terkait pemberdayaan perempuan juga bisa menghubungi saluran siaga (hotline) dari berbagai rekanan TikTok, antara lain Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Forum Aktivis Perempuan Muda Indonesia (FAMM-I), Koalisi Perempuan Indonesia, dan masih banyak lagi.

Sepanjang bulan ini, kami juga meluncurkan baragam program, hashtag challenge dan sesi LIVE menarik yang menghadirkan para kreator populer dan musisi favorit komunitas TikTok sebagai tokoh-tokoh perempuan yang kuat dan inspiratif. Kunjungi laman khusus TikTok LIVE, di mana 22 kreator perempuan inspiratif akan berpartisipasi dalam tiga sesi livestreaming, yakni showcase, battle, dan talkshow. Selain itu, pengguna juga dapat mengunjungi laman khusus #PerempuanBisa untuk mengikuti para kreator luar biasa dan lembaga-lembaga yang berdedikasi untuk meningkatkan kesadaran dan membawa perubahan positif dalam pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender.

Bergabunglah bersama TikTok pada Hari Perempuan Internasional tahun ini saat kami merayakan kisah dan suara para #WomenOfTikTok yang kuat, luar biasa, dan kreatif.

Jadilah bagian dari percakapan tentang Hari Perempuan Internasional dan bergabunglah dengan komunitas global TikTok dengan mengunduh TikTok secara gratis melalui Apple App Store atau Google Play.


*Sumber: TikTok Marketing Science Global Community dan Self-Expresstion Study oleh Flamingo (2021)