Di TikTok, kami selalu mencari cara agar pengiklan dari berbagai skala dan ragam rentang dapat menggunakan platform kami secara lebih mudah dan efisien. Kegunaan TikTok ini, baik untuk menginspirasi orang lain, menjangkau audiens baru, hingga membangun hubungan yang bermakna dengan seluruh komunitas TikTok. Kami terus mengembangkan fitur bagi para kreator, baik untuk bisnis kecil, pengiklan, ataupun para pengguna, agar dapat mengekspresikan diri mereka sendiri secara autentik, terus terhubung dengan komunitas baru, serta memanfaatkan solusi kreatif dan periklanan kami dengan cara yang mudah dan praktis.

Kami telah meluncurkan fitur Promosi untuk memfasilitasi komunitas TikTok dengan cara yang mudah untuk mengubah konten organik mereka di TikTok menjadi sebuah iklan, sehingga mempermudah mereka untuk menjangkau audiens baru. Hari ini, kami memperkenalkan dua fitur Promosi baru, yakni targeting dan boosting, untuk membantu komunitas menggiring traffic kembali ke profil mereka, mengubah audiens menjadi prospek yang potensial, memaksimalkan anggaran pemasaran kreator, hingga menargetkan audiens yang mereka inginkan dengan lebih baik lagi.

Studi menunjukkan bahwa mempromosikan konten organik dapat membantu meningkatkan kinerja iklan berbayar secara keseluruhan, karena sebuah iklan memiliki performa yang lebih baik ketika orang-orang pertama kali disajikan dengan konten organik. (1) Melihat video TikTok yang bersifat organik sebelum iklan berbayar muncul juga dapat meningkatkan brand recall sebesar 27% dan pencitraan brand pada iklan mendapatkan perhatian sebesar 12% lebih lama sejalan dengan temuan terbaru dari studi oleh Neurons (2)


Dr. Michael Ang, seorang dokter kulit ternama dan pemilik dari Klinik Mikaderma, memanfaatkan fitur TikTok Promosi untuk membangun personal branding-nya dan menarik target pelanggan ke produk skincare yang baru ia luncurkan. Setelah memanfaatkan fitur Promosi, views di akun TikToknya bertambah sebanyak 3,2 juta views, serta jumlah followers bertambah sebanyak 13.400 pengguna. Dari segi bisnis, penjualan produk skincare-nya pun naik enam kali lipat, dengan 50% pasien baru yang datang ke kliniknya mengetahui informasi tentang kliniknya dari akun TikTok Dr Michael.

Sementara itu, Dranatha, pemilik bisnis sepatu online Dranatha Shoes, menggunakan fitur Promote untuk meningkatkan daya saing di tengah pasar fashion online yang kompetitif. Fitur Promosi ini berhasil menambah jumlah followers akun Dranata Shoes menjadi 656.248 pengguna dan peningkatan penjualan dengan lebih dari 3.712 pembelian dengan total penjualan sebesar 383 juta rupiah.


Membuat Periklanan Menjadi Mudah dan Dapat Diakses

Melalui fitur Promosi baru, bisnis kecil dan kreator memiliki lebih banyak cara untuk menargetkan komunitas yang mereka inginkan dan memilih dengan tepat bagaimana mereka dapat berinteraksi melalui iklan mereka. Berbagai cara ini antara lain:

Mendorong jumlah views ke laman TikTok mereka: Kami telah menambahkan sasaran Promosi baru yang memungkinkan pengiklan Promosi mengarahkan para pengguna ke laman TikTok mereka untuk membantu menceritakan kisah brand mereka atau menampilkan berbagai produk serta layanan yang ditawarkan. Dengan tujuan mendorong views ke profilnya, audiens akan diberikan call-to-action yang mengarahkan mereka langsung ke profil TikTok pengiklan.

Picu interaksi yang lebih dalam dengan lebih banyak pesan: Target "lebih banyak pesan" memungkinkan para pegiat bisnis kecil, yang mengandalkan interaksi dengan pelanggan untuk melakukan penjualan -- termasuk bisnis jasa, merek business-to-business, dan bisnis yang menerima pesanan khusus, untuk secara langsung mengarahkan perbincangan ke kotak masuk TikTok mereka.

Bangun kecintaan terhadap brand dengan meningkatkan konten dari kreator: Untuk bisnis kecil yang bekerja dengan kreator, fitur Promosi kini memberi opsi untuk mempromosikan video kreator atau video secara LIVE untuk membantu meningkatkan penayangan ke target audiens mereka. Kreator juga dapat menggunakan Promosi untuk Orang Lain untuk mendorong konten, kreator, dan bisnis yang ingin dilihat oleh audiens dari luar.

Hadir di depan audiens yang tepat dengan penargetan lokasi: Kami telah memperluas penargetan audiens untuk Promosi dengan menyertakan lokasi serta jenis kelamin, usia, dan minat pengguna. Hal ini memungkinkan para bisnis kecil dengan lokasi fisik untuk langsung menargetkan komunitas lokal mereka. Kini, pengiklan dapat membiarkan TikTok memilih audiens untuk mereka atau membuat target audiens khusus mereka sendiri dengan memilih siapa yang ingin mereka jangkau berdasarkan jenis kelamin, usia, minat. dan lokasi para audiens.


Kami berkomitmen untuk memperluas rangkaian fitur kami guna memberdayakan pengiklan dari semua ukuran untuk berkembang dan mencapai tujuan mereka, baik untuk membangun audiens di TikTok atau berinteraksi dengan calon pelanggan. Nantikan pembaruan lainnya yang akan datang lagi kami terus memperluas peluang iklan untuk komunitas TikTok.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Promosi, kunjungi blog TikTok for Business.

  1. Sumber: TikTok Marketing Science Global Organic + Paid Study 2021 dilakukan oleh Neurons
  2. Sumber: TikTok Marketing Science US, Organic + Paid Study 2021 dilakukan oleh Neurons