Oleh: Julie de Bailliencourt, Global Head of Product Policy, TikTok

Hari ini kami memperbarui Panduan Komunitas TikTok. Panduan ini menjadi aturan dan standar yang perlu diperhatikan pengguna untuk menjadi bagian dari komunitas TikTok. Panduan Komunitas TikTok berlaku untuk semua orang dan segala hal yang terdapat di dalam platform TikTok.


Berkaitan dengan hal tersebut, untuk pertama kalinya, kami membagikan Prinsip Komunitas TikTok untuk membantu para pengguna memahami keputusan dan cara kerja TikTok dalam menciptakan lingkungan yang aman dan tepercaya melalui berbagai pendekatan. Prinsip-prinsip tersebut dibuat berdasarkan komitmen TikTok yang menjunjung tinggi hak asasi manusia dan selaras dengan kerangka hukum internasional.


Prinsip-prinsip tersebut akan memandu kami untuk memoderasi konten sehingga TikTok dapat berusaha untuk bersikap seadil mungkin ketika mengambil tindakan, melindungi martabat manusia, dan mencapai keseimbangan antara kebebasan berekspresi dan mencegah hal yang membahayakan.

Untuk menginformasikan pembaruan terlengkap terkait Panduan Komunitas, TikTok telah berkonsultasi dengan lebih dari 100 organisasi di seluruh dunia, termasuk Regional Safety Advisory Councils, International Association for Suicide Prevention (IASP), dan anggota Komunitas TikTok. Masukan-masukan tersebut membantu TikTok dalam memperkuat aturan, menanggapi ancaman baru, dan potensi bahaya. Beberapa pembaruan yang terdapat dalam Panduan Komunitas TikTok, antara lain:

  • pengembangan aturan tentang cara TikTok memperlakukan media sintesis, yaitu konten yang dibuat atau dimodifikasi oleh teknologi AI;
  • menambahkan 'suku' sebagai atribut yang dilindungi dalam kebijakan TikTok terkait ujaran kebencian dan perilaku kebencian;
  • memberi detail lebih lanjut tentang kinerja TikTok dalam melindungi integritas sipil dan pemilu, termasuk pendekatan TikTok terhadap akun pemerintah, politisi, dan partai politik.

Panduan Komunitas ini akan diberlakukan mulai tanggal 21 April 2023. Selama beberapa bulan ke depan, TikTok pun akan memberi pelatihan tambahan kepada para moderator TikTok agar dapat membantu menegakkan aturan dan standar yang diperbarui ini secara efektif ketika panduan tersebut mulai diberlakukan.

TikTok telah menyatukan segala sesuatu terkait aturan dan standar di dalam satu tempat sehingga komunitas TikTok, dari kreator hingga peneliti, dapat memperoleh apa yang dibutuhkan berdasarkan masukan yang telah kami dengar. TikTok telah mengatur ulang cara pengaturan yang lebih tematis ke dalam area topik yang berbeda. Untuk setiap topik (misalnya, Kesehatan Mental dan Perilaku), kami akan menjelaskan secara singkat terkait hal yang tidak diizinkan oleh TikTok, kemudian memberikan informasi lebih lanjut, seperti definisi dan berbagai tindakan yang mungkin diambil oleh TikTok. Selain itu, TikTok telah menyusun empat pilar pendekatan moderasi:

  1. menghapus konten yang melanggar;
  2. konten dewasa dengan batasan usia sehingga hanya dapat dilihat oleh orang dewasa (18 tahun ke atas) (sebagai pengingat, konten ini harus tetap mematuhi Panduan Komunitas kami);
  3. membuat konten tidak memenuhi syarat untuk direkomendasikan di deretan konten Untuk Anda yang mana tidak sesuai bagi khalayak luas;
  4. memberdayakan Komunitas TikTok dengan alat informasi dan sumber daya untuk tetap mengontrol pengalaman mereka.

Pembaruan Panduan Komunitas TikTok terbaru ini juga memperluas strategi penegakan TikTok dengan:

  • Berbagi lebih banyak informasi tentang tindakan yang TikTok ambil terhadap akun yang melanggar peraturan TikTok, sejalan dengan pembaruan TikTok awal tahun ini, dan mengklarifikasi bahwa TikTok tidak mengizinkan penggunaan banyak akun secara sengaja yang melewati peraturan TikTok atau penegakannya.
  • Menjelaskan pertimbangan yang diperhitungkan oleh TikTok saat melakukan penegakkan aturan berdasarkan kepentingan publik dan pendekatan TikTok terhadap konten yang mengkritik publik figur.
  • Memberikan informasi lebih lanjut terkait cara TikTok dalam menggunakan label informasi, peringatan, dan layar tampil.

TikTok bangga untuk menghadirkan Panduan Komunitas baru, yang menawarkan transparansi lebih besar kepada Komunitas TikTok terkait aturan TikTok dan cara TikTok menegakkannya. TikTok membutuhkan kerja sama dari semua pihak untuk terus menjaga komunitas TikTok tetap aman dalam ranah daring. Untuk itu, TikTok ingin berterima kasih kepada semua orang di komunitas TikTok serta semua pakar eksternal atas kontribusinya dalam membantu TikTok dalam mengembangkan aturan dan selangkah lebih maju dari ancaman yang muncul.

TikTok percaya bahwa setiap orang berhak merasa aman dalam ranah daring, dan perasaan aman ini merupakan kunci untuk membuka imajinasi dan ekspresi yang kreatif. Semangat ini membuat kami terus berusaha menjaga TikTok agar tetap menjadi rumah yang aman, inklusif, dan autentik bagi komunitas global TikTok, sehingga mereka bisa terus berkreasi, menemukan, dan saling terhubung.