Oleh Angga Anugrah Putra, Head of Operations, Southeast Asia

TikTok merupakan tempat khusus bagi komunitas kami untuk berkumpul dan terhubung dengan orang-orang yang berpikiran sama, terhibur, mengembangkan bisnis mereka, berkreasi serta menemukan orang lain dari seluruh dunia. Hari ini, kami ingin merayakan kreativitas dan kontribusi komunitas TikTok selagi kami terus menginspirasi kreativitas dan membawa kebahagiaan di seluruh Asia Tenggara.

Mulai dari Pandawara Group, sekelompok pemuda dengan misinya untuk membersihkan saluran air yang tercemar di Indonesia dan melindungi lingkungan yang menginspirasi gerakan serupa yang diusung oleh Saigon Xanh di Vietnam, komunitas TikTok menunjukkan kepada kita bagaimana langkah-langkah kecil bisa menginspirasi gerakan akar rumput yang bisa membuat hidup jadi lebih baik.

Di Singapura, kakak beradik - Grace dan Lena, memanfaatkan TikTok untuk mengembangkan bisnis kerajinan lilin dan perawatan kulit mereka, Emporal Co. Berkat dukungan 105 ribu pengikut serta penjualan lewat sesi LIVE yang rutin di TikTok, kini Emporal Co bisa menjadi bisnis yang bersaing. Kami juga menyaksikan perjalanan inspiratif kreator asal Vietnam, Duy Tham, yang awalnya merupakan seorang pelajar yang pemalu, hingga menjadi kreator ekstrover yang dicintai semua orang karena selera humornya. Duy baru-baru ini memenangkan kategori 'Creator of The Year' di TikTok Awards Vietnam 2023 dan mampu memperoleh sumber pendapatan tetap, berkat profilnya di TikTok.

Kisah di atas hanyalah gambaran kecil dari banyaknya kreator dan usaha kecil di Asia Tenggara yang terus membangun komunitas dan menciptakan peluang ekonomi melalui TikTok. Oleh  karenanya, kami ingin mengucapkan terima kasih kepada komunitas kami.

Untuk mengetahui bagaimana komunitas global TikTok berhasil mencapai kesuksesan, simak penjelasan dari Adam Presser, Global Head of Operations, TikTok di bawah ini.


Oleh Adam Presser, Head of Operations and Trust & Safety


Kepada seluruh Komunitas Kreator TikTok,

Saya selalu terpikat akan keajaiban bercerita (storytelling) serta kemampuannya untuk menghubungkan orang-orang di berbagai belahan dunia. Storytelling membantu kita untuk belajar dari satu sama lain, merayakan kebahagiaan, dan memberikan harapan akan masa depan yang lebih baik. Dengan kekuatan TikTok, hari ini semua orang bisa membagikan kisah dan kreativitas dan memperluas jangkauan mereka kepada audiens yang lebih luas. Sebagai hasilnya, mereka bisa menggerakkan berbagai aspek mulai dari budaya hingga komunitas.

Sejak saya menjabat sebagai Head of Operations tahun lalu, saya telah berkesempatan untuk terhubung secara personal dengan para kreator TikTok di seluruh dunia, dan saya berharap dapat bertemu lebih banyak dari kalian di kesempatan yang akan datang. Mendengarkan cerita dan pengalaman kalian kian memperdalam apresiasi saya atas semua kontribusi yang telah kalian berikan kepada TikTok, komunitas TikTok, serta pada sesama. Kalian mewakili kekuatan kreativitas di dunia dan membuktikan bahwa kreativitas lebih dari sekadar hiburan atau ekspresi diri.

Bersama, kita mengubah cara bercerita dengan menyediakan sebuah suara baru yang autentik untuk menembus berbagai hambatan yang sebelumnya membatasi kekuatan kreatif. TikTok memberikan kesempatan bagi kreator untuk tidak hanya mengubah hidup kalian, tetapi juga memberikan dampak di dunia di sekitar kalian. Yang kalian butuhkan hanyalah sebuah smartphone, ide menarik, dan keinginan untuk membagikan cerita kalian.

