Sebagai tempat terciptanya kreativitas dan kebahagiaan, TikTok terus berupaya untuk menyediakan lingkungan yang aman, inklusif, dan ramah agar semua orang dapat berkreasi dan berbagi manfaat positif dengan sesama. Untuk terus mengedukasi komunitas TikTok akan langkah-langkah yang perlu diperhatikan agar tetap aman di TikTok, kami meluncurkan kampanye bertajuk #AmandiTikTok. Melalui berbagai aktivitas seru yang digelar di dalam dan luar platform, kampanye #AmandiTikTok berharap dapat mengedukasi komunitas TikTok, termasuk para kreator, tentang cara membuat konten yang tidak hanya kreatif dan menghibur, tetapi juga tetap aman dan sesuai untuk disaksikan oleh semua orang.

"Kami percaya bahwa semua orang berhak merasa aman di mana pun mereka berada, karena rasa aman adalah kunci imajinasi dan ekspresi kreatif seseorang. Melalui kampanye #AmandiTikTok, kami ingin mengedukasi komunitas TikTok akan pentingnya menjaga keamanan dan keselamatan, selagi mereka berkreasi dan terhubung di ranah daring, termasuk di TikTok. Selain itu, kami harap berbagai pengetahuan dan pengalaman yang dibagikan para mitra keamanan dan kreator dapat menginspirasi dan menyemangati komunitas kami di Indonesia untuk bersama-sama menjaga TikTok agar terus menjadi tempat yang aman, inklusif, dan autentik bagi semua," ungkap Mahwari Sadewa Jalutama, Country Head of Operations, TikTok Indonesia.

Pada kampanye #AmandiTikTok, kami berkolaborasi dengan sumber dari kreativitas itu sendiri, yaitu para kreator yang terus menjadikan TikTok tempat yang menghibur lewat konten unggahan mereka, baik melalui video singkat maupun siaran langsung (livestream). Para komunitas, kreator, dan mitra keamanan kami berbagi pengetahuan, pengalaman, dan upaya mereka untuk menjaga TikTok agar tetap aman melalui serangkaian kegiatan berikut, antara lain:

  • Melalui tantangan tagar (hashtag challenge)  #AmandiTikTok, komunitas TikTok diajak untuk mengunggah konten positif yang membantu mereka 'belajar di TikTok'. Selain itu, pengguna juga bisa menguji pengetahuan mereka tentang TikTok menggunakan efek quiz yang berisi berbagai pertanyaan seputar Panduan Komunitas TikTok.


@sangatbagus #stitch dengan @Ardo Sebastian Next cobain hal baru apa lagi ya, dari TikTok? 🤘🏻😗🤘🏻 #AmanDiTikTok #VideoSangatBagus #SemuaBisaDiTikTok #ForYouAcademy ♬ suara asli - sangatbagus
  • Sesi workshop untuk mengedukasi kreator tentang cara melawan misinformasi dan disinformasi di platform kami, serta membahas Panduan Komunitas TikTok secara mendetail. Kami berkolaborasi dengan mitra kami, Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) untuk mengedukasi lebih dari 100 kreator dari seluruh Indonesia.
  • Sesi LIVE sharing di TikTok LIVE bersama para kreator dan mitra keamanan untuk mendiskusikan beragam topik, mulai dari cara menciptakan konten LIVE yang menghibur dan positif, membawa kebahagiaan dan tantangan selama sesi LIVE, hingga menjaga keamanan dan privasi di ranah digital. Rangkaian siaran LIVE ini dapat disaksikan di @tiktokliveid dari tanggal 29 hingga 31 Mei 2023 pukul 15.00-17.00 WIB.


"Sebagai salah satu kreator dan host di TikTok, saya senang sekali bisa diberikan kesempatan untuk berbagi pengalaman saya tentang bagaimana saya memastikan agar konten maupun siaran langsung saya tetap aman untuk dikonsumsi oleh semua orang di TikTok. Saya harap pengalaman yang saya bagikan melalui sesi ini bisa membantu komunitas TikTok untuk memahami pentingnya menjaga keamanan dan kenyamanan. Saya juga berharap agar lebih banyak pengguna dapat memahami kebijakan dan Panduan Komunitas TikTok serta tahu cara memanfaatkan fitur keamanan yang tersedia agar kita semua sama-sama brekreasi dengan aman dan nyaman di TikTok," ungkap Vidhia, kreator asal Indonesia yang populer di TikTok karena kepribadiannya yang unik dan cerita kehidupan sehari-harinya selama tinggal di Vietnam.

Selain Vidhia, TikTok juga menggandeng tujuh kreator lain untuk ikut berbagi pengalaman mereka tentang cara membuat konten yang menghibur, tapi tetap aman di TikTok. Kreator @cece_caramel yang terkenal dengan sesi curhat LIVE-nya mengangkat tentang bagaimana cara menjaga emosi saat menghadapi komentar negatif dari netizen agar tetap tenang saat melakukan livestreaming di TikTok LIVE. Ada juga kreator @kholiltoktok yang ingin berbagi upayanya untuk meningkatkan kesadaran bagi para kreator, host dan penonton di TikTok agar tidak saling mendorong maupun menyiarkan tantangan yang bisa membahayakan orang lain.

Di sesi lain, kategori edukasi, kreator @basukigautama_57 yang juga merupakan seorang dosen komunikasi ini berbagi tips khusus seputar fitur keamanan "filter komentar" di TikTok LIVE untuk menjaga ruang diskusi di kolom chat agar tetap positif dan bermanfaat. Selain itu, dokter sekaligus kreator, @this.is.pras, juga ingin meningkatkan kesadaran masyarakat terkait manfaat dari menjaga perkataan dan perilaku selama melakukan siaran langsung di TikTok LIVE. Hal ini sejalan dengan Panduan Komunitas TikTok yang menetapkan sebagian aktivitas yang dilarang di TikTok, antara lain melakukan livestreaming sambil merokok ataupun hal berbahaya lainnya.

Kreator gaming @swansage, juga tidak ketinggalan berbagi pengalaman pribadinya saat terkena ban di TikTok LIVE. Lewat sesinya, swansage ingin mengingatkan para kreator untuk selalu bertutur kata yang baik saat berinteraksi dengan para audiens di livestream sesuai dengan Panduan Komunitas TikTok untuk menghindari risiko takedown atau bahkan ban. Terakhir, kreator musik @bryanfrans_ yang sering melakukan cover lagu di TikTok LIVE, juga ingin mengingatkan pentingnya menjaga hak cipta milik seniman atau musisi lain, dengan memberikan kredit yang diperlukan.

Selain para kreator, sesi TikTok LIVE dalam kampanye #AmandiTikTok juga menghadirkan tiga mitra, yakni dari Wahid Foundation yang membahas tentang cara mencegah hoax, SEJIWA Foundation yang mengangkat seputar kesehatan mental dan perundungan di ranah daring, serta PLUS (Platform Usaha Nasional) yang berbagi tentang pemberdayaan ekonomi kreatif di platform digital.

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap tentang kampanye #AmandiTikTok dan cara kami menjaga keamanan di platform TikTok, simak terus akun @tiktokliveid dan juga @tiktokofficialindonesia.