Oleh Cormac Keenan, Head of Trust & Safety, TikTok


Hari ini kami mengumumkan Panduan Komunitas yang telah diperbaharui dengan detail tambahan tentang apa yang diperbolehkan di TikTok. Panduan Komunitas kami mendukung pengalaman otentik dan menghibur di TikTok yang orang ketahui dan nikmati. 

Panduan Komunitas ini mendefinisikan kode pelaksanaan yang umum dan mendorong lingkungan komunitas yang ramah. Kami secara berkelanjutan mengulas dan memperkuat kebijakan untuk membantu semua orang merasa nyaman dan aman untuk menciptakan serta berbagi di TikTok.


Mempromosikan kebijakan yang inklusif

Di TikTok, keamanan bukanlah sesuatu yang tidak penting, tapi sudah menjadi pusat dari pekerjaan kami, dan tim kami berusaha berpikir inklusif dan seksama saat menciptakan kebijakan. Panduan kami berlaku untuk semua orang dan semua konten di TikTok, serta mencakup 10 kategori konten. Pembaharuan ini menambah detail spesifik ke tiap area berdasarkan perilaku yang kami lihat di platform, tanggapan yang kami dengar dari komunitas, serta masukan dari akademisi, organisasi publik, dan pemerintah.

Meskipun banyak dari konten ini sudah tercakup oleh panduan sebelumnya, kami menyorot beberapa area kunci yang telah kami perkuat demi dukungan yang lebih kuat untuk kesejahteraan komunitas.

  • Kami ingin komunitas kami merasa nyaman dan percaya diri saat mengekspresikan dirinya. Panduan yang diperbaharui ini memasukkan tanggapan dan bahasa yang digunakan oleh ahli kesehatan mental untuk meningkatkan kebijakan tentang konten menyakiti diri sendiri dan bunuh diri, serta menghindari normalisasi perilaku menyakiti diri sendiri. Kebijakan kami tentang konten gangguan makan menjadi pertimbangan sendiri untuk melarang normalisasi atau perayaan atas perilaku diet yang berbahaya.
  • Kami menyadari beban yang sering dialami korban kekerasan dalam mengatur keberadaan mereka di daring. Kami meningkatkan kebijakan kami tentang perundungan serta pelecehan, dan panduan kami kini lebih eksplisit tentang jenis konten dan perilaku yang tidak diinginkan di TikTok, termasuk doksing, penguntitan siber, dan kebijakan yang lebih ekstensif tentang pelecehan seksual.
  • Keamanan semua orang di komunitas kami merupakan hal terpenting, terutama kesejahteraan kalangan muda. Sejalan dengan kebijakan tentang aksi berbahaya, kami bekerja untuk membatasi, memberikan label, atau menghapus konten yang menggambarkan aksi  atau tantangan berbahaya. Kini, kami menambah bagian aktivitas berbahaya ke dalam kebijakan keamanan anak muda untuk menegaskan bahwa konten yang mempromosikan tantangan, games, dan aksi berbahaya lainnya yang bisa membahayakan anak muda, tidak diperbolehkan di TikTok. Kami mendorong orang-orang untuk kreatif dan bersenang-senang, tapi tidak sampai membahayakan diri ataupun orang lain.
  • TikTok dengan tegas melawan kekerasan, di daring maupun luring. Kami memperbaharui kebijakan individu dan organisasi berbahaya untuk lebih fokus secara holistik pada permasalahan ekstremisme berbahaya. Panduan kami kini menggambarkan secara lebih detail tentang apa yang dianggap ancaman atau gertakan kekerasan dan konten serta perilaku yang kami larang.


Saat mengembangkan kebijakan inklusif, kami terus bekerja untuk menjadikan TikTok lebih mudah diakses oleh semua orang. Kami baru-baru ini mengumumkan alat baru untuk mendukung orang dengan epilepsi foto sensitif, dan kami mulai menggulirkan fitur teks ke ucapan yang memungkinkan orang untuk mengubah ketikan ke suara yang diputar saat teks tersebut muncul di video.