TikTok berkomitmen untuk memberikan akses terhadap teknologi dan perangkat kreatif terbaik agar kalian dapat mewujudkan potensi yang ada secara penuh — baik sebagai seniman, pendidik, pebisnis, pendukung, atau cara apa pun yang kalian pilih untuk berkarya dan mewujudkan impian kalian. Hari ini, kami ingin mengungkapkan rasa terima kasih kami dengan membagikan beberapa cerita kalian kepada komunitas TikTok yang lebih luas. Ke depannya, kami akan terus mencari cara untuk menyebarluaskan dampak positif yang telah kalian buat di seluruh dunia. Kami merasa bangga menjadi bagian dalam perjalanan kreatif kalian, dan mendukung setiap langkah kalian dalam menciptakan perubahan di dunia — setiap satu video yang kalian unggah di TikTok.


Memperkuat komunitas dan meningkatkan kualitas hidup

Mulai dari unggahan petugas pemadam kebakaran Australia @timthelawnmowerman yang memperlihatkan dirinya memotong rumput secara cuma-cuma, hingga @therealdariothompson di Afrika Selatan yang menyumbangkan pendapatannya dari LIVE di TikTok untuk memberi makan anak-anak di sekolah, para kreator TikTok telah menunjukkan bagaimana terhubung satu sama lain bisa memberikan aksi nyata dalam kehidupan. Di Amerika Serikat, @chaychaywayway menceritakan tentang perjuangannya melawan penyakit ginjal langka dan kebutuhannya akan transplantasi ginjal untuk menyelamatkan nyawanya. Kisahnya menginspirasi seorang pengguna TikTok untuk menjalani tes, yang berujung pada transplantasi ginjal yang sukses. Kisah ini telah menyentuh kehidupan jutaan orang lainnya di dunia. Dua orang asing yang terhubung melalui TikTok, kini berteman seumur hidup, terikat oleh tindakan tanpa pamrih yang dimulai dari sebuah video.


Membangun karier lewat kreativitas

Salah satu aspek yang paling menginspirasi dari TikTok adalah bagaimana para kreator membangun hubungan yang autentik dengan penontonnya. Melalui hubungan ini, para kreator tidak hanya berbagi tentang minat atau bakatnya kepada orang-orang di seluruh dunia, tetapi juga membangun mata pencarian mereka. Di Inggris, seorang penulis independen @a.p_beswick_author, mendapatkan penghasilan lebih besar dengan menjual novelnya melalui TikTok Shop dibandingkan dengan pekerjaan aslinya sebagai perawat. Di negara lain, @nurqojadua mencari penghasilan tambahan melalui konten-konten edukasi tentang sejarah dan budaya lokal di Kazakhstan dan Turki. Kreator baru dapat membangun audiens dan karier mereka di TikTok karena kami membantu konten mudah ditemukan, apa pun kontennya.

Musik merupakan salah satu contoh terbaik tentang bagaimana audiens dapat menemukan dan berinteraksi dengan konten TikTok yang mereka sukai. Dengan menggunakan lagu dalam konten TikTok mereka, para penggemar dapat membagikan dan merayakan lagu-lagu favoritnya dengan cara yang unik. Dari proses kreatif ini, beragam artis pendatang baru berhasil menembus tangga lagu terkini. Sebagai contoh, pada Juni 2023, musisi asal Amerika Serikat @paulrussellmusic membagikan klip lagunya yang berjudul "Lil Boo Thang" di TikTok dan pada bulan Agustus, ia mendapatkan kontrak rekaman. Demikian juga, musisi asal Afrika Selatan, @tyla_ yang berhasil mencapai posisi 10 besar di tangga lagu 'Hot 100 Billboard' dengan lagu populernya "Water", setelah membagikan klip penampilan live-nya di TikTok. Tyla baru-baru ini juga memenangkan Grammy pertamanya untuk kategori Best African Music dan berhasil menarik perhatian global terhadap musik amapiano, sebuah musik yang memadukan dengan jazz dan piano. TikTok tidak hanya menjadi plaform untuk menemukan banyak pengguna lainnya. Berkat jangkauan global yang organik, berbagai bintang baru pun juga bisa ditemukan.


