Oleh Dave Byrne, Global Head of Brand Safety and Industry Relations, TikTok

Dengan miliaran video yang dibagikan dan dilihat di TikTok pada setiap bulannya, kami bertanggung jawab untuk memastikan bahwa semua pengguna merasa aman. Berdasarkan hal ini, kami sangat bersemangat untuk memperkenalkan peluncuran Pusat Keamanan Merek terbaru kami, laman sumber daya yang dirancang untuk menunjukkan upaya dan komitmen kami untuk menjadi platform hiburan teraman dan tepercaya bagi banyak orang dan merek di Asia Tenggara dan seluruh dunia.

Pusat Keamanan Merek: Destinasi untuk segala informasi

Pusat Keamanan Merek akan menjadi pusat untuk semua wawasan, artikel, kemitraan, dan informasi lain yang terkait dengan keamanan merek dan transparansi di TikTok. Situs ini dibagi menjadi enam bagian utama.

  1. Misi kami
  2. Pengumuman Terbaru
  3. Kemitraan & Sertifikasi
  4. Transparansi
  5. Kisah Sukses
  6. Menonton & Belajar

Perjalanan kami: Kilas balik tahun 2021

Pusat Keamanan Merek menggambarkan semua perkembangan terbaru kami di bidang keamanan merek. Oleh karena itu, kita perlu meninjau kembali beberapa momen penting pada tahun lalu yang membantu kami menciptakan Pusat Keamanan Merek untuk TikTok dan para pengiklannya. Semua yang kami lakukan mengacu kepada empat pilar keamanan merek kami, yang memandu kami untuk terus menjadikan TikTok sebagai platform hiburan tepercaya bagi merek.

Pilar #1: Menjaga komunitas tetap aman

Dedikasi TikTok untuk keamanan komunitas mencakup serangkaian kebijakan, produk, dan inisiatif terbaru yang mencerminkan dedikasi berkelanjutan kami untuk keamanan komunitas TikTok. Upaya ini meliputi: pengaturan privasi dan keamanan sesuai usia, alat untuk mempromosikan kebaikan dan memerangi perundungan, membatasi penyebaran informasi yang salah, dan kampanye proaktif untuk mendorong kesadaran seputar perundungan siber.

Pilar #2: Membangun solusi yang aman bagi merek

Kami juga memperluas penawaran kami kepada pengiklan yang membantu memastikan konten bermerek muncul berdekatan dengan video pengguna yang aman dan sesuai. Saat ini, kami menawarkan solusi keamanan merek terkemuka untuk pengiklan di TikTok: TikTok Inventory Filter,  solusi pasca-tawaran (post bid) dari Zefr untuk seluruh pasar Asia Tenggara termasuk Indonesia, Vietnam, Filipina, Malaysia, Singapura, Thailand, serta solusi pra penawaran (pre bid) dari OpenSlate di Indonesia.

Di Indonesia, kami menawarkan solusi keamanan merek TikTok tambahan yang diverifikasi oleh OpenSlate. Hal ini memungkinkan kami untuk memberikan cakupan keamanan merek terlengkap dengan solusi menyeluruh yang berkisar dari pemfilteran pre bid hingga pelaporan pasca kampanye. Solusi lainnya juga termasuk memfilter kategori konten yang sesuai dengan prinsip yang diusung oleh Global Alliance for Responsible Media (GARM).

Pilar #3: Memperjuangkan transparansi & akuntabilitas

Kami berusaha untuk menjadi perusahaan yang paling transparan dan bertanggung jawab di industri dengan wawasan yang lebih dalam tentang operasional kami. Agar komunitas kami mendapat informasi tentang langkah-langkah yang kami lakukan untuk menjaga keamanan komunitas, kami meluncurkan Laporan Penegakan Panduan Komunitas untuk dua kuartal pertama pada awal tahun 2021 serta pembaruan terhadap Panduan Komunitas TikTok pada tahun ini. Laporan ini memberikan visibilitas ke konten dan akun yang ditangguhkan karena melanggar Panduan Komunitas kami, serta wawasan tentang volume aktivitas palsu yang kami hentikan atau hapus dalam upaya kami untuk menjaga keaslian di TikTok.

Kami juga mengumumkan pendirian Pusat Transparansi dan Akuntabilitas secara fisik di Irlandia, melengkapi pusat lainnya yang hadir di Los Angeles dan Washington DC, di mana kami terus mengadakan tur virtual. Terakhir, kami membenahi Pusat Transparansi di situs web TikTok agar komunitas kami terus mendapatkan informasi tentang upaya kami di bidang ini.

Pilar #4: Bermitra untuk kemajuan

TikTok selalu menjadi komunitas, dan oleh sebab itu, kami memahami pentingnya nilai kemitraan. Kemitraan membantu kami memetakan kegiatan operasional kami sendiri dan mendorong industri ke depan demi ekosistem digital yang lebih baik. Pada tahun 2021, kami memperluas dan memperdalam kemitraan kami di TikTok, termasuk:


Melihat ke depan: Langkah selanjutnya

Peluncuran Pusat Keamanan Merek baru hanyalah langkah terbaru dalam perjalanan berkelanjutan kami untuk menjadi platform teraman di dunia bagi merek dan para pelanggannya.

Selama satu tahun ke depan, Anda akan menyaksikan TikTok:

  • Memperluas kemitraan dan solusi kami ke pasar baru.
  • Bekerja sama dengan kelompok industri untuk menetapkan definisi serta standar untuk masalah keamanan merek yang kritis, seperti misinformasi dan kedekatan iklan (ad adjacency).
  • Mendukung kreator dan merek di TikTok untuk bekerja sama dalam menceritakan kisah mereka dengan cara yang otentik dan aman.
  • Memungkinkan usaha kecil dan menengah untuk membuat keputusan yang tepat dalam menjaga merek mereka agar tetap aman.
  • Beradaptasi dan memperluas solusi kami agar sesuai dengan  inovasi produk baru.

Tidak ada tujuan akhir yang bisa dicapai jika berbicara seputar keamanan merek. TikTok akan terus beradaptasi dengan perubahan apa pun baik yang terjadi secara daring maupun luring. Kami akan terus bekerja bersama industri untuk mengatasi tantangan yang rumit. Kami juga akan terus memperluas keahlian kami melalui kemitraan dengan para ahli dan pihak ketiga. Ini merupakan momen yang sangat menggembirakan dalam pengembangan platform kami sebagai wadah yang menghadirkan hiburan, kreativitas, dan kegembiraan bagi lebih dari satu miliar orang di seluruh dunia dan kami sangat senang untuk mengajak Anda bergabung dalam perjalanan kami.