Penulis: Cormac Keenan, Head of Trust and Safety, TikTok

Hari ini, kami merilis Laporan Penegakan Pedoman Komunitas terbaru dari TikTok yang memberikan wawasan mengenai volume serta sifat dari konten dan akun yang melakukan pelanggaran yang telah dihapus dari TikTok selama kuartal pertama pada tahun ini. Kami merilis laporan triwulanan ini untuk memberikan transparansi mengenai tindakan yang diambil oleh TikTok untuk membantu menjaga platform ini tetap aman, ramah, dan menghibur bagi komunitas global kami.

Laporan ini telah diperluas guna menyediakan transparansi lebih lanjut terhadap tindakan, kemajuan, dan tantangan kami, serta menjadi bentuk tanggung jawab kepada komunitas kami. Saat ini kami telah mengumumkan 30 pasar dengan volume video yang dihapus terbesar. 30 pasar ini mencakup sekitar 80% dari total keseluruhan volume penghapusan video. Dalam laporan terbaru ini, tersedia juga grafik baru untuk aktivitas akun spam dan keterlibatan palsu. Selain itu, kami juga menyediakan informasi lebih lengkap perihal penghapusan berdasarkan sub-kebijakan. Sebagai contoh, kami memublikasikan volume konten yang dihapus karena ideologi kebencian serta serangan dan cercaan, dua sub-kebijakan di bawah kebijakan perilaku kebencian TikTok, serta persentase konten yang dihapus secara proaktif, konten yang tidak memiliki tayangan, dan di bawah 24 jam oleh sub-kebijakan. Data ini tersedia untuk diunduh dalam format yang dapat dibaca oleh mesin untuk mendukung analisis lebih lanjut oleh para peneliti, akademisi, dan masyarakat sipil.

Berkaca pada situasi perang yang sedang terjadi di Ukraina, laporan ini juga menegaskan kembali upaya berkelanjutan kami untuk memperkuat kebijakan dan praktik TikTok untuk melindungi platform dan komunitas kami dengan lebih baik. Laporan ini menyediakan informasi tentang konten dan akun yang dihapus sejak awal invasi hingga akhir Maret serta informasi tentang konten yang telah diperiksa fakta dan diberi label, serta informasi penting lainnya.

Kunjungi Pusat Transparansi kami untuk membaca Laporan Penegakan Pedoman Komunitas TikTok pada kuartal pertama tahun 2022.