Membuka peluang ekonomi

Para pengusaha dan UMKM kini juga mengembangkan keterampilan mereka sebagai kreator, mengingat fitur TikTok memudahkan pembuatan video yang menarik sekaligus informatif dengan cepat. Mulai dari @martinastrazzer yang mengubah investasi senilai €300 menjadi perusahaan senilai €10 juta yang dipimpin oleh seorang wanita dan mempekerjakan 40 pekerja di Italia, hingga @indigenousboxinc yang berbasis di Kanada yang memanfaatkan dana sebesar $5.000 menjadi pendapatan sebesar $1,2 juta dalam satu tahun, para wirausahawan meluncurkan dan mengembangkan bisnisnya dengan memanfaatkan dukungan komunitas di TikTok.

Komunitas TikTok memiliki kekuatan untuk mengubah nasib sebuah perusahaan — menyelamatkan bisnis yang sedang kesulitan dan hampir gulung tikar dan membantu usaha lainnya menemukan pelanggan baru. Di Jepang, manajer restoran @pluck_and_plant membantu bisnisnya dari yang awalnya mengalami kerugian sebesar ¥4 juta hingga mendapatkan empat kali lipat penjualan dalam waktu enam minggu setelah mengunggah video yang menceritakan perjuangannya. Ketika @joannarsalvador mengulas produk dari @skalacosmeticos di TikTok, video tersebut menjadi trending, melipatgandakan penjualan dan membuka pasar Amerika Serikat untuk merek asal Brasil tersebut. Skala mengalami pertumbuhan pendapatan nasional sebesar 35% dan ekspor meningkat sebesar 21%. Perusahaan ini juga berhasil mendapatkan kesepakatan distribusi dengan jaringan ritel besar, menempatkan produknya di lebih dari 1.500 toko di Amerika Serikat.


Ada banyak sekali cerita seperti ini. Saya percaya bahwa ini semua hanya permulaan untuk mengenali potensi TikTok secara menyeluruh. Masa depan TikTok didorong oleh kontribusi luar biasa dari para kreator yang menginspirasi dan menghibur, menyatukan audiens lintas generasi dan geografis, serta membuat kita tertawa dan menangis.


Bagi saya, tidak ada yang lebih penting selain memperjuangkan dan mendukung komunitas kreator. Seiring dengan langkah kami ke depan, kami akan tetap fokus untuk memastikan TikTok menjadi tempat di mana setiap orang dapat mengejar minat mereka. Kami akan terus membuka peluang baru bagi para kreator untuk mengoptimalkan pengalaman mereka di TikTok, sambil terus mendapatkan kepercayaan mereka sebagai pemimpin industri dalam bidang keselamatan dan keamanan.

Generasi pengusaha, penghibur, dan pemimpin komunitas selanjutnya ada di TikTok. Mereka melakukan siaran langsung dari ruang keluarga, ruang kelas, dan restoran setempat. Mereka berbagi bakat, pandangan, dan aspirasi mereka. Mereka membangun empati dan memberi kembali. Mereka menyatukan kita pada saat-saat yang menantang bagi kita semua. Mereka membantu kita melihat kebahagiaan. Mereka mengingatkan kita akan potensi luar biasa yang ada dalam diri kita masing-masing. Menyaksikan mereka mengejar mimpi memberikan harapan tersendiri untuk kita.


Terima kasih kepada para kreator yang telah mengekspresikan dirinya di TikTok. Kalian telah memberikan begitu banyak hal untuk kami temukan dan nikmati. Saya tidak sabar untuk melihat apa yang akan kalian lakukan selanjutnya!