Sumber daya baru untuk mendukung kesejahteraan

Saat membahas topik seperti menyakiti diri sendiri, kami juga mengingat para penyintas permasalahan ini. Selama beberapa minggu ke depan, kami akan menggulirkan sumber daya terbaru untuk mendukung orang-orang yang sedang berjuang menghadapi permasalahan ini. Sumber daya ini diciptakan berdasarkan panduan dari psikolog perilaku dan ahli pencegahan bunuh diri, termasuk Providence, Samaritans of Singapore, Live for Tomorrow, dan anggota Dewan Penasihat Konten Amerika Serikat. Sekarang, jika seseorang mencari istilah seperti "selfharm" atau "hatemyself", mereka akan lihat aksi yang bisa mereka lakukan berdasarkan bukti.


Kami juga memperkenalkan layar tampil pilihan di atas video yang mungkin mengandung gambar berbahaya. Jenis video ini sudah tidak layak untuk masuk ke laman For You siapa pun, dan fitur ini ingin terus mengurangi tampilan konten semacam ini dengan menawarkan pilihan untuk melompati video tersebut atau menontonnya.

Kami terus mengembangkan alat untuk membantu orang mengatur pengalamannya di TikTok, dari secara otomatis menyaring komentar yang tidak diinginkan, hingga kemampuan untuk memilih "tidak tertarik" di video yang muncul di laman For You. Ini sangat penting dalam usaha kami untuk mendukung orang yang ingin berbagi cerita dan menggunakan suara mereka untuk meningkatkan kesadaran tentang topik yang enggan dibahas orang lain.





Sejak awal pandemi, TikTok menyediakan akses ke informasi kesehatan publik dari para ahli di aplikasi kami dan bantuan untuk tenaga kesehatan serta keluarganya. Kami bangga saat komunitas kami bersatu melalui tantangan yang mudah diingat - seperti #samasamadirumah -yang menghubungkan kita dan membawa kebahagiaan  selama masa yang berat ini. Saat vaksin COVID-19 sedang dikembangkan dan disetujui, kami meningkatkan usaha kami untuk mendukung kesejahteraan komunitas dengan menyampaikan informasi kredibel tentang vaksin. Di saat yang sama, kami terus menghapus misinformasi tentang coronavirus dan vaksin.

Selama beberapa minggu ke depan, sumber daya tentang coronavirus di aplikasi kami akan diperbaharui dengan pertanyaan yang sering diajukan dan jawaban tentang vaksin COVID-19 dari ahli kesehatan publik. Laman sumber daya Coronavirus di aplikasi kami dapat diakses dari laman Discover, hasil pencarian, dan banner tentang COVID-19 dan video yang berhubungan dengan vaksin, yang telah ditonton lebih dari 2 miliar kali secara global selama enam bulan terakhir. Kami juga bekerja sama dengan Team Halo agar ilmuwan di seluruh dunia dapat berbagi perkembangan tentang vaksin melalui video.



Mengedukasi komunitas

Kami berusaha untuk mengedukasi dan memberdayakan komunitas tentang kebijakan kami melalui video, notifikasi dan alat keamanan di dalam aplikasi. Bulan ini, saat pengguna membuka TikTok, mereka akan langsung melihat panduan yang sudah diperbaharui ini.


@tiktoknewsroom

We're updating our Community Guidelines. Watch to learn some of what's new!

♬ original sound - TikTok Newsroom


Menjaga keamanan komunitas merupakan komitmen tanpa akhir. Kami menyadari tanggung jawab kami agar pengguna tetap bisa kami lindungi, dan merespon saat jenis konten atau perilaku baru muncul. Untuk itu, kami akan terus meningkatkan kebijakan kami, mengembangkan teknologi agar secara otomatis mendeteksi konten berbahaya, membangun fitur yang membangu orang mengatur keberadaannya di TikTok dan pilihan konten, serta memberdayakan komunitas untuk membantu kami menjaga kenyamanan lingkungan. Pada akhirnya, kami berharap pembaharuan ini memungkinkan orang-orang untuk memiliki pengalaman yang positif dan berarti di TikTok.